MPASI Homemade - Tidak Merepotkan Lho!

Setelah 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat atau yang biasa disebut makanan pendamping ASI (MPASI). MPASI terbaik tentunya adalah MPASI yang disiapkan sendiri (homemade) karena segar dan alami, walaupun untuk beberapa situasi yang tidak bisa kita hindari MPASI instant merupakan penyelamat yang praktis.


Terkadang beberapa orang merasa agak repot jika harus menyiapkan MPASI homemade karena juga harus menyelesaikan urusan rumah tangga lainnya. Berikut saya bagi tips yang membantu saya untuk tetap dapat menyiapkan MPASI homemade setiap pagi sebelum berangkat kerja:



  1. Susun menu mingguan
    Atau setidaknya sudah tahu perkiraan menu yang akan dimasak dalam minggu tersebut. Gunanya supaya kita bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan tidak bingung mencari inspirasi pada saat akan memasak. Sumber favorit saya antara lain www.annabelkarmel.com dan www.mamakukokihandal.com. Resep-resepnya enak, bergizi, dan mudah untuk “diutak-utik” kalau ada bahan yang kurang atau belum sesuai dengan umur bayi kita.


  2. Simpan lauk beku dalam porsi 1 kali masak
    Berguna untuk menjaga kesegaran lauk saat akan dimasak, supaya tidak berkali-kali keluar-masuk freezer (hanya lauk yang dibutuhkan yang di-defrost). Lauk bisa disimpan dalam kantung plastik kecil atau untuk pilihan yang lebih ramah lingkungan bisa disimpan dalam wadah kecil yang bisa dicuci dan digunakan kembali.


  3. Kupas bawang (atau bumbu lainnya) dan simpan dalam wadah tertutup
    Berdasarkan pengalaman, salah satu langkah yang cukup menyita waktu adalah saat mengupas bawang dan membersihkan sayur. Karenanya saya terbiasa mengupas bawang dalam jumlah agak banyak sehingga ketika saya memasak tinggal mengambil sejumlah yang dibutuhkan dan mengirisnya. Demikian halnya dengan sayur atau tahu/tempe, biasanya sudah saya cuci bersih dan potong kecil sehingga ketika memasak tinggal saya ambil secukupnya.


  4. Gunakan slow cooker
    Jika bayi sudah mulai memakan bubur nasi, maka slow cooker sangat membantu karena kita tidak perlu menghabiskan waktu di depan kompor. Pada malam hari kita tinggal memasukkan beras, air, sayur, dan lauk ke dalam slow cooker dan bubur akan matang dalam waktu 4-5 jam sehingga bisa disajikan pada keesokan paginya.


  5. Masak dan simpan makanan dalam bentuk beku
    Makanan juga dapat disimpan dalam bentuk beku; menu dimasak dalam jumlah banyak dan disimpan dalam porsi kecil sehingga bisa di-defrost sesuai porsi makan bayi. Saya pribadi hanya membekukan kaldu, tetapi banyak makanan lain yang juga bisa dibekukan. Untuk daftar apa saja yang bisa dibekukan, bisa dicek pada www.wholesomebabyfood.com. Selamat memasak buat buah hati tersayang! Kalau urban Mama punya tips lain, jangan ragu untuk menambahkan ya :).



*model credit: aina cempaka 

Related Tags : ,

31 Comments

  1. avatar
    karisma March 5, 2014 1:19 pm

    mom's mw tanya dong.. untuk mencairkan mpasi beku pake magig jar itu biasanya pakai tempat apa? apakah plastik bpa bisa dimasukin llangsung ke situ, atau di pindah ke pirex? selama ini saya langsung masukin tupperware yg kecil itu ke situ, aman ga ya buat baby Aisyah

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Rozalina L Zulkarnain July 20, 2010 2:59 pm

    Tfs mama Otty

    Yes...me also loveeee Slow Cooker :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel July 20, 2010 12:12 am

    iya ty, bener banget nih.. gw juga type yang praktis2 begini (padahal emang gak bisa masak)
    bikin MPASI homemade gw cobine sama BLW ;p
    thaks for sharing ya otty..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    sukie July 19, 2010 11:35 pm

    wah, bener Ty..ga repot..kalo dicombine BLW juga kadang2 membantu ibunya yang sedang malas *pengakuan*. pertamanya feeling guilty karena anaknya dikasi rebus2an dan potong2an sayuran, disuruh pegang and makan sendiri. eh karena gabung TUM and baca topik BLW, ternyata yang kulakukan selama ini itu sebuah metode..haha..:) senang..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    riska nurmarlia July 19, 2010 11:11 pm

    otty, tfs. memang ga merepotkan kok yaaa :)

    itu aina ya, pantesaaaan, pas pertama kali liat gue langsung mikir kok beda sama foto nara gede ya. hehe..

    1. avatar

      As .