Menu Sehat untuk Anak yang Aktif

Umumnya setiap anak senang dengan aktivitas fisik, termasuk Lana. Pada masa sekolah, anak akan mulai disibukkan dengan berbagai aktivitas, seperti belajar, bermain, olahraga, mengikuti les tambahan, dan sebagainya. Apalagi Lana bersekolah di sekolah alam, jadi hampir setiap hari proses belajarnya sering berada di luar ruangan.

Hampir setiap hari, Lana bisa menghabiskan waktu sekitar enam hingga sembilan jam di luar rumah. Pukul 07.30 biasanya Lana sudah berangkat ke sekolah dan pulang sekitar pukul 14.00. Jika ada klub atau les tambahan, Lana baru tiba di rumah sekitar pukul empat atau lima sore. Belum lagi jika harus mengikuti persiapan kejuaraan taekwondo, latihan fisik hampir setiap hari dan pulang selepas magrib dan tiba di rumah malam hari. Jadi bisa dibayangkan sibuk dan aktifnya si kecil ini.

Saya pun harus pintar untuk menyiapkan berbagai macam makanan dan camilan untuk asupan gizi yang seimbang untuk Lana. Biasanya saya harus mengetahui jumlah aktivitas fisik yang akan Lana lakukan dalam sehari karena hal ini yang menentukan berapa banyak makanan yang dia butuhkan. Karena ketika anak mulai sibuk dan aktif, saya harus menyiapkan camilan untuk memenuhi kebutuhan energinya yang tinggi. Mulai dari sarapan, camilan pagi hari saat di sekolah, dan camilan di sore hari.

Sarapan itu Penting

Pembahasan mengenai sarapan sudah banyak informasinya yang tayang di The Urban Mama, salah satunya seperti yang pernah saya tulis di sini. Saya sangat setuju bahwa sarapan bergizi di pagi hari akan mendukung perilaku yang aktif, sehat, ceria dan prestasi anak di sekolah menjadi lebih baik. Ketika anak melewatkan sarapan, otak dan tubuhnya akan menderita sepanjang hari.

Saya selalu berusaha membiasakan Lana agar mengonsumsi makanan yang beragam dan berganti-ganti agar semua unsur gizi tercukupi. Biasanya saya menyiapkan menu sarapan seperti sereal, roti, mie dan nasi secara bergantian. Favorit Lana adalah sereal yang dicampur dengan susu dari Nestle Breakfast Cereal, karena sereal sudah lengkap kandungan nutrisinya, karbohidrat dan seratnya sudah sesuai dengan jumlah kebutuhan anak setiap harinya. Jadwal sarapan di rumah sekitar pukul 06.30 pagi.

Sereal favorit Lana saat sarapan selain Koko Krunch adalah Nestle MILO Cereals. Sereal rasa MILO berbentuk bola-bola kecil ini rasanya enak dan lezat. Selain itu Lana juga suka sekali minuman energi MILO. Apalagi sepanjang bulan September 2017, pembelian Nestle Milo Cereals dalam kemasan bertanda khusus berhadiah langsung MILO 3in1 sachet 35 gram. Kemarin saya membeli 1 MILO Cereals 170 gram di minimarket dekat rumah, berhadiah gratis 3 bungkus MILO 3in1 @35 gram. Selain itu juga ada ukuran kemasan MILO Cereals 70 gram berhadiah gratis 2 bungkus MILO 3in1 @35 gram. Menarik sekali, kan?

Kandungan nutrisinya juga tak kalah lengkap, dibuat dengan gandum utuh (whole grain), mengandung 5 vitamin (Vitamin B2, B3, B5, B6, dan B9). Selain itu juga mengandung Kalsium dan Zat Besi.

