Mind Mapping Is Fun!

Ika_Ps

science of 1st grade

Profesi saya sebagai seorang pendidik menuntut ingatan yang luar biasa. Saya bekerja di sebuah sekolah swasta filial Jakarta yang buka cabang di Samarinda pada tahun 2006. Walau jurusan saya English Teacher, ternyata saya harus mengajar siswa kelas I dimana hampir semua bidang studi harus diajarkan.  Selain dikarenakan setelah sekian banyak peristiwa kelalaian akibat pelupa dan tuntutan profesi, saya giat mencari tahu bagaimana sih meminimalisirnya. Mulai dari membawa catatan kecil kemanapun (yang akhirnya saya hilangkan juga) sampai reminder tools pada telepon genggam, hingga ketemu cara mudah dan menyenangkan dengan Mind Map oleh Tony Buzan. Mengingat beberapa keluhan orangtua siswa juga yang anaknya ternyata beberapa kesulitan menghafal dan memahami materi di sekolah yang kompetensinya lebih tinggi dibanding saat kita sekolah dulu. Dan mereka juga mengalami kesulitan membantu siswa di rumah karena adakalnya keterbatasan waktu dan kurangnya penguasaan materi terutama untuk bilingual.

Sistem ini sering saya gunakan ketika mengajar di kelas 3 pada tahun 2008. Kompleksnya materi siswa dengan sekian banyak mata pelajaran dan penggunaan bilingual untuk Science dan Mathematics mengharuskan saya mengajar dengan kreatif dan menyenangkan. Awalnya mungkin membingungkan, karena hanya berupa bagan dan panah. Namun, setelah melihat contoh langsung dalam buku Tony Buzan, Mind Map for Children, saya optimis, siswa saya pun bisa menerapkan. Dan kelak ketika Ghani (1y2w) udah mulai sekolah, saya pun akan senantiasa membantunya belajar di rumah dengan Mind Map.

Dan ternyata, mereka suka dan belajar jadi menyenangkan bahkan untuk materi yang tadinya mereka anggap susah. Hingga adakalanya mereka sendiri yang berkreasi dalam membuat mind map.

IPS mind map kelas 3 SD

Saya tentunya bukan ahlinya, dan masih harus terus belajar, dan ini beberapa dari kesimpulan saya pribadi.

Mengapa Mind Map begitu menyenangkan?

  • Anak-anak tidak dibebani oleh begitu banyak hafalan materi karena hanya kata-kata kunci saja yang harus diingat.
  • Anak-anak termotivasi untuk belajar karena mereka boleh meletakkan gambar dan warna sesuai minatnya.
  • Meringankan kerja otak anak-anak.
  • Menyeimbangkan otak kanan dan kir.i

Tips Mudah Mengajarkan Mind Map:

  • Buat ringkasan terlebih dahulu tentang materinya.
  • Pilih beberapa kata kunci, sebisa mungkin 1 kata saja.

Contoh: Pelajaran Energi, kata kunci : jenis, contoh, benda, dll.

  • Mintalah anak menggunakan pena warna warni dan membuat atau menggunting gambar dari majalah bekas.
  • Review dan ajarkan cara membacanya.

Sebagaimana sejarah memilukan sifat pelupa saya (lebay). Dalam keseharian terutama perencanaan financial bulanan adakalanya saya menggunakan mind map. Namun seringkali saya lebih senang menerapkan dalam pembelajaran di kelas dan kelak saya sudah berniat juga untuk membantu Ghani (1y2w) menerapkan dalam kegiatan belajarnya.

Untuk info lebih lanjut bisa ke sini. Sebenarnya, untuk software mind map juga banyak tersedia namun saya lebih senang menerapkan secara manual karena lebih seru dan bebas berkreasi. Semoga urban Mama dan Papa bisa mulai membantu anak-anak belajar di rumah dengan menyenangkan.

38 Comments

  1. tisyonk
    tisa 'tisyonk' May 4, 2011 at 2:48 am

    Very inspiring!!! TFS :)

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 3:46 pm

      thx :)

  2. Lilik
    Lilik May 4, 2011 at 6:29 am

    Saluttt Ika, selalu salut+kagum ama profesi guru2 ;)
    Btw di skolah anakku dari TK udh diajarkan ttg mind map ini secara sederhana, hasilnya skr Shafa (klas 4) suka bgt bikin mind map terutama pelajaran sains or yg perlu hafalan2, dan berkat mind map jg ini sejak klas 3 udh lebih mandiri belajarnya, bundanya tinggal recheck aja :)

    Btw gambar anak berjilbab itu persis bgt ama yg sering digambar Shafa jg, sepertinya itu jadi gambar ‘wajib’ anak2 akhwat nih :)
    (Oot materi energi+uang jg dibuat mind map spt di atas loh bu :) )

    Tfs ya bu, terus semangat mengajar *saluttt*

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 3:49 pm

      wah, tk mana tu, mau dunk Ghani skolah dsna he3
      Shafa suka juga ya gmbar gadis berkerudung? itu bikinan saya krna mau ngasih contoh mind map ke ank murid yg msh kls I, tema energy yg mbulet krn harus bilingual
      wah nitip toss buat Shafa yaaa mama Lilik

  3. ninit
    ninit yunita May 4, 2011 at 6:31 am

    udah tau mind map dari dulu tapi belum tertarik buat baca bukunya… sekarang baca review ika jadi pengen bangeeet! kayaknya bener2 fun yaa…

    TFS ika!

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 3:51 pm

      sama2 teh ninit…moga bantu si kakak belajar kelak ya!

  4. silmysyu
    silmy syu May 4, 2011 at 6:33 am

    Iya, pernah baca artikelnya dikit dulu. Tapi gak nyangka kalau ternyata anak-anak bisa memanfaatkannya dan bisa fun. TFS, jadi terinspirasi untuk nyoba juga ^^

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 3:52 pm

      ayoooo seru untuk dicoba lho, yg penting fun aja, tar hafal sndiri polanya lho…:D

  5. gabriella
    Gabriella Felicia May 4, 2011 at 7:38 am

    Sering menggunakan mind map sebenarnya dan berkat artikel ini baru mudeng bahwa kalo masuk bab baru pas ngajar bahasa, guru2 memang dituntut untuk kasih mind map buat murid2…
    Ntar mau cobain ke Albert kalau dia udah sekolah ah…
    TFS…

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 3:53 pm

      selamat mencobaaa… :)

  6. Putri Listyasari
    Putri Listyasari May 4, 2011 at 8:03 am

    Yeeeay, tfs, Ika… Saya jg udh lama tertarik dan berniat menerapkan pola belajar mind-mapping ini untuk anak saya, Sophie (13m), kelak… Hehehe…

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 3:55 pm

      sambil nunggu Sophie sekolah, bisa lho ngenalin lingkungan sekitarnya dengan mind map dan biar dia ikut corat coret :)

  7. Nia bundanya Ara
    Nia bundanya Ara May 4, 2011 at 8:15 am

    dulu …..ketika masih sekolah smp sma, saya belajar pake cara ini (inisiatif sendiri :), habis males kalo harus baca materi2 yang numpuk, istilah saya dulu bikin ringkasan dengan menggambar) dan emang gampang banget nerap (nempel), dan ternya itu ada namanya yah…? hehehe mind mapping..
    tfs, bunda…… dan udah mengingatkan ku ke zaman dahulu….insyaAlloh akan aku coba buat kaka dan ara…

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 3:56 pm

      pasti lebih mudah ngajarin kaka n ara karna bunda Nia dah pinter praktekin ya!

  8. sLesTa
    shinta lestari May 4, 2011 at 9:22 am

    wah, inspiring banget nih ika! lebih inspiring karena ika yang berprofesi sebagai guru mau berusaha mencari alternatif yang mudah dan menyenangkan untuk anak2 muridnya belajar! keren deh.. gue pengen punya guru seperti ika! *eh tapi ga mau sekolah lagi ah*

    mind mapping ini emang seru ya? soalnya bikin kita jadi lebih melihat proses. makanya untuk orang2 yang kerjanya di IT, ini berguna banget, karena semuanya dibikin dalam bentuk more or less mirip ama mindmap hehhe.. (serupa tapi tak sama deehhh)

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 3:59 pm

      *tersipu-sipu* tapi aku galak lho he3, cuma anak2 dah hafal kayaknya sm aku si tukang mind map, alhasil nagih mulu klo pas ngajar buat mind map, jadilah sibuk cari contekan cara gambar bertahap kayak jaman pak Tino Sidin dulu itu d TVRI he3, setelahnya beraksi di kelas seolah2 gurunya pandai gambar (maafkeun ya nak)

  9. fifi wicaksono
    fifi wicaksono May 4, 2011 at 10:07 am

    hwiiii,, sipp deh,,
    inspiring banget,, jamanku dulu gak ada guru yg ngajarin bikin mind map,, jd pny PR utk raafi (3y) ntar klo sdh sekolah diajarin bikin mind map,,

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 4:00 pm

      suruh gurunya jah bljar mind map hihihi :p

  10. sofia
    Sofia Andalusia May 4, 2011 at 10:49 am

    Dahulu sekali pernah mencoba cara ini.. Cuma bosan karena saya kurang kreatif & rasanya kurang warna warni.. Setelah melihat tulisan Ika, tertarik untuk mencoba lagi buat Giras (4y10m), pasti menggoda.. Apalagi pake warna warni.. Thanks for sharing ya..

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 4:02 pm

      saya juga sama sekali gak pandai gambar, cuma sekarang dah byk buku cr gambar dan kadang inisiatif aja lama2 bisa lho mama sofia, tar tambah semangat ketika lihat si anak lebih nyaman dan nyerap pelajarannya :)

  11. namila
    namila May 4, 2011 at 11:33 am

    O jadi ada namanya ya…kemarin waktu uts, si kakak disuruh bercerita tentang keluarga punakawan malah bikin gambar balon untuk semar, petruk, bagong, gareng, karangtumaritis…ah, ibuknya perlu upgrade nih..*langsung cari tahu metode ini*

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 4:04 pm

      ada ya pelajaran ttg punakawan he3, seru yah pasti ttg pewanyangan, ayo mama namila belajar dr si anak, he3 :p

  12. eka
    Eka Wulandari Gobel May 4, 2011 at 12:11 pm

    tfs ya ika, memang lebih mudah ya belajar pake mind mapping ini :)
    dulu gw sering dimarahin guru kalo buku catetan dipake buat gambar2 & warna warni..
    katanya kalo mau menggambar di buku gambar! galak bener yak..
    dulu sih gw ga tau istilahnya mind map, tapi dipraktekinnya memang menyenangkan. karena tulisan gw memang gak bagus2 amat, jadi disamarkan dengan warna-warni dan gambar2 :))

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 4:06 pm

      thx juga say! wah klo d mind map emg gak nampak sih tulisan ajaib kita krna emang dituntut kratif gmbar hehehe…

  13. eryka
    Eryka May 4, 2011 at 12:35 pm

    awww kereeeeen, daku juga tau mind map ini pas dibahas reza gunawan di twitter, tapi karena kayla masi baby blom dipake sihhh, malah dipake sendiri kebetulan lg belajar bahasa asing, tapi ya masi bingung2 juga sih bikin kategori2 nya gitu

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 4:08 pm

      eh sama, aku nulis ini krna terinspirasi dee lestari lg curhat di twitternya! klo bahasa, bikin aja pertema, klo lagi belajar transport misalnya, kan tinggal dikasih cabang, macam-macamnya, bagaimana percakapannya, dll. met nyoba ya!

  14. otty
    Pangastuti Sri Handayani May 4, 2011 at 1:38 pm

    Gue baru denger2 aja si mind mapping ini, blom baca bener2. Tapi kalo keywordnya adalah “biar ga gampang lupa” nah langsung semangat pengen nyoab deh. Makasih udah cerita2 di sini :)

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 4:09 pm

      sama2 bu, moga gak pelupaan lagi he3

  15. May 4, 2011 at 3:25 pm

    wak ika, inspiring banget nih! kalo buat kerjaan sih sering pake mind-mapping. ternyata bisa diterapkan ke anak kecil juga ya? tfs!

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 4:11 pm

      thx thalia! iya, buat anak2 fun, klo yg blm bisa, bisa kita dulu aja yg buat, tar mereka gambar sesuai kata-kata yg kita buat, lama2 kan nempel tuh di ingatan :)

  16. nawang
    Lisna Ekowatiningrum May 4, 2011 at 3:45 pm

    TFS ya Ika..jadi inspirasi buat bantu si kecil kelak..dulu sempat pakai tp tidak maksimal..

    1. Ika_Ps
      Ika Ps May 4, 2011 at 4:12 pm

      senang bisa berbagi ilmu… :)terima kasih semua atas komennya, yuk sama2 di coba ya!

  17. superpippo
    Astrid Lim May 4, 2011 at 4:23 pm

    Ika..thanks ya buat artikelnya, very inspiring! cocok banget diterapin, buat anak dan ibunya juga karna sangat pelupa dan super ribet hahaha…

  18. Ika_Ps
    Ika Ps May 4, 2011 at 5:28 pm

    sama2 mama astrid, senang bisa bantu :)

  19. Honey Josep
    Honey Josep May 5, 2011 at 10:17 am

    Ika : dirimu menjawab kebutuhanku… beberapa waktu ini gw emang penasaran sama mind map tapi belum sempet beli bukunya Tony Buzan. Ada buku mind mapping karangan yg lain dan belum sempet baca.
    Klo ada workshop soal mind mapping ini kayaknya seru deh :)

  20. Ika_Ps
    Ika Ps May 5, 2011 at 7:35 pm

    honey : yup! Seru nih kalau ada workshop plus ngajak anak2 gitu :)

  21. Kira Kara
    Bunda Wiwit November 29, 2011 at 1:44 pm

    waaaaaaawwww.. sepertinya ini yang saya cari.. senasib, saya juga pelupa dan careless.. heuheu… awesome article nih. lebih lanjut mari kita tanya om google. EH mbak, buku mind mapping dapat beli dimana? heuheu…

  22. Ika_Ps
    Ika Ps November 22, 2012 at 9:53 am

    banyak di gramedia, tp klo dah paham bisa kreasi sendiri kok

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.