No More KW Bags!

fitri QM
Fitriavi Noeriman ST, AEPP, CFP Lulusan jurusan Teknik Pertambangan ITB. Perencana Keuangan Independen.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Are you crazy about branded bags?
Can you afford to buy that expensive bags?

Sebagian besar perempuan jaman sekarang yang tinggal di kota besar, banyak yang tergila-gila dengan tas bermerk. Demi apa sih punya tas bermerk? Demi gengsi? Demi keliatan kaya? Emang penampilan luar itu sekarang benar-benar jadi barometer penting ya. Bahkan saya dengar ada satu kelompok yang memang mewajibkan orang-orang yang berada di kelompok tersebut, ya harus nenteng tas bermerk. Kalau tidak, mungkin bisa dipecat kali ya dari kelompoknya. Parah!

Dulu saya bingung, ngapain sih perempuan rela mengeluarkan uang banyak untuk sebuah tas bermerk? A bag is just a bag! Saya sendiri, dulu tidak segitunya sama tas bermerek. Yang penting modelnya bagus, ya udah pake aja. Ga segitu pentingnya merk. Lagian sepertinya kalau saya punya uang nganggur sampai puluhan atau ratusan juta, lebih baik untuk investasi saja. Jelas bisa berkembang. Tas kan tidak. Dulu saya suka bete ama orang yang rela mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk sebuah tas. Tapi ternyata lama-kelamaan saya bisa memaklumi dan mengerti kenapa banyak perempuan rela beli tas bermerk dan mahal. Mungkin tuntutan pekerjaan atau pengaruh lingkungan. Saya sendiri pun akhirnya sekarang mulai suka dengan branded bag. Berawal dari hadiah dari ibu bos, terus nitip pada teman
yang pergi ke US, punya deh branded bags. Ehm .. ternyata memang lebih enak nentengnya! :) Makanya ga boleh judge orang, ternyata saya termakan dengan omongan sendiri.

Saya juga punya banyak klien yang crazy about bags. Tipe nya macam-macam. Ada yang sibuk koleksi tas KW, tapi KW super bagus yang harganya bisa separuh harga aslinya.
Ada juga yang benar-benar suka sekali dengan branded bags. Bagi saya, setiap orang, khususnya perempuan memang punya kesukaan masing-masing. Daripada ditahan, tidak boleh belanja, perempuan bisa stres. Jadi lebih baik disalurkan. Nah, akhirnya saya sering ngobrol dengan beberapa klien yang punya tas KW. Saya tanya, sebenernya ingin
ga sih punya tas asli. Jawabnya semua sama: pengen banget!!!

Nah, kalau buat saya, tidak ada yang tidak boleh atau tidak mungkin. Semua mimpi pasti bisa tercapai selama ada niat dan semangat. Tujuan finansial tidak selalu harus yang serius seperti dana pensiun, dana pendidikan. Boleh kok, tujuan finansialnya adalah BRANDED BAGS. Kalau misalnya mau beli tas seharga 12juta, bisa kok disisihkan uangnya setiap bulan, 1 jt. Disimpan dalam tabungan khusus, spesial hanya untuk tas bermerk idaman. Atau seringkali saya ambil bujetnya dari bonus tahunan, setiap orang boleh menikmati hidupnya masing-masing. Nah, untuk kaum perempuan, punya branded bags seringkali bisa disamakan dengan kenikmatan hidup. Akhirnya dimulai lah perjalanan saya untuk bantu klien demi bisa membeli tas bermerk, no more KW bags!

Klien happy, saya juga ikutan happy.

16 Comments

  1. sLesTa
    shinta lestari July 17, 2012 at 9:57 am

    #jleb banget nih artikelnya, fit!

    personally, gue ga mau beli tas dengan harga puluhan jut jut kalo gue ga deserve untuk beli tas itu. misalnya mungkin gue punya duitnya untuk beli, tapi duitnya bisa gue pake untuk investasi sekolah anak, daripada gue pake semua, mendingan gue beli yang lebih murah (different brand or different model), jadi urusan investasi tetap jalan. atau gue nabung seperti yang lo bilang.. tiap bulan disisihkan sediiikiiitt aja, sampe jumlahnya cukup untuk beli tas idaman. kadang, gara2 lamaaa nunggu jumlahnya cukup, akhirnya jadi ga kepengen itu tas lagi, dan nunggu tabungan sampe cukup itu, juga jadi melatih gue untuk kontrol rasa kepengen gue itu. ujung2nya ga jadi beli apa2.. ato malah beli dengan harga yang lebih murah karena emang lebih perlu.

    all i’m saying, tiap orang punya kemampuan finansial yang berbeda2, just make sure for something like this, which is a luxury spending, you do have the money and you deserve to spend it without sacrificing your basic needs.

