Mudah Memilih Mainan yang Cocok untuk Anak

Sejak anak saya bayi, saya paling senang membeli mainan yang bisa menstimulasinya secara maksimal dan cocok dengan usianya. Satu hal yang paling berpengaruh dalam memilih mainan anak adalah petunjuk di kemasan dan informasi mainan ini cocok untuk anak usia berapa. Rasanya tenang jika tahu kalau mainan yang saya belikan benar-benar aman untuk anak. Lagi pula, berdasarkan pengalaman, anak biasanya akan senang dengan mainan yang tepat dengan usianya. Mainan juga jadi lebih awet karena dimainkan dengan cara yang tepat.

Salah satu toko mainan favorit saya adalah ELC . Alasannya tak lain karena mainan-mainan yang dijual di ELC sudah memenuhi standar keamanan. Ditambah lagi pemisahan jenis mainan berdasarkan usianya mulai 0–8 tahun, juga kategori yang sesuai dengan pertumbuhan mereka, saya jadi mudah kalau ingin membelikan mainan untuk anak. Apalagi anak juga bisa mencoba beberapa jenis mainan yang ada di toko. Selain itu, salah satu kado andalan saya kalau ada yang baru melahirkan atau ada anak yang berulang tahun adalah mainan. Mengapa tidak, mainan kan favorit anak-anak. Siapa sih yang tidak senang dapat mainan baru?

Sekarang ELC baru saja menambah koleksi mainan baru, ada lebih dari 100 mainan baru yang hadir di Indonesia, membuat saya makin senang karena tidak perlu bingung lagi kalau mau mencari mainan anak. Semua mainan barunya memiliki unsur edukasi dan desainnya juga sangat menarik, jadi anak-anak pun senang bermain, karena yang saya tahu bermain itu juga penting untuk pertumbuhan mereka.

Berikut ada beberapa mainan baru dari ELC, yang mungkin bisa menginspirasi urban mama yang ingin membelikan mainan bagi si kecil.

Bayi 6 bulan ke atas: Wooden Highchair Toy Bunny

Pada mainan ini ada manik mainan yang bisa digerakkan, fungsinya untuk menguatkan jemari mungil si kecil, membantu koordinasi antara tangan dan mata, serta meningkatkan kemampuan motoriknya.

Usia 12 bulan ke atas: Cash Register

Mesin hitung yang berwarna-warni ini bagus untuk mendukung kemampuan sosial dan komunikasi anak bersama teman atau orangtua. Pada mainan ini ada angka, warna, dan jenis buah-buahan sehingga si kecil bisa belajar mencocokkan bentuk.

Usia 18 bulan ke atas: Happyland Bumper Village Set

Mainan ini berfungsi untuk membangun imaginasi si kecil dan anak-anak bisa mencoba memainkan peran tokoh-tokoh di Happyland. Bermain bersama-sama bisa membuat si kecil mencoba mengucapkan dan menggunakan kata-kata baru, memindah-mindahkan orang-orangan di Happyland sambil memperkuat jari-jari mereka. Biarkan anak-anak bermain bersama teman atau saudaranya membangun sebuah kota tempat mereka belajar bersosialisasi dan berkomunikasi.

Usia 18 bulan ke atas: Happyland Race Track

Mainan balap mobil pertama bagi si kecil! Mereka pasti senang bisa mengendalikan mobil-mobilan dengan remote control yang ukurannya pas untuk tangan mungilnya. Selain itu, jangan lupa bunyikan klakson jika ingin membalap! Si kecil pasti senang dan penasaran jika bermain bersama teman.

Anak 3 -6 tahun: Magnetic Playcentre

Belajar membaca atau mengenal angka dan huruf akan jadi lebih menyenangkan jika dilakukan sambil bermain. Ini salah satu contoh permainan yang cocok untuk membuat anak senang saat diajak belajar membaca. Huruf dan angka dilengkapi dengan magnet sehingga anak-anak bisa menempelkannya di papan saat belajar membaca atau berhitung.

Anak 3- 8 tahun: Wooden Play Train Table

Permainan ini memiliki tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan usia anak, permainan ini membantu membentuk anak berimajinasi, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, serta membentuk kemampuan motorik halusnya.

Semoga rekomendasi ini bisa membantu urban mama yang sedang ingin mencari mainan ya. Atau mungkin urban mama punya mainan favorit lain dari ELC?

12 Comments

  1. avatar
    Honey Josep November 10, 2015 11:20 am

    sukaaaaak sama ELC :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Wulan Rahmadhany November 10, 2015 8:48 am

    favorit anakku juga, sekarang lagi demen sama ELC brilliant table, trus wooden block juga seru sama mini activity cube-nya lucu, Damar suka banget mainin bebek2 dan xylophone-nya.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania November 6, 2015 8:36 am

    waahh,baru tau kalo ELC keluarin banyak mainan lagi! selalu suka warna2 yang ada di mainan ELC,colorfull banget.
    Anak-anak naksir happyland bumper village set,happyland race track dan wooden play train table,. PR nih buat orang tuanya :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    hanana fajar November 5, 2015 9:03 am

    mupeng mainannyaaaaa Ellaaa.....
    ada yang mau ngadoin ga yaaa hihi

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Retno Aini November 4, 2015 5:03 pm

    Itulah okenya milih mainan anak di ELC ya..sampai diriset mainan mana yg cocok buat masing2 stage usia anak. Cinta deh! Aaaa naksir yg magnetic playcenter <3

    1. avatar

      As .