Museum Angkut dan Jatim Park 2

Akhir maret lalu, kami sekeluarga berlibur ke Malang. Tujuan liburan kami adalah mengajak anak-anak ke Jatim Park dan Museum Angkut. Sebenarnya tempat wisata di Batu, Malang itu banyak sekali, ada Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, dan Batu Night Spectacular. Namun karena waktu liburan kami tidak panjang, jadi kami hanya mengunjungi Jatim Park 2 dan Museum Angkut saja. Berkunjung pada kedua tempat itu saja sudah menghabiskan waktu sekitar tiga hari.

Jatim Park 2 sendiri terdiri dari beberapa tempat wisata yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Sedangkan Museum Angkut lokasinya berbeda dari Jatim Park 2, tetapi masih dekat dengan tempat kami menginap. Hari pertama kami tiba di Batu, rencananya kami langsung mengunjungi Museum Angkut, tetapi karena hujan lebat, kami baru bisa berangkat ke sana pada sore hari. Untungnya Museum Angkut buka sampai pukul 8 malam. Dari review yang saya baca, di Museum Angkut kita bisa menghabiskan waktu minimal 3 jam, karena tempat yang luas dan banyak tempat yang asyik untuk dilihat serta untuk foto-foto. Kami berangkat pukul 4 sore saat hujan sudah mulai reda, hanya sekitar 5 menit dari hotel kami tiba di Museum Angkut. Sangat menyenangkan berada di Museum Angkut ini.

Kita bisa melihat langsung berbagai jenis kendaraan zaman dahulu yang biasa kita lihat di film dan kedua putra saya tentunya sangat senang berlama-lama di sini. Apalagi ketika mereka memasuki tempat simulasi pesawat kepresidenan, di mana kita bisa berfoto di sana dengan spot foto yang sangat keren. Selain itu anak-anak juga bisa memasuki ruangan kokpit sehingga mereka bisa berpura-pura menjadi pilot. Tidak hanya ruangan museum, ada juga ruangan terbuka yang tak kalah bagusnya dengan tema-teman negara seperti Eropa, Amerika, Indonesia, wah lucu-lucu deh tempatnya, serasa sedang keliling dunia.

Hari kedua kami menuju Jatim Park 2 yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, yang kebetulan tiketnya menjadi satu, rencananya kami juga ingin ke Eco Green Park juga, tapi ternyata mengunjungi Batu Secret Zoo dan Museum Satwa sudah menghabiskan waktu hampir seharian, sehingga Eco Green Park kami jadwalkan untuk keesokan harinya. Batu Secret Zoo ini bagus dan terkonsep dengan baik menurut saya. Konsep yang santai, kita bisa berlama-lama dengan santai melihat binatang-binatang sesuai dengan jenisnya, petunjuk arah yang mudah dilihat sehingga kita pun tidak kebingungan serta informasi tentang binatangnya pun cukup informatif, jadi anak-anak tidak hanya melihat binatang saja tetapi juga mendapatkan informasi tentang binatang tersebut.

Nah serunya, setelah puas melihat binatang, ada arena bermain bagi anak-anak dan juga orang dewasa, semacam taman hiburan mini dan kita bisa bebas untuk bermain asalkan sesuai dengan aturan permainannya, ini cukup seru buat saya. Batu secret zoo ini sangat luas, tetapi tidak perlu khawatir kelelahan karena ada penyewaan e-bike apabila kita lelah berkeliling. E-bike ini juga salah satu hal menarik bagi anak-anak, tentu saja Mika dan Jibril meminta kami untuk menyewa e-bike, nah untuk anak-anak ketika menaiki e-bike ini harus bersama pendamping karena usia minimal boleh menaiki e-bike adalah 15 tahun.

Setelah berlama-lama di Batu Secret Zoo yang kami sendiri tidak sadar bahwa hari sudah sore, kami memasuki arena Museum Satwa. Museum satwa ini berisikan binatang-binatang yang diawetkan berikut informasi-informasi yang ada mengenai binatang. Di Museum Satwa ini lebih banyak informasi mengenai binatang yang akan didapat dibandingkan dengan di Batu Secret Zoo.

Kami baru bisa mengunjungi Eco Green Park pada hari ke-3. Konsep eco green park ini juga bagus, anak-anak bisa belajar banyak di sini, ada permainan seru sambil belajar, dan ada beberapa hewan-hewan seperti unggas ditonjolkan di sini, tetapi secara keseluruhan, Eco Green Park ini cukup menarik dan wajib didatangi juga.

Tiga hari di Malang tentu saja kami puas walaupun banyak tempat yang belum kami kunjungi, semoga lain waktu kami bisa datang kembali ke Batu, Malang.

6 Comments

ninit yunita May 5, 2017 10:00 am

dietaaa! asik banget ke siniii... aduhhh masih belum juga dan jadi tambah pengen ke sini baca artikel dieta.

2. avatar
    Honey Josep May 4, 2017 2:29 pm

Seruuu banget liburannya the Hadis! Pengen ngajak anak anak juga ke Malang deh jadinya :)

Tfs Dieta!

3. avatar
    Nike dwi Virgianty May 2, 2017 4:03 pm

aku waktu ke malang kemarin belum sempet ke eco green park.. masih penasaran jadinya, tapi emang ya berlibur ke batu itu ngga cukup waktu 2 hari.. banyak yg harus di eksplor

4. avatar
    Retno Aini May 2, 2017 2:34 pm

Aaaaa Dieta asik banget pada ke Malang! Ini dream destination gue banget kalau bisa sempat liburan rada lama di Indo (selain ke Bromo juga ;D). jadi referensi deh buat bikin itinerary kalo mau ke Malang. Thanks yaa Diet!

5. avatar
    Cindy Vania May 1, 2017 2:56 am

Wiii seru banget liburannya Mika & Jibril! Penasaran banget nih sama Museum angkut. Semoga bisa ngajak anak-anak main ke sana deh..