Museum Polri

Sudah lama saya ingin mengajak Kimchi ke Museum Polri. Tapi selalu aja ada halangannya. Sempat juga sudah ke sana (2 kali pula), tetapi museumnya tutup! Akhirnya pada suatu siang, berhasil juga berkunjung ke museum ini.

Ketika kami datang, museumnya sangat sepi. Ternyata memang hanya kami berdua pengunjungnya. Padahal museum ini sangat terawat dan gratis. Begitu masuk, kami disambut oleh tank dan helikopter polisi di halaman museum. Kimchi terlihat sangat senang karena memang suka sekali dengan helikopter dan tank.

Masuk ke lobi, kami disambut oleh polwan yang ramah. Untung pengunjung dewasa harus meninggalkan KTP dan semua barang bawaan harus disimpan di loker, termasuk botol minum Kimchi. Lalu masih di lobi juga, ada replika mobil polisi yang boleh dibuka serta dinaiki oleh Kimchi. Wah bayangkan, betapa senangnya Kimchi boleh masuk dan bergaya jadi polisi.

Di ruangan pertama, ada sejarah tentang polisi dari awal terbentuk hingga sekarang. Ada juga bermacam-macam seragam polisi dari awal hingga sekarang. Kemudian kami naik ke atas. Lantai 2 berisi penjelasan tentang unit-unit polisi, mulai dari polisi lalu lintas, polisi unit narkotika sampai densus 88. Sampe sini Kimchi belum terlalu paham. Nah di ruangan sampingnya ada kids corner, Kimchi mulai melirik mainan-mainan yang ada.

Bagian paling serunya memang Kids Corner ini, ada mobil-mobilan polisi dan motor polisi, lalu ada perpustakaan mini dan berbagai macam edutoys seperti puzzle dan lego. Kami cukup lama bermain di sini, sampai jam tutup museum tiba.

Museum Polri sendiri tergolong kecil, tempat parkirnya juga sedikit. Namun museum ini sangat terawat dan gratis. Sedikit tips kalo mau berkunjung ke sini, jam buka museum ini adalah Senin sampai Jumat, pukul 09.00 - 15.00 WIB. Sebaiknya urban mama-papa dan si kecil makan minum terlebih dahulu sebelum berkunjung karena kita tidak boleh membawa apa pun kecuali barang berharga ke dalam museum. Museum Polri terletak persis di samping Mabes Polri Blok M, jadi jangan sampai terlewat. Selamat berkunjung!

Related Tags : ,,

13 Comments

  1. avatar
    Ruthje October 20, 2015 4:32 pm

    Thank you sharingnya Mom...ngga tau kalo ada museum POLRI yg pastinya fun buat anak2. Kayaknya bakal masuk list tempat yg dikunjungi kalo Ezra ke Jakarta nih :))

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Ummu Alfathoni October 8, 2015 2:31 pm

    Terima kasih sharingnya mom...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Natasya Delima Gurning October 7, 2015 9:15 pm

    yes momss.. kekurangan museum ini adalah hanya buka weekdays saja.. sayang sekali. moga2 kedepannya akan buka di hari sabtu juga yah

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel October 7, 2015 5:43 pm

    Seru banget yaa museum polri ini. Keliatan banget kimchi senang main polisi2an di sini. Sayangnya hanya buka di jam kerja yaa.. Kapan2 mau main ke sini ah..enzo dan dante pasti suka!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Retno Aini October 7, 2015 3:46 pm

    Iya, baru tahu juga ada museum polri, bagus & bersih ya. anak2 pasti sukaa, apalagi kalo bisa naik mobil polisi :D TFS yaa..

    1. avatar

      As .