Menyusun Sebuah Nama

dewiamel

Dua tahun sebelum punya anak, sebenarnya saya sudah punya sebuah nama untuk anak laki-laki. Karena ikut browsing untuk nama anak kakak, dapatlah nama yang pas (dalam bayangan saya) untuk buah hati kelak. Padahal waktu itu saya masih single, belum ada rencana nikah dan punya anak.

Singkatnya, dua tahun kemudian saya akan melahirkan anak laki-laki. Kebetulan sekali kan? Saya kemukakan nama itu pada suami. He said we’ll see karena suami juga punya beberapa nama. Tidak lama dari hasil USG menyatakan bayi yang saya kandung laki-laki, Papap (ayah) saya bilang ingin menyumbangkan sebuah nama. Ini merupakan cucu ke-3 nya, tapi di dua kesempatan sebelumnya beliau tidak kesampaian menyumbang nama. Mendengar Pap mau sumbang nama, ibu mertua saya juga menyatakan ingin menyumbang nama untuk cucu pertamanya. Satu nama dari saya, suami, papap, mertua, dan family name. Lima nama! Wah kebanyakan kalau begitu caranya.

Setelah berunding, suami dan saya memutuskan untuk membahagiakan orangtua kami. Dengan syarat, saya boleh meng-edit nya kalau saya tidak suka.

Nama dari Papap adalah Hafiz yang artinya penghapal Al-Qur’an. Beautiful name, I said. Nama dari mertua adalah Yusuf. Ganteng dengan segala sifat baiknya seperti Nabi Yusuf, dan pintar dengan segala sifat baiknya B Jusuf Habibie. Cerdik, tactical seperti jendral M Yusuf. Banyak orang “besar” terutama dari Sulawesi (ayah mertua alm adalah orang makassar) yang memiliki nama Yusuf. Ok, nama yang penuh sifat baik dan pengharapan.

Saya setuju dengan dua nama tersebut. Tinggal mengutak-atik yang mana nama depan, dan mana yang tengah.

Kemudian ide muncul untuk menambahkan “ar” pada Hafidz. Hafidzar. Bagi saya terdengar grand! Big! Keren! Seperti Balthazar walaupun sampai hari ini saya belum membacanya, tapi setiap melihat buku itu di gramedia saya merasa “ar” itu membuat keren.

Ternyata ide memberi akhiran “ar” tersebut membuat kehebohan tersendiri. Apa artinya Hafidzar? Entah lah, saya hanya suka nama itu. Kemudian Papap saya yang menjadi sibuk tanya sana, sini. konsul sana konsul sini. Saya kirim SMS (belum terlalu musim tweeting) ke beberapa ulama yang kebetulan asistennya adalah teman lama. Hanya dua yg menjawab, beliau bilang tidak apa, tidak merubah arti. Menurut seseorang, beliau menyarankan Hafizdar (artinya saya lupa). Saya langsung gak suka. bukan karna artinya, tapi… saya membayangkan ketika anak ini sudah di SD atau SMP, dimana anak-anak suka mengolok apapun yang mereka anggap “enggak banget”. Hafiz-DAR!!! Seperti balon meletus. Oh no! Walaupun itu kekhawatiran yg berlebihan, tetap saja… saya memikirkannya.

Sampai Hafidz lahir dan akikah dua minggu setelahnya, barulah nama itu fix. Hafidzar yang artinya selain penghapal Al-Qur’an, bisa juga diartikan sebagai penjaga alam. Green Peace! Senangnya saya akhirnya semua pihak bisa menyumbangkan nama dan nama itu indah, penuh dengan doa dan pengharapan. Semoga Anak ini bisa mengamalkan amanat yang terkandung dalam namanya. Amin.

Setelah urusan nama fix. Saya baru sadar belum mendaftarkan namanya untuk dibuatkan Akta. Too late, RS sudah tidak bisa bantu karena sudah terlalu lama dari tanggal lahirnya. Jadilah saya pergi sendiri ke kantor catatan sipil untuk mendaftarkan nama Hafidzar Yusuf Chairuddin.