Camilan Sehat

Sekolah mewajibkan agar tiap anak membawa camilan dari rumah. Biasanya saya membekali Lana setangkup roti yang sudah diolesi selai, buah potong, biscuit, atau kue lapis kesukaannya serta susu kemasan 250 ml dan air mineral. Kalaupun saya harus membawakan camilan yang berkemasan, pihak sekolah meminta agar camilan/makanan yang dibawa ke sekolah tanpa kemasan. Camilan pagi ini dimakan bersama, biasanya pukul 09.00 pagi hari. Saya pun selalu mengingatkan untuk rajin minum air putih di sekolah.

Makan Siang di Sekolah

Saya beruntung karena pihak sekolah sudah menyiapkan katering untuk siswa di sekolah. Katering ini sebenarnya pilihan, boleh ikut atau tidak. Saya pribadi memilih mengikuti katering sekolah karena lebih efektif dan efisien, hampir semua teman-teman Lana di sekolah juga ikut katering ini. Pihak sekolah biasanya mengirimkan menu katering selama satu bulan tersebut kepada orangtua. Selain menu utama, juga dilengkapi makanan penutup seperti puding, buah, atau jus. Menu makannya juga variatif dan sudah mengikuti pedoman makanan sehat yang terdiri dari nasi, lauk pauk, dan sayuran. Jadwal makan siang Lana di sekolah sekitar pukul 11.30 menjelang sholat dzuhur.

Camilan sepulang sekolah

Meski sudah makan siang di sekolah, tak jarang Lana masih merasa kelaparan. Biasanya saya membawakan camilan saat menjemputnya di sekolah dan dikonsumsi saat menunggu atau seusia latihan/les, Lana mengkonsumsi camilan seperti roti, donut, biskuit, pisang, susu, sereal atau jus. Jumlahnya juga tidak terlalu banyak agar ia tetap berselera saat makan malam hari, namun cukup untuk menggantikan energi yang yang dilepaskan oleh tubuh. Tidak lupa untuk rajin meminum air putih agar terhindar dari dehidrasi saat latihan.

Bagaimana dengan urban mama, apa saja menu sehat untuk si kecil aktif di rumah dan di sekolah? 

5 Comments

  1. avatar
    margie soemakno September 19, 2017 6:17 am

    Mba, mksh sudah share. Anak2ku (tiga-tiganya) juga taekwondo dan saya juga selalu cari yg sehat untuk mereka pas mau tanding. Karena seharian penuh beban untuk fysik dan mental mereka.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Amallia Sarah September 18, 2017 11:22 am

    Mbak Ipeh, terima kasih sharingnya ya. Aku juga baru tau loh, ternyata ads cereal Milo. Selama ini kalau dengan Milo, yang kebayang susu coklat yang enak dan manisnya nagih. Ternyata ada cereal nya juga ya wkwkwkwk. Kemana aja nih aku, ketinggalan update cemilan sehat untuk anak. Aku aja doyan yang udah jadi Mama, gimana anak-anak ya hehehe. Langsung mau ke minimarket nih cari...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi September 11, 2017 12:51 pm

    Wah ada milo cerals ya, biasnaya Mika minum susu milo. Dari susu coklat yang dia suka, milo adalah favoritnya. Wah Mika bakal seneng nih ada cereal dari Milo. Langsung deh ini meluncur ke supermarket terdekat buat beli cereal milo. TFS ya ipeh

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Inka Amaliawati September 8, 2017 6:31 am

    Mbak musdalifa, anakku lg aktif banget belajar jalan kesana kemari. Jadi ngerasanya asupan makanan harus dijaga banget ya buat tenaga dia. Cuma kadang aku masih suka gak mempertimbangkan kandungan lengkap nya ya kadang hanya protein dan karbo begitu aja. Begitu baca ini wah informasi banget buat makin sadar pentingnya kelengkapan gizi buat anak. Terima kasih mbak musdalifa atas sharingnya.

    1. avatar
      Musdalifa Anas September 8, 2017 8:44 am

      sama-sama mama Inka. Kalau saya pribadi yang penting menu anak itu dibuat variatif, minimal ya selain karbo, protein wajib ada kandungan vitaminnya, jadi mesti ada sayur dan buah juga. Tinggal deselipin saja di menunya baik di menu utama maupun di camilannya.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.