Mobil-mobilan Dari Kulit Jeruk Bali

gabriella

Saya berpendapat bahwa aktivitas di luar ruangan sangat penting bagi anak-anak. Beruntung saya tinggal di lingkungan yang cukup ramah bagi anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan. Kebetulan kami baru saja membeli jeruk bali, mengapa tidak membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk bali?

Saat kecil saya jarang beraktivitas di luar rumah, mungkin karena rumah orangtua saya dulu di pinggir jalan besar yang ramai, jadi akan berbahaya jika saya berada di luar rumah. Lagipula hanya ada sedikit teman sebaya di lingkungan tempat tinggal saya waktu itu. Sedangkan suami saya kebalikannya, ia sangat sering beraktivitas di luar rumah bersama teman-teman sebayanya. Saya ingin Albert bisa mengalami masa kecil seperti yang dialami suami saya, bisa bermain di luar rumah bersama teman-teman sebayanya.

berjalan2 berdua papa

Di zaman modern ini, banyak anak-anak yang lebih suka beraktivitas di dalam ruangan, bagi kami, hal itu kurang sehat. Mungkin ada banyak alasan, seperti tanah yang makin sempit sehingga tidak ada halaman, lokasi rumah yang dekat dengan jalan raya, dan sebagainya. Sayangnya memang di Jakarta sulit kita temukan ruang terbuka hijau yang bisa menjadi tempat beraktivitas bersama keluarga dan berjalan-jalan ke mal masih menjadi pilihan utama untuk mengisi waktu luang.

bercanda dengan papa

Beruntung kompleks tempat kami tinggal cukup aman dan nyaman bagi Albert untuk beraktivitas di luar ruangan. Lagipula Albert juga mempunyai banyak teman sebaya di sini. Memanfaatkan waktu luang yang singkat untuk bermain bersama, suami saya membuatkan Albert mobil-mobilan dari kulit jeruk bali. Mainan tradisional yang murah meriah dan bisa membuat Albert gembira bermain di luar ruangan. Sekalian juga biar papanya bisa bernostalgia bermain mobil-mobilan dari kulit jeruk bali.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya:

  • Kulit jeruk bali.
  • Tali (untuk menarik mobil-mobilannya).
  • Tusuk gigi, untuk menempelkan ‘roda’.
albert bangga dengan mobil kulit jeruk

Jadi, tunggu apalagi, ayo ajak si kecil bermain bersama di luar ruangan…

albert dan mobil2an buatan papa

 

11 Comments

  1. myson
    myson June 6, 2010 at 12:26 am

    Gabriella, soooo cute! kreatif banget! bakal bikin ini buat toto one day :)

  2. CNAP
    Intan CnaP June 6, 2010 at 1:16 am

    Waa..lucunyaaa albert!
    *gemes gemes*
    jadi ingat masa kecil (loh..)

    mama papa nya kreatif banget,di jaman banyak mainan anak yg mehong mehong, kulit jeruk yg murah jg bisa membahagiakan si kecil (n_n)d

    ntar kalo Faiz (1,5month) udah segede albert dibikinin juga aaah..
    *siap2 menyerang kebun jeruk mertua* hehe

  3. Medy
    medy June 6, 2010 at 4:31 am

    ah..gw dulu jg pernah punya ni..dibuatin ama bokap..trus dibuat balapan deh bareng adek gw yg cowok..duh jd nostalgia deh. Tks ya udh ngingetin

  4. ninit
    ninit yunita June 6, 2010 at 7:40 am

    wah… mobil2an dari kulit jeruk bali… bener2 nostalgia :)
    pengen deh someday bikinin ini buat alde. TFS, gabriella…

  5. June 6, 2010 at 11:07 am

    waa, bener nostalgia! demen banget nih dulu bikin ginian. sekarang ketemu jeruk balinya jarang. albert kayaknya seneng banget ya dibikinin mainan ama papanya… :)

  6. sukie
    Sukma Pertiwi June 6, 2010 at 11:30 am

    nostalgia!setuju sama ninit and thalia. kalau biuat cewek adalagi yang nostalgia, main masak2an..hihi.mangkoknya dari daun mangkok2an..ada ga ya mamas TUM yang anaknya main ini? ;)

  7. Mirza Resita
    June 6, 2010 at 11:43 pm

    Wah…. kok kebeneran banget ya?

    tadi pagi ada acara keluarga di daerah taman mini gitu… dan banyak yang jualan jeruk bali. saya bilang ke suami saya kalau pulangnya nanti mo bli jeruk bali, dan kulitnya mo saya bikin mobil2an… biar anak2 tau mainan itu tidak hanya bisa beli di toko saja, tapi bisa juga di buat dari barang-barang seadanya….

    lah kok di TUM ada posting ttg jeruk bali…. PAS banget deh…. :p

  8. gabriella
    Gabriella Felicia June 7, 2010 at 8:08 am

    @mama toto & intan: ayo, nanti tahun depan bikin ya buat toto
    @medy, ninit, thalia, sukma: hehehe, emang bikin mobil2an ini kayaknya yang semangat bapaknya deh… buat nostalgia masa kecil gitu… untuk albert seneng tuh… sampe sedih pas udah jelek dan dibuang akhirnya…
    @asni: wah kebetulan tuh, jangan lupa difoto ya…

  9. sLesTa
    shinta lestari June 7, 2010 at 9:20 am

    wah, favorite past-time activity banget nih! kalo dipikir2 anak2 sekarang ini kan dikasih maenan yang canggih2 .. smuanya serba beli & serba instant. sementara dulu waktu kita kecil, maenan itu bikin sendiri dan kita mesti kreatif bikinnya. tapi jadi lebih seru yaa!! makanya ga pengen manjain anak dengan beliin maenan terus.. mesti diseimbangkan dengan mainan2 seru seperti ini.

    tfs yah gabriella! jadi nostalgia deh.. :)

  10. Mirza Resita
    June 8, 2010 at 2:58 pm

    Gabriella,

    sepertinya familiar deh liat komplek rumahnya. tinggalnya di deket Pondok Duta bukan? hehe sori nih OOT.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.