Bagaimana dengan urban Mama? Apakah seru seperti saya dalam menyusun nama untuk si kecil? :)

26 Comments

  1. finika
    Finika August 10, 2011 at 7:53 am

    waa,,, seru y… Emg pemberian nama slalu seru… Dr mulai hunting nama2 pnh arti bgs, smp rebutan pd pgn ngsh nama… Xixixi…
    Dl pun qt gt… Browsing&ty sana sini ttg nama2 yg bgs… Sy&suami sdh bcita2 ingin ngsh nama yg ad unsur Islami/ad bhs Arabnya,tp g trl mencolok, lalu pgn jg ad bhs Jepangny… Akhrny stlh perburuan nama2… Ktmulah nama Rakha dr bhs Arab (artiny memiliki khidupan yg enak,baik), lalu ktmu jg nama Akira dr bhs Jepang (kt tmn artiny terang)… Jadilah qta ngsh nama Rakha Akira (dgn hrpn dia py khdpn yg enak,baik&jlnny slalu diterangi oleh Allah SWT…amin…)… Tp kmdn suami brpkr,kasian jg klo ortu kmi g dilibatkan dlm nama, jd sbg penghargaan bwt kakek neneknya dr dua blh phk, akhrny suami merangkai unsur nama2 dr ortu kami jd satu kata Rasyenaden… Sy pkr why not… Unik jg koq… Akhrny dtmbhknlah Rasyenaden jd nama blkg Rakha… Jdny resmilah namany Rakha Akira Rasyenaden… :)

    1. dewiamel
      dewiamel August 10, 2011 at 2:45 pm

      wow, jadi adil dong ya. fam nya gabungan :)

  2. BunDit
    BunDit August 10, 2011 at 9:08 am

    Hhahaa seru ya saat menyusun nama anak kita. Dulu saya dan suami juga begitu. Kalau mertua sih gak nyumbang nama. Tapi ibu saya pengin kalau anak kami laki2, pengin ada Satrio-nya. Tapi krn bakal anak kami perempuan, jd ibu saya menyerahkan semuanya ke kami, soalnya saat itu 2 cucunya dari kakak dan adik saya. Krn nama ponakan hampir semuanya berbau Islami, suami penginnya nama yang lebih kental unsur kedaerahan. Suami kebetulan orang TapSel, jadi munculah nama Lumongga Anandita Helmy, terinspirasi dari nama model cantik Loemongga Nansanggoel Haoemasan Nasution :D. Sama2 marga Nasution, tapi Ayahnya memutuskan tak mencantumkan marga ke Dita di akte kelahirannya, pdhal skr Dita (3y2m) kalau ditanya nama lengkapnya dengan lantang Dita menjawab “Lumongga Anandita Hemi Nasyutioooon” hehehe.Cerita lengkap soal menyusun nama saya abadikan di blog http://theurbanmama.com/topics/our-stories/2769/menyusun-sebuah-nama.html. Salam buat Hafidzar Yusuf Chairuddin ya, semoga nama yang diberikan merupakan doa yang terbaik dari mam, suami dan para eyangs :D. Amin :-)

    1. BunDit
      BunDit August 10, 2011 at 9:09 am
    2. dewiamel
      dewiamel August 10, 2011 at 3:53 pm

      hehehehe bagus nak, qt harus bangga sama nama fam yaaa :)
      cantik banget nama lumongga… seperti salonga… lea salonga maksudnya *ups, artis jadul. jd ketahuan umur deh. hehehehe

      salam juga buat lumongga. salam dari “hafisyal yusuf hai rudin ac gantung pintu lampu ijoooo” *ini jawaban hafidz kalau ditanya nama lengkapnya :p

  3. sLesTa
    shinta lestari August 10, 2011 at 1:18 pm

    seperti yang gue pernah cerita di thread “nama bayi” di forum, kalo gue justru dapetin nama anak dari mimpi. sampe akhirnya gue cari2 apa arti dari nama itu. pas udah tau dan sreg akhirnya gue kasih sebagai nama pertama, tapi bukan nama panggilan sehari2.

    seru emang nyari nama.. sekarang lagi bingung nih mau nyari nama apa buat anak kedua :)

    btw, baru tau artinya hafiz. keren yaa! gue punya sepupu namanya hafiz, what a great name.

    1. dewiamel
      dewiamel August 10, 2011 at 4:25 pm

      waw, nama aina (eh aina kan ya??) itu hasil wangsit hehehehe.

      iya nih aq juga mulai hunting nama anak kedua nih. padahal hamil lagi aja belom hahahaha. tp nama yg dulu aq dapetin buat anak laki2 tetep dong disimpen. kl bisa ngasih nama itu ke anaku rasanya pasti bahagia banget :)

      1. sLesTa
        shinta lestari August 10, 2011 at 5:46 pm

        bukan.. naia. kebalik ama thalia tuh. anaknya thalia yang namanya aina :)

        tapi seperti gue bilang, nama yang dimimpiin jadi first name, bukan nama panggilan, jadi bukan naia yang hasil wangsit, tapi first namenya.. “aleyza”

        1. dewiamel
          dewiamel August 11, 2011 at 6:06 am

          hiahahahaha iya kebalik2 mirip soalnya :p maap ya naiaaa :D

  4. mamadinara
    anna dinara August 10, 2011 at 5:23 pm

    Pas hamil lg ada Australian Open, soook ngerti pdhl sblm2nya ga pernah nonton tenis, jd nongkrongin channel sport mulu.. Sukaa bgt sama petenis Rusia, Dinara Safina yg waktu itu peringkat 1 dunia, she’s sooo cute^^
    Kebetulan jg lg hit film KCB, suka bgt sm si pemeran Anna Althafunnisa, artinya jg bagus, perempuan yang lembut hatinya..
    Jadilah digabung Dinara Safina Althafunnisa, dengan harapan bisa jadi yg terbaik dalam karirnya dan selalu lembut hati, amin…

    1. dewiamel
      dewiamel August 11, 2011 at 6:07 am

      wooow… smoga kl sudah besar jd juara tennis n nyambi jg actriss ya :)

  5. nanad
    swastikha nadia August 11, 2011 at 4:28 am

    emang seru ya pencarian nama buat anak kitaa..
    dulu bagi2 tugas sama si ayah,anak laki2 urusan ayah kalau aku nama anak perempuan..
    kebetulan waktu di usg laki2 jadilah tugas ayah untuk mencari nama aku cuma ikut memberikan pendapat bagus atau tidaknya..
    karena dari sebelum hamil ayahnya udah suka nama Rasya jadilah nama itu dipatenkan,nama belakang pakai nama belakang si ayah tinggal cari nama tengahnya..
    setelah lahir kita udah deal dengan Rasya Abimael Susanto tapi menjelang detik2 terakhir akikah (sekitar jam stgh 3 sore,akikah dimulai jam 4 sore ) mendadak kurang sreg ntah kenapa, akhirnya kita browsing2 lagi ketemu nama Abhinaya.
    jadilah sekarang Rasya Abhinaya Susanto :D

    1. dewiamel
      dewiamel August 11, 2011 at 6:09 am

      wah kalo anak berikutnya laki2 terus… gak kebagian kasi nama dong mba?? :D :D

  6. finika
    Finika August 11, 2011 at 12:56 pm

    hehehe… Y neh jd adil smuanya nimbrung d namanya Rakha… Salam y bwt Hafidz… Smg nanti bs jd hafidz Quran… Amin… :)

    1. dewiamel
      dewiamel August 11, 2011 at 10:48 pm

      amiiin mba :)

  7. ningnung
    Nanieng Rahmawati August 11, 2011 at 1:16 pm

    Ya ampuunn..bisa samaan gini ya. Aku jg kalo anakku cowo pinginnya nama depan hafidz, nama belakang yusuf. Nama tengah blm kepikiran. What a coincidence yaa. Cuman karena ada temen baru lahiran dinamain hafidz juga, jadinya rada males. Abis ga enak kalo kembaran ama temen sendiri, hehehe

    1. dewiamel
      dewiamel August 11, 2011 at 10:49 pm

      gapapa mba, kan belom tentu nanti sd nya bareng :D:D

  8. riekao
    rieka haris August 11, 2011 at 8:01 pm

    Serunya mencari nama juga terjadi hampir 3 minggu yang lalu saat anak pertama kami lahir, mencari nama untuk anak pertama kami ternyata membuat grogi karena nama tersebut untuk seumur hidup dia dan diharapkan membawa keberkahan untuk anak kami. Setelah hasil USG menyatakan anak pertama kami adalah laki-laki langsung kami mencari nama. Kepincut dengan satu nama yaitu “daanish” yg artinya berilmu dan bijaksana, jadi sejak dalam kandungan panggilan kami untuknya adalah abang daanish. Tapi “Daanish” untuk nama tengah dan nama belakang sesuai dengan nama marga yang dibawa oleh suami yaitu “Lubis”. Tinggal mencari nama depan untuknya. Setelah lahir, orangtua dan mertua ingin menyumbangkan nama, orangtua saya ingin ada unsur “tiga” karena merupakan cucu ketiga dan mertua ingin ada unsur “pertama” karena merupakan cucu pertama. Usulan itu membuat kami kebingungan bagaimana menggabungkan unsur “pertama dan ketiga” itu sedangkan nama daanish sudah sangat sreg dengan kami tapi ingin juga menyenangkan hati orangtua dan mertua. Setiap orang yang menjenguk ke rs dan menanyakan nama, kami belum bisa jawab sampai hari terakhir di rs, akhirnya si ayah mendapat ide untuk nama depan dari unsur bahasa arab yaitu “alif” (huruf pertama dalam abjad bahasa arab yang diartikan sebagai cucu pertama) dan “tha” (huruf ketiga dalam abjad bahasa arab yang diartikan sebagai cucu ketiga). Alhamdulilah akhirnya nama anak kami menjadi “Aliftha Daanish Lubis” yg artinya cucu pertama dan ketiga yang diharapkan menjadi seseorang yang berilmu serta bijaksana.

    1. dewiamel
      dewiamel August 11, 2011 at 10:51 pm

      hebat idenya :) salam buat daanish ya…

  9. BundAiyuB
    Primasiwi Kufa August 12, 2011 at 9:40 pm

    Iya cari nama emang yang paling rumit…soalnya kan bakalan dipake sm si anak seumur hidup. ^_^
    Nama juga Do’a…jd masih belum ngerti juga knp masih ada ortu yg kasih nama anaknya pake nama yg artinya Animal. Didengar emang keren tp artinya kn engga banget yaaaa(buat aku).
    Anakku Aiyub Husani Kufa. Berharap dia mempunyai kesabaran yg luar biasa seperti Nabi Aiyub as. Husani diambil dr kata Husain yg berarti “Yang baik hati dan rupawan” sedang Kufa adalah nama marga si Ayah.

  10. ratihasan
    ratihasan August 13, 2011 at 7:03 am

    ahahaha, dew…ternyata ini behind story nama hafidz.klo dewi bingung karena kebanyakan yang ngasih usul, klo ratih dulu bingung karena dikit yang ngasih usul. waktu namain ga nyadar klo itu juga nama clothing company.cuma nyari2 referensi artinya bagus. baru nyadar beberapa bulan kemudian. dasar teu gaul ieu mah hihihi. walo demikian artinya kurang lebih putri pengadil yang arif aka zara aadila. salam buat papap&mamam y ;)

  11. Laurina
    Laurina Eisenring August 13, 2011 at 8:25 am

    Pemberian nama anak saya dulu cukup melalui perdebatan panjang dan melelahkan antara mertua, orang tua saya serta kami sendiri. Maklum, dua2nya cucu pertama.

