Menstruasi Berkepanjangan

dr.riyana
Riyana Kadarsari, dr., SpOG Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia. Obgyn di RSIA Hermina Ciputat, Klinik Rumah Ibunda Bintaro, dan RS Sariasih Ciledug.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Dokter Riyana,
Saya mulai haid sejak umur 13 tahun. Mulai umur 16 tahun haid saya selalu lama bisa 10-15 hari. Kemudian haid saya makin tidak teratur. Sudah sekitar 2 tahun belakangan darah yang keluar berbeda-beda warnanya, kadang gelap sekali, kadang merah sekali, dan kadang darah seperti serpihan-serpihan (tidak solid darah).

Sekarang saya sudah haid hampir 3 minggu dan dulu pernah ke dokter kandungan, katanya rahim saya baik-baik saja hanya ada penebalan darah atau semacam itu.

Pertanyaan saya.

    - Apakah ini normal?

 

    - Jika tidak, kira-kira ini penyakit semacam apa?

 

    - Penanganan pertama yang harus saya lakukan?

Saya sudah banyak cari referensi sejak 2 tahun terahir tapi belum ada
yang bisa memuaskan rasa takut saya. Semoga berkenan membantu saya ya, Dok.

Terima kasih.
Cheryl.


Hallo Cheryl,
Kebanyakan dari penyebab gangguan haid adalah ketidakseimbangan hormon. Apalagi kamu sudah check-up dan tidak ditemukan kelainan atau patologi seperti mioma (tumor jinak rahim), polip dsb.

Hormon sangat dipengaruhi banyak faktor. Awal-awal sejak mendapat haid biasanya siklus haid kita belum berovulasi (mengeluarkan sel telur matang) sehingga belum teratur. Siklus normal menstruasi 21-35 hari lama 2-8 hari. Jika siklus tidak teratur maupun lama lebih dari 2 minggu maka sebaiknya dicek.

Hormon dipengaruhi berat badan, pola hidup, dsb. Contoh pada yang overweight maka metabolisme bisa terganggu, sering terjadi resistensi insulin apalagi jika jarang olahraga. Nah coba konsultasikan lagi apakah kamu mengalami gangguan hormon tersebut. Biasanya dokter akan mengecek tanda-tandanya, berat badan, tanda-tanda kelebihan hormon androgen seperti jerawat, banyaknya rambut seperti kumis halus, di tangan atau kaki, mengecek USG, sampai lab untuk mengetahui resistensi insulin atau kelainan hormon, kemudian menatalaksana sesuai penyebabnya.

Untuk sementara ini coba deh atur pola hidup yang sehat, olahraga teratur, kurangi makanan berlemak. Mudah-mudahan haidmu kembali teratur. Dan jika berkepanjangan segera cek ke dokter ya.

8 Comments

  1. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 11, 2012 at 2:19 pm

    gemes pastinya ya kalo haid lama.. saya juga haidnya lama, tapi karena pengaruh IUD sih.. bisa 12-14 hari. Kalo pengaruh IUD, haidnya bisa menyesuaikan balik ke normal lagi gak ya dok? dulu sebelum pake IUD 7-8 hari :D Kalo pas bulan puasa banyak bener hutangnyaa.. hehe :)

  2. Shinta_daniel
    Shinta Daniel December 13, 2012 at 8:30 am

    huhuhu numpang curhat.. jadi inget pengalaman jaman masih remaja, menyepelekan haid berkepanjangan (min. 10 hari) dan gak cek ke dokter, ternyata ada miom dan sudah tahap geburt (keluar).. setelah dioperasi masih ada lagi 1 miom di luar kandungan dan dioperasi berbarengan dengan cesar.. alhamdulillah sejak miom2 itu dikeluarkan, sekarang haid normal (5 – 7 hari).. sekarang bener2 ekstra hati-hati jaga kesehatan..

  3. intanpadiala
    intanpadiala March 25, 2013 at 10:20 pm

    dok saya mau nanya berbahaya ataukah jika pendarahan haid lebih dari 3 minggu dengan gejala rahim saya terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum sakitnya, terus pendrahannya itu banyak padahal saya masih usia 17 apa kemungkinan itu gejala kanker ? mohon petunjuk dan jawabannya dok terimaksih :)

  4. penyakitkelamin
    penyakitkelamin November 11, 2013 at 1:30 pm

    curhat ya bunda, kemarin aku juga gitu siklus mens aku nggak teratur. terus dapet brosur metropole hospital aku coba telepon ke 62911921 katanya konsultasi dokter spesialis gratis. aku coba aja berobat ke metropole hospital daerah glodok sana. pertama konsultasi dengan dokter spesialis gratis.setelah dari sana di terapi dan diberi obat (semua masih diskon hihihi)alhamdulillah mens aku uda teratur. semoga habis gini bisa cepet hamil :)

  5. aprilayu
    aprilayu November 11, 2013 at 1:38 pm

    aku juga pernah denger dari temen aku metropole hospital katanya bagus ya? dokternya dari luar semua ya? itu dimana sih alamatnya?temen aku kemarin berobat haidnya nggak teratur n ada keputihan sih katanya sekarang udah mendingan

  6. penyakitkelamin
    penyakitkelamin November 11, 2013 at 1:48 pm

    iya dokternya dari taiwan pada teliti gitu. alamtnya sih di jalan pintu besar selatan no.38. deket glodok

  7. penyakitkelamin
    penyakitkelamin November 12, 2013 at 11:14 am

    eh salah sist no.telpnya 6911921/6911922

  8. fajriani
    fajriani May 3, 2014 at 6:47 pm

    Dokter, saya baru 1 thn menikah dulu sebelum mnikah halangan saya memang tidak lancar 3bln taw 2 bln sekali,selama 10 taw 14hri, setelah mnikah haid saya slalu datang terus, sebulan 2x selama 13 taw 15 hri, skrg sudah 1bln lbh 1mggu ga juga berhenti haid, gmna ni dok?mohon bantuannya

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.