Mi Telur Buatan Sendiri

Acara makan adalah hal yang paling tricky dalam hari-hari kami mengasuh Aira. Ada saat di mana Aira lahap sekali makan, tapi tak jarang hanya untuk minum saja ia tampak malas. Akhir-akhir ini, Aira tampak lahap jika makan mi bersama kami. Tapi rasa bersalah pasti ada. Mi instan sudah jelas mengandung bahan-bahan yang dihindari. Begitu pula jika makan mi di penjual mi ayam. Setelah browsing beberapa kali, akhirnya saya merangkum resep-resep yang ada. Kali ini terinspirasi dari allrecipes.com yang sangat sederhana. Tentunya sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Bahan-bahan:


  • 150 gr tepung terigu

  • 1 butir telur

  • garam

  • merica


Cara :

  • Tuang terigu dan lubangi tengahnya. Masukkan telur, garam, merica, aduk hingga menggumpal. Tips: Gunakan tepung sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin membuat banyak, tambahkan tepung dan telurnya.

  • Uleni dengan tangan dan terus tambahkan tepung. Uleni hingga kalis atau tidak lengket lagi di tangan. Jika masih lengket, tambahkan tepung lagi. Diamkan sejenak.

  • Siapkan penggilas, pisau, alas gilas, dan tepung terigu agar adonan mi nantinya tidak lengket. Karena tidak punya penggilas, saya menggunakan botol sirup yang datar dan diisi dengan air agar berat.

  • Mulai gilas atau ratakan secara bertahap. Taburi alas gilas dengan tepung agar adonan tidak menempel pada alas dan penggilas.

  • Jika sudah tipis dan rata, taburi adonan dengan tepung di permukaan dan bagian belakang. Gulung.


[caption id="attachment_92816" align="alignnone" width="604" caption="contoh adonan yang sudah digulung dan dipotong"][/caption]

  • Jangan ragu memberi tepung agar mi tidak saling menempel. Nantinya saat dimasak tepung akan larut dalam air. Potong adonan yang sudah digulung selebar 1/2 cm, atau sesuai selera.

  • Setelah mie siap, rebus air. Saya tambahkan sedikit minyak dan garam, mirip merebus pasta. Masukkan mie. Setelah matang, tiriskan di saringan dan siram dengan air matang.

  • Karena penasaran dengan gaya bento, saya menyajikan mi dengan tumis ayam, wortel, dan nori sebagai hiasan. Mi siap dihidangkan.


Senang sekali Aira suka makan mi buatan saya ini. Dalam sekejap semangkuk mi yang sudah saya siapkan berhasil dihabiskannya. Selamat mencoba!

Related Tags : ,,

12 Comments

  1. avatar
    Didin Hartojo March 5, 2014 10:34 am

    thanks for reading :) apalagi klo sudi mencoba. karena ini betul2 sederhana dan belum punya pasta maker-nya, jdi mie masih ketebelan dan tidak rata. happy healthy cooking mommies!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    WINIDI March 4, 2014 2:14 pm

    Thanks mom buat resepnya. Coba ah buat weekend ini ;)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Enji Magetsari February 27, 2014 3:25 pm

    wah, ternyata gampang ya bikin mie sendiri..lebih yummy, sehat dan terjamin lagi kualitasnya :)

    makasi mom, copas resepnya yaa..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw February 27, 2014 1:22 pm

    Nyaamm.., enak deh keliatannya, trus bikinnya juga gak sesusah yg saya bayangin :)

    makasih resepnya ya...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Lydia Amrina February 26, 2014 4:32 pm

    lubna juga seneng sekali makan mie, copas resepnya ya mom.. :)

    1. avatar

      As .