    Mertua : Adam
    Papa : Syabil
    Mama : Syabibie
    Suami : Mikha

    Dan saya : ??? (Baca : clueless) haa haa

    Akhirnya setelah menimbang2 ratusan nama yg disearch via internet dan beberapa buku yg kami beli, tb2 saja saya mengucapkan nama “DASTAN” and everybody accepts it.

    Padahal sbnrnya saya iseng aja, karena dr dlu suka bgt ama sosok Prince Dastan (Prince of Persia movie). Ganteng sih :p

    So, jadilah putra pertama kami :

    “Dastan Alfaris Budiputra”

    Everybody heppi termasuk suami yg heboh mau masukin namanya dibelakang nama anak (Budiputra)

  12. Aniditya Putri
    aniditya putri August 22, 2011 at 12:52 pm

    waw… aku baru bacaa… hihii… seru bangets… jadinya bersyukur deh saran dr keluargas akhirnya bs “masuk” semua ke namanya baby Hafidz… ^_^

    hmm klo qt nih, berhubung our baby boy lahir preemie (27weeks, weight 1035gr, height 38cm) krn entah antara bundanya yg workaholic or si baby yg hiperaktif di rahim…so bqin qt jd blm terlalu mikirin nama apa bwt dia, coz hrs rempong ples worried jg sm kondisi dia yg naik turun selama di NICU…

    tp akhirnya dpt pencerahan jg wkt keluarga mw ngadain pengajian utk kesehatan putra qt ini…coz kan supaya “doa”nya “nyampe” akhirnya qt mau ga mau hrs dpt nama…dari eyangs yg beliin bukus nama2 baby, bolaks baliks ke bookstore, sampe hasil print2ans searching di web…akhirnya dpt lah nama RADITYA HIKARU NUGROHO…yg artinya anugrah spt matahari yg bersinar… (yeayyy dpt juga nama jepang, coz qt suka bangetts makanan jepang n pny cita2 holiday kesana someday…hikhik ayoo semangat nabuuung…!!hehe)…

    oiya klo bubun hafidz rempong nentuin nama akhirnya baru sadar bwt bikin akte, naah klo qt nih, sejak dpt nama itu langsung lah ngurus di RS… setelah sekitar sebulan jadi, eeehh anak qt yg ganteng inih ditulis perempuan..hikhikhik…teganyaaa…soo harus ngulang perjalanan panjang lg bwt ngedapetin si akte…tp untung pihak RS itu mw bantu mempercepat prosesnya..horeee…

    hmm…segitu aja ahh, ga bakal abis2 klo ngomongin anak, hihihi…slm cupcup kisskiss bwt hafidzar yah ^___^

  13. adistybudiman
    lilmissclueless August 23, 2011 at 12:29 pm

    great share of story :) klo kebaca ama mertua semoga gak mikir kenapa kok menantunya gak pernah nawarin mau kasih nama apa ke 3 cucu perempuannya :p

    aku gak mau nama anak berderet2, cukup first name, middle name, dan surname (family name). luckily, my hubby type orang yg praktis, dan gak mau ribet pilih2 nama, jadi aku buat kesepakatan. since ibunya the one who done all the pregnancy tmsk muntah2nta, sakit2 pinggangnya, sesak2 nafasnya sampai insomnia gak bisa tidur di minggu2 tua, lalu berjuang melahirkannya, sakit2 sesudahnya, belum lagi gak tidur ngurusinnya, nyebokinnya dll, maka hanya make sense klo ibunya yg berhak kasih first name. diiyakan oleh suami. middle name, dipilihin sama ibunya si ibu alias mamaku, sebagai tanda sayang dari seorang ibu kepada ibunya, hihihi … jatah suami dan mertua? ya surname. jangan serakah ya, surname udah dibawa tiga anak masa masih pengen kasih nama lain? aku bilang aja gitu.

    alhasil, 3 anak first name-nya selalu dipertanyakan nih ama mertua alias dia kurang sreg kayaknya, tapi akunya sih cuek bebeeeeeeek :D

