Meronce Manik-Manik

Pada saat memperkenalkan kegiatan meronce, usia anak saya yang kecil masih 3 tahun. Saat itu saya menggunakan hanya satu bentuk alat untuk meronce, yaitu pipa kecil menyerupai bola warna warni dengan ukuran diameter kurang lebih 2 cm. Untuk merangkainya, saya menggunakan kawat bulu atau biasa disebut pipe cleaner. Kedua alat tersebut lebih cocok digunakan oleh anak usia 3 tahun ke bawah untuk belajar meronce.

Kegiatan meronce ini dapat diterapkan baik untuk anak usia balita maupun untuk anak yang lebih besar, tentu saja dengan bahan-bahan yang disesuaikan dengan usia anak. Untuk anak yang sudah berusia di atas 3 tahun, Urban mama dapat mengajarkan meronce menggunakan manik-manik plastik dengan berbagai ukuran.

 manik-manik

(image credit: www.freedigitalphotos.net)

 

Manfaat dari kegiatan meronce untuk balita maupun anak-anak antara lain:

  • Meronce bukan sekadar bermain saja. Di dalamnya banyak hal yang dapat digali, antara lain anak belajar tentang warna, bentuk dan motif, pola, serta konsep jumlah atau berhitung.
  • Meronce membutuhkan ketajaman mata dan konsentrasi, baik pada saat memasukkan manik-manik ke tali senar, saat mengunci (mengikat) tali senar sebelum meronce, maupun pada saat anak memilih motif manik-manik apa yang akan dimasukkan ke senar selanjutnya.
  • Saat anak meronce, lambat laut kemampuannya untuk menilai mana hasil roncean dengan pola yang indah akan terasah. Anak akan belajar mengganti motif manik-manik tertentu lalu menyusunnya hingga menghasilkan karya yang menurutnya bagus. Dengan demikian anak akan merasa puas atas karyanya. Saat anak suka dan menikmati proses meronce, anak pun akan terdorong untuk belajar lebih dan lebih sehingga menghasilkan 'hasil karya' roncean yang semakin bagus.
  • Daya imajinasi anak terasah pada saat menyusun dan membentuk pola tertentu. Anak bisa menghasilkan roncean untuk gelang, kalung, atau apapun. Susunan pola yang dibuatnya terkadang akan menjadi sesuatu yang tidak kita duga sebelumnya.
  • Kegiatan meronce juga membantu anak mengasah kemampuan motorik halusnya. Memegang benda kecil seperti manik-manik membantu anak untuk melatih pincer grasp.

Banyak sekali ternyata manfaat kegiatan meronce manik-manik untuk balita. Selamat mencoba ya Urban mama, semoga anak-anak senang, bahagia dan mendapat banyak manfaat dari kegiatan meronce ini.

12 Comments

  1. avatar
    maria qoriah December 11, 2017 9:34 am

    bunda mau tanya untuk ukuran tali dan jenis tali bagi anak usia 4-5 bagaiamana ya bun? selain pakek pipe cleaner

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Honey Josep May 4, 2017 2:33 pm

    Ternyata banyak manfaatnya meronce, saya mau ajak anak anak meronce juga :)

    Tfs mama Ari!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Gabriella F May 2, 2017 9:39 pm

    Wah betul banget, salah satu terapi Al adalah meronce, biar jari-jari tangannya makin lentur dan motorik halusnya makin bagus...

    1. avatar
      Ari Prastawati May 3, 2017 8:36 am

      sip mba ella

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Retno Aini May 2, 2017 2:31 pm

    Terima kasih sharenya ya mama Ari :D Di sekolah anakku di sini, selain outdoor playtime, anak2 sering dikasih kegiatan meronce di waktu senggang. Ternyata banyak manfaatnya, benar spt yang mama Ari bilang. Dan gurunya anakku bilang, meronce itu ternyata bagus buat melatih otot halus di tangan yang mempersiapkan mereka buat belajar menulis.

    1. avatar
      Ari Prastawati May 3, 2017 8:35 am

      sama2 mom aini...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    dieta hadi May 2, 2017 10:10 am

    tfs mbak, anak anak walaupun laki laki semua tapi seneng meronce, berguna banget untuk melatih sabar dan konsentrasi mereka. kadang mereka suka balapan siapa cepat yang selesai meronce, seru melihat mereka seneng meronce

    1. avatar
      Ari Prastawati May 2, 2017 1:47 pm

      sama2 mba dita...wah keren cowok2 bisa bertahan meronce...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .