Naik Kereta Prameks

Bulan lalu, saya dan adik mengajak anak-anak berpetualang menggunakan kereta lokal, seperti yang sudah dinantikan oleh anak-anak. Kami memutuskan untuk naik kereta Prambanan Ekspress (Prameks) dengan rute Solo Balapan - Tugu Jogja PP. Sesampainya di stasiun,ternyata kami sudah kehabisan tiket untuk jam keberangkatan 12.10 WIB,akhirnya kami membeli tiket untuk jam berikutnya, pukul 13.00 WIB.

Sambil menunggu kereta, kami membeli camilan, ke toilet, dan berjalan-jalan di stasiun untuk menghitung jumlah kereta dan menyebutkan nama kereta serta tujuannya. Tidak lama kemudian, kereta prameks kami sudah parkir di jalur 4. Kami langsung diizinkan untuk masuk ke dalam kereta. Karena ini stasiun pertama, jadi kami masih bisa bebas memilih tempat duduk tanpa harus berebut dengan penumpang lain.

Anak-anak sangat senang sekali diajak naik kereta ini, mereka menghitung stasiun yang sudah dilewati dan menghafalkan namanya. Begitu kereta melewati stasiun Delanggu, mereka heboh sekali, karena stasiun ini dekat dengan rumah, tetapi sayangnya sudah tidak beroperasi lagi.

Sampai di stasiun Tugu Jogja ternyata sudah terlambat 15 menit, jadi kami tidak bisa langsung kembali dengan kereta yang sama, jadi harus antre dahulu untuk bisa membeli tiket kereta untuk keberangkatan pukul 18.00 WIB.

Karena sudah beberapa kali anak-anak naik kereta, jadi saya punya catatan di smartphone untuk mempersiapkan apa saja yang harus dibawa, seperti:


  • Baju ganti,tissue basah dan kering,kantong plastik+ hand sanitizer.

  • Camilan dan bekal untuk makan anak.

  • Mainan atau busy book supaya anak tidak bosan di perjalanan.

  • Bawa jaket atau baju panjang untuk perjalanan malam hari, karena kereta cukup dingin jika sudah lewat dari pk 18.00 WIB.


Saat ini, kereta lokal sangat nyaman sekali, jadi tidak perlu khawatir untuk mengajak anak-anak naik kereta. Kereta yang sangat bersih dan ada AC nya sudah sangat cukup, ditambah para pedagang tidak diperbolehkan untuk mondar-mandir di dalam kereta seperti dulu. Namun sebaiknya kita tetap harus waspada menjaga anak-anak dan barang bawaan.

Related Tags : ,,,

20 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania October 27, 2015 12:40 am

    Ivania : yuk ajak anak-anak naik kereta :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Iva Nia October 24, 2015 1:53 pm

    Edukasi perkeretaan buat anak. Noted

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania October 24, 2015 11:02 am

    Yana : Iyaa,favoritnya anak2 juga nih :D

    Prajnasarasvati : seru yaa ngajak anak2 naik KA,murmer juga :P

    Ruthje : wah asiknya naik MANJA,anak2 pengen nyobain belum kesampean.

    Aero : mba ero,ayok lah kemarin,keretaan bareng kita..

    Aini : huahaha maafkan aku teh Ai.. yuk mudik yuuk

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Retno Aini October 23, 2015 11:28 pm

    Masuk wishlist, mau ajak Alma naik kereta ini! xD Cindy, kamoh bikin aku makin kangen pengen mudiiiikkk huhu

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Aero Diputra October 20, 2015 7:00 pm

    Ajak akuu jalan2 donk!! Asik bgt deh

    1. avatar

      As .