Nasi Goreng Sehat a la Bertolli Extra Light Olive Oil

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Alun suka sekali dengan nasi goreng. Baik untuk sarapan pagi, bekal sekolah maupun makan malam. Nasi gorengnya pun hanya nasi goreng kampung biasa, buatan ibunya. Bumbunya hanya bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting biar warnanya agak kemerahan, plus kecap dan garam. Tentunya harus ada telurnya. Terkadang saya sampai sering mengingatkan agar ia tidak setiap hari mengonsumsi nasi goreng telur, karena kebanyakan makan telur juga tidak terlalu baik.

Biasanya jika memasak nasi goreng, saya menggunakan minyak goreng biasa yang banyak dijual di supermarket. Sebenarnya di rumah saya juga sering memakai minyak zaitun, tapi hanya sebagai dressing salad, bukan untuk memasak. Kebetulan minggu lalu saya membaca tentang minyak zaitun Bertolli Extra Light di sini  yang bisa dipakai untuk menumis karena titik asapnya tinggi. Satu hal yang membuat saya tertarik, minyak zaitun Bertolli Extra Light ternyata juga cocok untuk memasak makanan Indonesia karena tidak akan memengaruhi rasa, padahal dalam bayangan saya biasanya minyak zaitun hanya cocok untuk dipakai memasak makanan Italia.

Weekend lalu saya mencoba membuatkan Alun nasi goreng dengan minyak zaitun Bertolli Extra Light, lengkap dengan telur mata sapi favoritnya. Agar lebih sehat, nasi gorengnya saya beri campuran sayuran yang kebetulan tersedia di kulkas, yaitu wortel, jagung manis dan kol. Tak lupa juga saya tambahkan bakso sapi. Setelah jadi, nasi goreng dihidangkan dengan telur mata sapi. Terakhir, agar ada unsur kriuk-kriuknya, dan sebagai pengganti kerupuk, saya tambahkan kacang tanah goreng biasa.

Bahan:


  • 1 piring penuh nasi putih

  • 2 siung bawang merah

  • 3 siung bawang putih

  • 1 buah cabe keriting merah

  • 1 genggam jagung manis pipil (saya pipil sendiri)

  • 1 genggam kol yang sudah diiris-iris

  • 1 genggam wortel yang sudah dipotong kotak kecil-kecil

  • 3-4 buah bakso, iris tipis-tipis

  • 2 irisan tomat merah sebagai garnish

  • 1 sendok makan kecap

  • 1-2 sendok makan minyak zaitun Bertolli Extra Light untuk menumis bumbu

  • Garam secukupnya

  • Kaldu bubuk ayam (optional saja)

  • 1 butir telur

  • 1 genggam kacang tanah



Cara membuat:

  1. Bumbu halus:  haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah keriting

  2. Kukus sampai matang jagung manis pipil.

  3. Tumis bumbu halus. Jika sudah tercium harum dan matang, masukkan kol, wortel, bakso dan jagung pipil.

  4. Aduk-aduk. Kemudian masukkan nasi putihnya.

  5. Tambahkan kecap, garam, kaldu bubuk

  6. Aduk-aduk hingga kecap tercampur rata pada nasi. Jika sudah matang, sisihkan

  7. Untuk telur mata sapinya juga digoreng menggunakan minyak zaitun Bertolli Extra Light.

  8. Untuk kacang tanahnya, digoreng biasa saja tanpa tambahan bahan apa pun. Ini juga menggunakan minyak zaitun Bertolli Extra Light




Ternyata rasanya lebih enak, tidak terlalu berlemak di lidah dan rasa asli bahan masakannya juga tidak berubah. Saat Alun makan dan saya tanya bagaimana rasa nasi gorengnya, ia bilang memang enak.

Jadi memang benar minyak zaitun Bertolli Extra Light ternyata tidak memengaruhi rasa nasi goreng kampung favorit keluarga kami. Yuk dicoba, urban mama, kita tetap bisa menikmati makanan yang lezat tetapi juga sehat!

8 Comments

  1. avatar
    Retno Aini January 29, 2016 10:59 pm

    Aaaa nasi goreng kampung, favorit deh apalagi kalau pakai tracy atau terry ;D Tfs yaa Imelda, tnyt numis-goreng ok bgt ya pakai extra light olive oil. Dulu kukira bakal langu, ternyata extra light olive oil samsek nggak mengubah citarasa asli makanannya, malah jadi lebih enak.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Imelda Sutarno January 28, 2016 1:01 pm

    Terima kasih artikelnya sudah dimuat ya mamas mods semua :) Nasi goreng emang selalu jadi favorit kita semua ya. Gak anaknya, gak emaknya #curcol, hehe.
    Sekarang sudah ada minyak zaitun Bertolli Extra Light, bikin nasi goreng jadi lebih enak rasanya :)
    Yuk mama semua, dicoba di rumah yaaaa......

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania January 28, 2016 12:12 pm

    Nasi goreng ini emang makanan favoritnya anak-anak yaa :)
    Menu makan anak-anak siang ini jadinya nasi goreng telor dadar pake olive oil juga nih..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    musdalifa anas January 28, 2016 9:36 am

    wah nasi goreng, favorit di rumah nih, selama ini kalau bikin nasi goreng seringnya pakai margarine, mau coba ah bikin nasi goreng pakai Bertolli extra light ini. TFS mama Imelda resepnya.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel January 28, 2016 8:30 am

    Toss sama Alun! Enzo Dante juga penyuka nasi goreng plus telur ceplok.
    Iya sama Mel, suka pake minyak zaitun juga untuk menumis bumbunya.

    1. avatar

      As .