  14. putrikinasih
    Ratih Putri Kinasih October 24, 2011 at 1:00 pm

    wah baru baca nih…
    aku lg sibuk2nya cari nama nih…lagi hamil 30minggu…
    udah lama sih ketauan kalo bakalnya cowok…tapi tetep aja masih nunda2 cari namanya…hehehee :D

    aku sm suami sih kebetulan sepakat kalo nama anak2 kita nanti terdiri dari 3 kata (in case harus buat paspor,,ke negara tertentu kan ada yg mewajibkan namanya utk punya minimal 3kata *berdoa anaknya bisa keliling dunia -dan ngajak emaknya..hehehe-*)

    kami juga gak mau nama yg terlalu berderet kaya’ kereta api gitu…kasian anaknya ngapalinya nanti susah..hehehe

    trus kami juga pengenya nama tuh bener2 menunjukkan identitas gendernya (pengalaman punya temen SD..cowok..tapi namanya intan…jadi gimanaaa gitu tiap manggilnya… :( *maaf kalo ada yg serupa…tdk bermaksud yak… :) )

    nah…ini nih…kami juga sepakat namanya gak usah pake bahasa aneh2…maunya nama yg indonesia banget gitu (bukanya apa2…biar gampang juga diucapin…kalo lewat telpon juga spelling-nya gak susah…soalnya pengalaman juga nih…ada sodara sepupu..mungkin krn terlalu bersemangat..jadi nama anaknya tuh susaaahhh bgt sampe eyang2nya jg susah nyebutinya dan ngapalinya…jd tiap ada yg tanya “cucunya namanya siapa?” si eyang langsung ngeluarin dompet,dan mengambil secarik kertas yg udah ditulisin nama cucunya,dan ditunjukinlah ke si penanya…hahahaa) *tepokjidat*

    daaaannn…. sampe sekarang belum jadi2 juga nih namanya…
    udah naksir nama BAGAS sih…simple..gampang diucapin…artinya juga bagus: sehat,tegap,kuat….dan indonesia bgt..hehehe

    nah…utk nama tengahnya kami juga udah sepakat PUTRA utk menunjukkan juga sbagai anak laki2…

    tinggal nama belakangnya nih…krn suamiku gak mau pake nama belakangnya….
    aku sih udah naksir nama MAHARDIKA yg artinya berbudi luhur…tp blm aku sodorin ke suami…ntar malem deh pulang kantor…

    kalo udah di-ACC suami..berarti jadilah sebuah nama: BAGAS PUTRA MAHARDIKA
    sukaaaa…. <3 <3 <3

    tinggal satu masalah nih….
    belom ngajuin 'proposal' ke ortu dan mertua…..hihihihihi
    mudah2an gak ada 'masalah' deh yaa… :))

    *dedek mau dikasih nama apa nak..?:)*

  15. wikit
    wikit November 22, 2011 at 1:05 pm

    klo pengalamanku sie simple…

    ketika usia kandunganku baru akan menginjak 3 bulan, aku sudah punya nama u/ calon bayi’ku…

    waktu itu aku menyiapkan 2 nama (1 cowo & 1 cewe) sambil ngarep supaya dikasih bayi kembar cowo-cewe.. hihihihi…

    aku sempat kemukakan ke suami dan suami bilang liat nanti ajah (dalam hati: pokoknya kudu pake nama pilihanku! Kan aku yg mengandung, melahirkan dan lebih banyak ngurusin dia kelak). Egois? Ya iyalah… namanya baru anak pertama.. ehhehe

    Kejadiannya pas aku nda bisa bobo malem2.. tau2 terlintas ajah sebuah nama: Daniel (teringat kisah Daniel dalam Perjanjian Lama) dan kemudian muncul juga rangkaian kata dalam bahasa inggris: Best of all

    Jadilah pas danny boy terlahir tengah malam 23.17 tgl 1 Juli 2011 lalu ia kami namai Daniel Bestofall…

    Sesimple itu… (oh iya, mertua dan bonyok emang sempet penasaran sama namanya, tp mereka bisa menerima kok :) )

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.