Nyamannya Bersalin di RS Royal Taruma

Febi Purnamasari A new mother of two who loves sharing whatever she has learned from seminars and books especially related to parenting issues. She’s now developing her career path as journalist for a national television. Belly-dancing is her hidden obsession.

Persalinan saya yang kedua Desember tahun lalu rasanya seperti deja vu karena melahirkan dengan suasana yang sama persis sebelumnya. Untuk diketahui, persalinan pertama saya berlangsung 2015 silam.

Kala itu sebagai calon ibu baru, saya sempat khawatir rumah sakit pilihan tidak dapat memenuhi segelintir harapan saat bersalin. Rawat gabung, pelaksanaan inisiasi menyusui dini, dan pemberian ASI eksklusif di antara harapan-harapan tersebut. Namun, Alhamdulillah, semuanya berjalan sesuai rencana ketika bersalin di Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta Barat.



Masih segar dalam ingatan kesan baik bersalin di RS Royal Taruma. Meski usia RS ini tergolong muda karena baru berdiri tahun 2007, fasilitas yang diberikan begitu memuaskan. Bersih, nyaman, dan privat dengan pelayanan tenaga medis yang cekatan serta ramah. Privat karena dua kali bersalin di sini, jumlah pasien yang ditangani cukup wajar. Bahkan, saya sempat  menikmati kamar rawat inap kelas I seorang diri.

Meski bukan rumah sakit ibu dan anak, RS Royal Taruma mendukung persalinan normal dam pro-ASI. Dua kali bersalin di sini, saya menjalani IMD dan rawat gabung. Bahkan di malam pertama bersama si sulung, saya 'sukses' begadang sambil belajar menyusui. Ini berarti saya bisa leluasa merawat sang bayi pascabersalin. Namun jika Urban Mama kesulitan, suster yang berjaga akan siap dan sigap membantu kapan saja.

Dokter-dokter kandungan yang menangani dua kali persalinan saya juga sangat mendukung kelahiran spontan. Begitupun para dokter anak RS ini yang mendorong pemberian ASI eksklusif.

Selain itu, edukasi menyusui menjadi bagian dari hak pasien bersalin. Teknik-teknik pijatan payudara untuk memperlancar ASI yang saya ingat sampai sekarang justru diperoleh dari kelas laktasi RS Royal Taruma. Kelas tersebut berlangsung sehari setelah persalinan sehingga ibu dapat segera belajar menyusui.

Sejauh pandangan saya, suster dan bidannya masih muda dan komunikatif. Mereka selalu mengomunikasikan tiap tindakan medis terhadap ibu dan bayi. Bahkan, pasien selalu menerima pemberitahuan secara langsung tiap ada pergantian tim yang bertugas.

Untuk urusan menu makanan selama rawat inap, saya cukup puas. Tak hanya bergizi seimbang, menu sarapan hingga makan malam tersaji variatif dengan cita rasa yang baik. Pasien dapat bebas memilih variasi menu makanan yang tersedia setiap hari.


Pelayanan perinatal dan NICU di RS Royal Taruma (kredit foto: rsroyaltaruma.com)

Bagi Urban Mama yang ingin bersalin di RS Royal Taruma, berikut kisaran biayanya.

Persalinan Normal
Kelas II: Rp 8 juta
Kelas I: Rp 10 juta
VIP: Rp 15 juta
Super VIP: Rp 17 juta

Persalinan Cesarean Section
Kelas II: Rp 16 juta
Kelas I: Rp 20 juta
VIP: Rp 27 juta
Super VIP: Rp 30 juta

Catatan:
Biaya sudah termasuk pelayanan rawat inap selama 3 hari
Harga belum termasuk biaya administrasi, obat-obatan, dan tindakan medis tambahan

RS Royal Taruma juga rutin mengadakan senam hamil dan kelas-kelas seputar kehamilan dan persalinan. Kelas senam hamil dipandu oleh bidan, sementara dokter kandungan memberikan kelas prenatal. Di sesi-sesi inilah para peserta bebas berkonsultasi dan berkesempatan memeriksa detak jantung janin di akhir acara. Bagi pasien RS, cukup merogoh kocek Rp10.000,- untuk mengikuti kelas senam hamil, sementara pasien luar RS harus membayar Rp20.000,-.

Lokasi RS Royal Taruma sangat strategis. Selain berada di jalan utama, akses terhadap transportasi umum juga mudah. Halte Trans-Jakarta terdekat (Halte Grogol 2) hanya berjarak 170 meter dari RS atau kurang lebih 3 menit berjalan kaki. Ini tentunya memudahkan sanak saudara yang ingin menjenguk Mama pascamelahirkan.

16 Comments

  1. avatar
    yunda fitriana September 22, 2017 2:34 pm

    halooo mba febi.. membantu sekaliiii review-nya, apalagi untuk ibu baru seperti saya..

    kebetulan saya juga baru mau pindah ke RS royal taruma, tp masih cari2 referensi dari artikel2 yg pernah lahiran disana.

    boleh info ga mba dulu sama dokter siapa ya? dan review dokternya gimana? terus mba febi pake kelas berapa ya?

    makasiiiihh sebelumnyaa..

    1. avatar
      Febi September 25, 2017 5:16 pm

      Halo, maaf baru balas, mba.

      Anak pertama, dengan dr. Sudirmanto.

      Karena pas lahiran anak kedua dr. Sudirmanto sedang di luar kota, lahiran anak kedua ditangani dr. Handi Suryana.

      dr. Sudirmanto orangnya vokal, komunikatif, dan menenangkan. Beliau sangat informatif, bahkan ketika kita tidak bertanya.

      dr. Handi juga helpful saat persalinan dan dia yang ngomporin saya saat mengejan hehehe. Beliau juga komunikatif, santai, dan terbuka dengan pertanyaan2 awam.

      Dua2-nya asik kok, mba :)

      Saya waktu lahiran pertama dan kedua di kelas I mba

      HTH :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Elly Kurniawan March 30, 2017 11:13 am

    wah senengnya sudah dapat sepasang yah bunda
    kelihatannya juga melahirkannya menyenangkan hehehe
    salam kenal

    1. avatar
      Febi September 25, 2017 5:13 pm

      Iya, mba, terima kasih. It was :)
      Salam kenal juga

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel January 31, 2017 10:44 pm

    Lengkap banget infonya feb! Ikut senang proses melahirkannya dimudahkan dan lancar jaya:)

    1. avatar
      Febi February 9, 2017 3:11 am

      Terima kasih, mba Eka :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita January 30, 2017 5:14 pm

    wah info penting banget nih feb buat mama-mama yang akan melahirkan. seneng yaaa liatnya, tempat bersalinnya bagus! dan febi pun hepi melahirkan di sana.

    1. avatar
      Febi January 31, 2017 12:14 pm

      Iyah I was so happy! makanya bersalin dua kali di sana hehehe. Semoga infonya berguna :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Nike dwi Virgianty January 30, 2017 1:33 pm

    pokoknya klo RS yg pro asi, insya Allah akan membuat kita sukses menyusui.. penting banget pilih RS yg kaya gini karena bikin ibu dan bayi nya bisa nyaman

    1. avatar
      Febi January 31, 2017 12:13 pm

      Iya, salah satu indikator sukses menyusui juga ya mba Nike. Semoga lebih banyak lagi RS yang pro-ASI di sekitar kita yah

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.