Nikmatnya Pancake Durian Buatan Sendiri

Mumpung di Duri, Riau - kota kecil tempat saya tinggal - sedang musim durian, saya jadi ingin membuat makanan yang berbahan buah yang satu ini. Apalagi saat ini pedagang durian mudah sekali ditemui di sini, hampir setiap meter ada! Membuat saya makin gak sabar ingin mencoba resep baru. Saya langsung hunting aneka resep berbahan durian di internet. Dan dapatlah resep pancake durian yang pembuatannya cukup sederhana. Karena saya sudah punya pengalaman yang kurang menyenangkan dengan kulitnya yang tipis mirip crepes yang mudah retak, patah, dan robek ini, saya sempet berpikir ulang untuk membuatnya. Tapi karena penasaran dan suka sekali sama pancake durian, akhirnya saya coba juga. Resep yang aslinya saya dapat dari Sajian Sedap yang telah dimodifikasi sesuai dengan selera saya dan orang rumah:



Bahan Kulit:


  • 150 gram tepung terigu protein sedang

  • 1 sendok makan tepung sagu

  • 15 gram gula tepung

  • 1/2 sendok teh garam

  • 1 kuning telur

  • 400 ml susu cair (saya pakai susu UHT plain)

  • 1 sendok makan margarin, lelehkan

  • Pewarna makanan hijau (bukan pasta pandan) & kuning sesuai selera


Bahan Isi:


  • 100 gram bubuk whipped cream instan, kocok dengan 200 ml air es hingga kaku

  • 1 buah durian lokal ukuran kecil, ambil dagingnya

  • 1/4 sendok teh garam

  • 2 sendok makan gula tepung


Cara membuat:


  1. Kulit: aduk rata tepung terigu, tepung sagu, gula tepung, garam. Tambahkan kuning telur, susu cair dan margarin cair. Bagi adonan menjadi 2. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing adonan. Aduk rata.

  2. Tuang satu sendok sayur adonan di loyang datar anti lengket yang sudah dipanaskan di atas api kecil. Lakukan sampai semua adonan habis. Olesi sedikit mentega saat pertama kali mencetak.

  3. Isi: Campur whipped cream + gula tepung + garam, aduk hingga rata.

  4. Ambil selembar kulit dadar. Letakkan campuran whipped cream di tengah adonan kulit dadar, lalu daging durian di atasnya. Lipat kanan dan kirinya dan bentuk persegi menyerupai amplop. Tarik ujung sisi-sisi kulit dengan hati-hati saat melipatnya hingga adonan isi padat dan rapi di tengah lipatan. Sajikan dingin.



Rasanya mirip dengan pancake durian yang pernah saya beli di toko oleh-oleh dengan harga yang cukup mahal. Apalagi durian yang saya beli ini rasa manisnya pas dan dagingnya tebal, membuat rasanya makin enak. Tapi membuat kulitnya ini memang tricky, Ma. Dari 20-an lembar kulit yang saya bikin, mungkin hanya setengahnya yang hasilnya bagus setelah dilipat. Tantangan si kulit ini ada 2 tahap: saat mencetak lalu mengangkatnya dari loyang, dan saat melipatnya bersama isi. Pada kedua tahap ini kulit pancake bisa mudah robek. Jadi harus hati-hati sekali mengerjakannya. Kulit durian ini memang nyaris tidak ada rasa, rasa duriannya yang dominan dan ada sedikit rasa gurih manis pada cream nya. Namun jika Mama ingin kulit yang lebih gurih, Mama bisa mengganti susu cair dengan santan yang dilarutkan dengan air. Tapi perlu dipertimbangkan juga kolesterolnya ya. Mama juga bisa skip pewarna makanannya jika tidak mau memakainya dan hasil pancake durian Mama akan bewarna kuning pastel.


Selamat mencoba, urban mama!

Related Tags : ,

15 Comments

  1. avatar
    mama Pie April 13, 2014 11:54 am

    asyiiiiiik...dapet juga resepnya dari mbak Nieke. Thanks ya..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dian Kusumawardhani January 24, 2014 2:51 pm

    makasih resepnya, mbak nieke. menarik banget tampilan pancake-nya, apalagi fotonya dikasih watermark, jadi jelas sumbernya. keren mbak! :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    blankdakruz December 10, 2013 4:51 pm

    looks so yummy! mba, nanya dong, itu pewarna hijaunya bukan pasta pandan berarti yang apa ya? pengen nyobain bikin :). Salam kenal

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Nieke November 25, 2013 3:41 pm

    @PutriBundaAel iya mba, selamat mencoba ya.. ;)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Nieke November 25, 2013 3:40 pm

    @Eka Wulandari Gobel: hihii.. makasih mba :)
    @nuryetty_zain: itu whipped creamnya, mba :D
    @Cindy Vania: hahahaa.. ke sini aja mba ntar aku bikinin.. ;))

    1. avatar

      As .