  2. otty
    Pangastuti Sri Handayani July 17, 2012 at 12:31 pm

    Gue sampe sekarang masih blom tega beli tas yang rada mahal, jadi ya tas gue masih segitu2 aja harga dan jumlahnya. Malah gue ga suka LV. Eh ini ga suka ato belum suka? ;) Emang selera orang beda2 sih ya… Ada sih tas idaman, tapi tetep blom rela belinya karena rasanya uang segitu masih bisa gue beliin barang lain.

    Tapi gue juga ga mau nge-judge ah, ntar kualat hahaha… Jadi selama orang memang mampu untuk beli tas idamannya, ya monggo :)

  3. bundarevi
    bundarevi July 17, 2012 at 1:34 pm

    Sama. Gak tega beli barang mahal cuma buat diri sendiri. Apalagi kayaknya banyak kebutuhan yang lebih penting :)

  4. rika79
    Frederika July 17, 2012 at 2:04 pm

    saya juga belom tega beli tas ampe puluhan juta dan masih gengsi buat beli kw. :D

  5. Honey Josep
    Honey Josep July 17, 2012 at 2:58 pm

    setuju, no kw bags.

    Kalo ketemu orang yang ngerti tas bermerek malah malu nantinya :D

    Dan sekarang gue pun belum mampu untuk beli branded bags, ga tega aja rasanya keluar harga puluhan juta cuma buat tas!

    Mending buat DP rumah atau beli saham :D

  6. tatabayu
    Pritta Edison July 17, 2012 at 3:39 pm

    kalo saya juga suka branded bags, tp berhubung kemampuan finansial msh terbatas, jd belinya ga nyampe yg puluhan juta itu… tp emang harus diakui deh seperti kata fitri, emang enak nentengnya.. :) untuk saya, kalau mau beli tas, yang pasti ngga dari uang gaji, jadi misalnya di kantor ada bonus tahunan, atau bonus2 lainnya baru deh dibeliin tas.. tp ga slalu setiap kali dpt bonus dibeliin branded bags,, :)

  7. dhira rahman
    dhira rahman July 18, 2012 at 7:55 am

    Saya juga nggak pernah beli branded bag :)
    Saya punya karena dikasih!!
    Sempat punya tabungan untuk beli LV neverfull, dan waktu uangnya ngumpul… Saya nggak tega belinya karena perasaan uang ini jadi banyak banget, klo dibeliin LM nambah dikit bisa dapet 25gr, jadi… Yah batal lagi deh hehehe…

  8. ninit
    ninit yunita July 18, 2012 at 10:46 am

    fitri,
    hahaha dasar! emang beda ya cyiiin kalo nenteng branded bag.

    bener banget, kalo emang mampu beli dan yg basic udah ok… kenapa ngga. dan setuju no more kw bags, pake aja tas buatan lokal yg ga kalah keren. yang penting ga kw ;)

  9. dadidedo
    Anggraini Karimuddin July 19, 2012 at 11:02 am

    Hahaha, this is also what I do! Gak doyan tas-tas KW (sorry, but I don’t do fake) :P Dan gak suka beli tas-tas nanggung yang kurang awet.
    Dulu hobinya gampang beli tas harga nanggung. Ada sale tergoda beli. Ta ta tapi at the end of the year mulai ngeh kalau tas tas nanggung itu kualitasnya kurang ok. Jadi di masing-masing tas pasti ada cacatnya -.-” (emang aku rada abusive bawa tas nya). Atau gak, ada yang gak sempet kepake, kelamaan nyimpen, krn gak ok ya udah brudul.
    Begitu dihitung-hitung total harga tas yg dibeli setahun itu, seandainya aku mau tabung bisa dapetin 1 branded bags yang bagus dan awet.
    Semenjak itu aku langsung buka tabungan tas dan jatah beli tas setahun itu cukup 1-2 tas saja.
    Walau koleksi tas nya ya itu-itu aja tapi aku happy. Awet, gak makan tempat dan terpakai semua bergantian.

  10. annisamaulina
    Annisa Maulina July 19, 2012 at 7:06 pm

    Ahahaha setuju banget kalo pake branded bag jadi berasa enteng. Aku personally jg anti barang KW, kalo emg gak mampu, ya beli tas asli dengan budget semampunya :D malu soalnya kalo ketauan ma yg ngerti fashion hehe. Aku suka banget jg branded bags, tp karena financial jg belom mampu, ya gak beli yg puluhan juta jg, itupun kalo beli jg nitip ma temen yg keluar negeri biar lebih murah.

  11. Niniek Rofiani
    niniek rofiani July 20, 2012 at 9:07 am

    tahu soal branded bag sich sdh lama. tapi baru keracunan niat beli setelah nimbrung di forum TUM he he. dari dulu nggak pernah beli tas KW. beli semampunya kondisi dompet aja :) nah pas sdh kerja baru dan gabung sama TUM itu jadi pengeeeennnn tak terbendung. daripada jadi jerawat akhirnya beli LOngchamp via OLS. itupun yang basic modelnya. sama kayak Anggi, beli tas plaing setahun 1 aja, tappi langsung yang kualitasnya bagus. kalo asal beli emang bener nggak sebanding lah sama kualitas.

    kalo branded bags jaminan awet deh…krn aku ada tas yang usianya sudah almost 4 tahun masih okeh banget…

  12. July 20, 2012 at 5:43 pm

    wah, pas banget nih artikelnya. bbrp hari sebelum artikel ini keluar, gue baruuuuu aja beli branded bag perdanakuuuu! sukanya udah dari 2 tahun yang lalu, tapi kok ga masuk budget… tadinya pikir kalo dicuekin lama2 ilang sendiri maunya… eh, tapi ternyata engga.

    jadilah awal taun ini mulai nabung… trus bbrp hari yang lalu beli deh! kemaren nyampe dan rasanya senaaaaang sekali! akhirnya impian 2 tahun tercapai… hahaha.

  13. nidafauzi
    nida fauzia July 22, 2012 at 6:22 pm

    TFS mbak :) selama ini juga aku nggak pernah beli tas KW atau baju KW karena malu kalo ketemu orang yang tau kalo apa yg aku pake itu barang KW hihi..

    Baru-baru ini aja kepikiran mau nabung tas HushPuppies, walopun nggak mahal amat tp kalo beli cash juga sayang uangnya, mending buat imunisasi aliyya deh. Akhirnya rela nabung buat beli tas branded idaman.

    Ada harga ada kualitas. Right?

  14. osi
    rosiana damaiyanti July 23, 2012 at 2:13 pm

    Artikel ini sungguh laki gw banget hahaha. Kata dia bukan masalah malu kalo ketauan pake barang KW, tapii lebih kepada pake barang KW menurut dia “merugikan pihak2 tertentyu” misal si produsen branded bag nya yg barangnya ditiru.
    Ini kata-kata yang sering dia bilang ke gw kalo gw tiba2 pengen beli tas KW ” kalo kamu aja gak mau dirugiin sama orang lain,jangan ngerugiin orang lain” dan kata-katanya yang terampuuh adalah “kalo kamu mau beli itu tas,mending kita gak usah ngomong sebulan” ngggeeeek.

  15. mamaabrar
    mamaabrar July 30, 2012 at 7:40 am

    dulu kepikiran mo nabung demi branded bag yg harganya jutaan itu tapi sejak kenal sama produksi tas dalam negri yg handmade dan rapi jali gw ga lagi2 ngelirik brand2 impor itu. meskipun tas handmade-nya pake katun impor tp gw suka krn bikinan aseli endonesah ^^

  16. Ellisa Martha
    Ellisa Martha August 29, 2012 at 10:39 am

    Toss MamaAbrar :) aku juga milih brand dalam negeri. apalagi yang unik unik bentuknya. Jadi tetep asli, tapi harganya make sense. Kualitas oke juga kok ;)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.