Mengenalkan Alat Transportasi Melalui Cerita Seru

Membangun kecintaan anak pada buku itu memang harus dilakukan sedini mungkin. Sejak Rey lahir hingga sekarang, saya hobi sekali mengumpulkan buku-buku cerita baik dari dalam atau luar negeri. Walaupun ada beberapa buku yang belum dibaca karena memang belum pas untuk usia Rey saat ini. Namun niat saya mengumpulkan buku untuk Rey tidak pernah kendor.

Beberapa buku yang saya beli kebanyakan adalah buku impor. Bukan karena saya tidak menyukai buku yang diproduksi penerbit lokal, tetapi sampai saat ini saya belum menemukan buku lokal dengan konten dan bahan yang bagus. Kekurangan dari buku lokal untuk anak seumur Rey adalah jenis bukunya yaitu softbook. Kertas yang tipis dan mudah robek ini kurang cocok untuk Rey masih belum bisa berhati-hati ketika membuka buku atau membalik halaman. Akibatnya buku lebih cepat rusak.

Belum lama ini saya menemukan buku lokal dengan tipe boardbook yang diterbitkan oleh Elex Media. Buku ini sangat unik karena bagian cover bukunya ditempeli kain flanel dengan motif mobil, kereta, pesawat, dan perahu. Seri My Adventure Stories karya DK Wardhani ini dicetak menggunakan kertas yang cukup tebal dan bagus sehingga tidak mudah robek ketika Rey membolak-balik halaman. Selain itu ilustrasi pada buku ini berwarna-warni dan menarik untuk anak-anak. Ukuran bukunya pun didesain agar nyaman dibuka dan dibaca sendiri oleh anak-anak. Yang tak kalah penting, harga buku ini juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp50.000,- per buku.

Ada empat buku dalam series My Adventure Stories, yaitu Trackie Train, Comfy Car, Busy Boat, dan Dazzling Plane. Buku seri My Adventure Stories ini dibuat dalam dua bahasa. Jika biasanya setiap bedtime story saya selalu kesusahan membaca buku cerita langsung sambil menerjemahkan, kini saya bisa lebih santai memilih mau membaca dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Rey sangat senang setiap saya bacakan buku My Adventure Stories ini. Bahkan sebelum saya siap membacakan, dia akan lebih dulu memberikan urutan buku mana dulu yang harus saya baca. Dan ketika saya hampir selesai membacakan satu buku, dia akan langsung menyodori saya seri lainnya sambil berkata, "Habis itu yang pesawat ini ya, Ibu, terus yang kereta terus yang mobil ya." Cerita dari buku My Adventure Stories ini juga seru, Rey jadi tahu ke mana saja mobil, kereta, pesawat, dan perahu berpetualang. Apa saja yang bisa kita lihat jika kita berpetualang dengan kendaraan yang berbeda, dan sebagainya.

Membaca cerita petualangan bersama alat transportasi, membuat Rey bisa berimajinasi lebih luas. Rey jadi membayangkan bisa melihat air terjun jika berpetualang dengan perahu atau melihat Monas ketika berpetualang dengan kereta. Senang sekali akhirnya ada buku lokal dengan kualitas cerita dan kertas yang bagus untuk anak seusia Rey. 

4 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania September 18, 2017 12:33 pm

    bukunya baguuuss!
    Rey jadi semangat baca buku yaa..

    1. avatar
      Woro Indriyani September 19, 2017 1:17 pm

      iya mama Cindy, jadi buku fav nih 4 buku ini :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    ninit yunita September 18, 2017 7:11 am

    waaah senang yaaa sekarang sudah ada buku untuk anak-anak dengan kualitas yang bagus. jadi ngga gampang rusak. rey pasti tambah seneng baca yaaa woro kalau buku-bukunya "tahan banting" seperti ini :)

    1. avatar
      Woro Indriyani September 19, 2017 1:17 pm

      iya Teh jadi aman kalo mau dibolak-balik kaya gimana, namanya juga anak-anak yah suka penasaran level dewa sama sesuatu yang menarik :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .