Mobil-mobilan Dari Kulit Jeruk Bali

Saya berpendapat bahwa aktivitas di luar ruangan sangat penting bagi anak-anak. Beruntung saya tinggal di lingkungan yang cukup ramah bagi anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan. Kebetulan kami baru saja membeli jeruk bali, mengapa tidak membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk bali?


Saat kecil saya jarang beraktivitas di luar rumah, mungkin karena rumah orangtua saya dulu di pinggir jalan besar yang ramai, jadi akan berbahaya jika saya berada di luar rumah. Lagipula hanya ada sedikit teman sebaya di lingkungan tempat tinggal saya waktu itu. Sedangkan suami saya kebalikannya, ia sangat sering beraktivitas di luar rumah bersama teman-teman sebayanya. Saya ingin Albert bisa mengalami masa kecil seperti yang dialami suami saya, bisa bermain di luar rumah bersama teman-teman sebayanya.


berjalan2 berdua papa

Di zaman modern ini, banyak anak-anak yang lebih suka beraktivitas di dalam ruangan, bagi kami, hal itu kurang sehat. Mungkin ada banyak alasan, seperti tanah yang makin sempit sehingga tidak ada halaman, lokasi rumah yang dekat dengan jalan raya, dan sebagainya. Sayangnya memang di Jakarta sulit kita temukan ruang terbuka hijau yang bisa menjadi tempat beraktivitas bersama keluarga dan berjalan-jalan ke mal masih menjadi pilihan utama untuk mengisi waktu luang.


bercanda dengan papa

Beruntung kompleks tempat kami tinggal cukup aman dan nyaman bagi Albert untuk beraktivitas di luar ruangan. Lagipula Albert juga mempunyai banyak teman sebaya di sini. Memanfaatkan waktu luang yang singkat untuk bermain bersama, suami saya membuatkan Albert mobil-mobilan dari kulit jeruk bali. Mainan tradisional yang murah meriah dan bisa membuat Albert gembira bermain di luar ruangan. Sekalian juga biar papanya bisa bernostalgia bermain mobil-mobilan dari kulit jeruk bali.


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya:



  • Kulit jeruk bali.

  • Tali (untuk menarik mobil-mobilannya).

  • Tusuk gigi, untuk menempelkan 'roda'.


albert bangga dengan mobil kulit jeruk

Jadi, tunggu apalagi, ayo ajak si kecil bermain bersama di luar ruangan...


albert dan mobil2an buatan papa

 

11 Comments

  1. avatar
    cynthia June 8, 2010 2:58 pm

    Gabriella,

    sepertinya familiar deh liat komplek rumahnya. tinggalnya di deket Pondok Duta bukan? hehe sori nih OOT.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    shinta lestari June 7, 2010 9:20 am

    wah, favorite past-time activity banget nih! kalo dipikir2 anak2 sekarang ini kan dikasih maenan yang canggih2 .. smuanya serba beli & serba instant. sementara dulu waktu kita kecil, maenan itu bikin sendiri dan kita mesti kreatif bikinnya. tapi jadi lebih seru yaa!! makanya ga pengen manjain anak dengan beliin maenan terus.. mesti diseimbangkan dengan mainan2 seru seperti ini.

    tfs yah gabriella! jadi nostalgia deh.. :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Gabriella F June 7, 2010 8:08 am

    @mama toto & intan: ayo, nanti tahun depan bikin ya buat toto
    @medy, ninit, thalia, sukma: hehehe, emang bikin mobil2an ini kayaknya yang semangat bapaknya deh... buat nostalgia masa kecil gitu... untuk albert seneng tuh... sampe sedih pas udah jelek dan dibuang akhirnya...
    @asni: wah kebetulan tuh, jangan lupa difoto ya...

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    asni kurniati June 6, 2010 11:43 pm

    Wah.... kok kebeneran banget ya?

    tadi pagi ada acara keluarga di daerah taman mini gitu... dan banyak yang jualan jeruk bali. saya bilang ke suami saya kalau pulangnya nanti mo bli jeruk bali, dan kulitnya mo saya bikin mobil2an... biar anak2 tau mainan itu tidak hanya bisa beli di toko saja, tapi bisa juga di buat dari barang-barang seadanya....

    lah kok di TUM ada posting ttg jeruk bali.... PAS banget deh.... :p

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    sukie June 6, 2010 11:30 am

    nostalgia!setuju sama ninit and thalia. kalau biuat cewek adalagi yang nostalgia, main masak2an..hihi.mangkoknya dari daun mangkok2an..ada ga ya mamas TUM yang anaknya main ini? ;)

    1. avatar

      As .