Nikmatnya Pancake Durian Buatan Sendiri

Nieke

Mumpung di Duri, Riau – kota kecil tempat saya tinggal – sedang musim durian, saya jadi ingin membuat makanan yang berbahan buah yang satu ini. Apalagi saat ini pedagang durian mudah sekali ditemui di sini, hampir setiap meter ada! Membuat saya makin gak sabar ingin mencoba resep baru. Saya langsung hunting aneka resep berbahan durian di internet. Dan dapatlah resep pancake durian yang pembuatannya cukup sederhana. Karena saya sudah punya pengalaman yang kurang menyenangkan dengan kulitnya yang tipis mirip crepes yang mudah retak, patah, dan robek ini, saya sempet berpikir ulang untuk membuatnya. Tapi karena penasaran dan suka sekali sama pancake durian, akhirnya saya coba juga. Resep yang aslinya saya dapat dari Sajian Sedap yang telah dimodifikasi sesuai dengan selera saya dan orang rumah:

Bahan Kulit:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • 15 gram gula tepung
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 kuning telur
  • 400 ml susu cair (saya pakai susu UHT plain)
  • 1 sendok makan margarin, lelehkan
  • Pewarna makanan hijau (bukan pasta pandan) & kuning sesuai selera

Bahan Isi:

  • 100 gram bubuk whipped cream instan, kocok dengan 200 ml air es hingga kaku
  • 1 buah durian lokal ukuran kecil, ambil dagingnya
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula tepung

Cara membuat:

  1. Kulit: aduk rata tepung terigu, tepung sagu, gula tepung, garam. Tambahkan kuning telur, susu cair dan margarin cair. Bagi adonan menjadi 2. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing adonan. Aduk rata.
  2. Tuang satu sendok sayur adonan di loyang datar anti lengket yang sudah dipanaskan di atas api kecil. Lakukan sampai semua adonan habis. Olesi sedikit mentega saat pertama kali mencetak.
  3. Isi: Campur whipped cream + gula tepung + garam, aduk hingga rata.
  4. Ambil selembar kulit dadar. Letakkan campuran whipped cream di tengah adonan kulit dadar, lalu daging durian di atasnya. Lipat kanan dan kirinya dan bentuk persegi menyerupai amplop. Tarik ujung sisi-sisi kulit dengan hati-hati saat melipatnya hingga adonan isi padat dan rapi di tengah lipatan. Sajikan dingin.

Rasanya mirip dengan pancake durian yang pernah saya beli di toko oleh-oleh dengan harga yang cukup mahal. Apalagi durian yang saya beli ini rasa manisnya pas dan dagingnya tebal, membuat rasanya makin enak. Tapi membuat kulitnya ini memang tricky, Ma. Dari 20-an lembar kulit yang saya bikin, mungkin hanya setengahnya yang hasilnya bagus setelah dilipat. Tantangan si kulit ini ada 2 tahap: saat mencetak lalu mengangkatnya dari loyang, dan saat melipatnya bersama isi. Pada kedua tahap ini kulit pancake bisa mudah robek. Jadi harus hati-hati sekali mengerjakannya. Kulit durian ini memang nyaris tidak ada rasa, rasa duriannya yang dominan dan ada sedikit rasa gurih manis pada cream nya. Namun jika Mama ingin kulit yang lebih gurih, Mama bisa mengganti susu cair dengan santan yang dilarutkan dengan air. Tapi perlu dipertimbangkan juga kolesterolnya ya. Mama juga bisa skip pewarna makanannya jika tidak mau memakainya dan hasil pancake durian Mama akan bewarna kuning pastel.

Selamat mencoba, urban mama!

15 Comments

  1. alfi
    Ning Alfiyah November 23, 2013 at 6:42 am

    Wah, enak banget tuh. Tantangan buat saya yang belum pernah bikin sama sekali. Kira-kira duriannya bisa diganti bahan lain tidak ma? Karena saya tidak suka durian hiks.

  2. Nieke
    Nieke November 23, 2013 at 10:00 am

    @Ning Alfiyah: aku belum pernah nyoba, Ma. Tapi kayanya asik juga kalau diganti dengan buah-buahan lain seperti mangga atau pisang ambon. Atau bisa juga diisi dengan krim yang sudah dicampur dengan coklat leleh :)

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw November 23, 2013 at 3:02 pm

    ya ampyuuunnn Niekeee…ini sungguh membuat gw ngiler abis deh.. Tapi nyari duren sekarang lagi agak susah deh di daerah gw hikkksss..

  4. Nieke
    Nieke November 23, 2013 at 11:36 pm

    @Zata Ligouw Hihii.. di sini lapak tukang duren malah sedang manjamur mbak :D

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel November 24, 2013 at 2:04 pm

    ngiler bangeet! sukaaa banget sama durian. mana pancakenya cantik banget pulaaa… ♥

  6. nuryetty_zain
    nuryetty_zain November 24, 2013 at 3:48 pm

    sepertinya pake ketan juga di dalamnya yah?
    aduuuuuh….jadi tambah ngiler aja deh…..

  7. nuryetty_zain
    nuryetty_zain November 24, 2013 at 3:49 pm

    sepertinya pake ketan juga di dalamnya yah?
    aduuuuuh….jadi tambah ingin cepat buat aja deh…..

  8. PutriBundaAel
    PutriBundaAel November 25, 2013 at 10:01 am

    wah maaaammm..enak banget keliatannya,,wajib dicoba nih buat penggemar durian :D

  9. cindy
    cindy vania November 25, 2013 at 10:38 am

    mbak Niekee,aku mau dikirimin ajaaa :D

  10. Nieke
    Nieke November 25, 2013 at 3:40 pm

    @Eka Wulandari Gobel: hihii.. makasih mba :)
    @nuryetty_zain: itu whipped creamnya, mba :D
    @Cindy Vania: hahahaa.. ke sini aja mba ntar aku bikinin.. ;))

  11. Nieke
    Nieke November 25, 2013 at 3:41 pm

    @PutriBundaAel iya mba, selamat mencoba ya.. ;)

  12. blankdakruz
    blankdakruz December 10, 2013 at 4:51 pm

    looks so yummy! mba, nanya dong, itu pewarna hijaunya bukan pasta pandan berarti yang apa ya? pengen nyobain bikin :). Salam kenal

  13. dhay
    Dian Kusumawardhani January 24, 2014 at 2:51 pm

    makasih resepnya, mbak nieke. menarik banget tampilan pancake-nya, apalagi fotonya dikasih watermark, jadi jelas sumbernya. keren mbak! :)

  14. mama Pie
    mama Pie April 13, 2014 at 11:54 am

    asyiiiiiik…dapet juga resepnya dari mbak Nieke. Thanks ya..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.