Oatmeal Banana Almond Cookies

sefa

Kukis yang satu ini bukan hanya enak tapi juga sehat dan cocok banget untuk camilan sekeluarga. Suami yang gak suka kue kering aja ternyata suka dan selalu minta saya untuk membuatnya. Hmmm, jadi gak sabar pengen Kareem satu tahun biar saya bisa buatin oatmeal banana almond cookies ini buat dia.

Penasaran sama rasanya? Yuk ikutan buat!

Oatmeal Banana Almond Cookies

Recipe from Martha Stewart’s Cookies, The Very Best Treats to Bake and to Share through Vania, Dita and Elsye and modified by me

Ingredients:

  • 1 cup all- purpose flour.
  • 1/2 cup whole wheat flour.
  • 1 tsp coarse salt.
  • 1/2 tsp baking soda.
  • 3/4 cup (1 1/2 sticks) unsalted butter, room temperature.
  • 1/2 cup granulated sugar.
  • 1/2 cup packed light brown sugar.
  • 1 large egg.
  • 1 1/2 tsp pure vanilla extract.
  • 1/2 cup mashed ripe banana (about 1 large).
  • 1 cup old-fashioned rolled oats.
  • 8 ounces semisweet chocolate flakes (original recipe use: 8 ounces semisweet chocolate, coarsely chopped into 1/2 inch chunks (~224 gr)).
  • 1/2 cup coarsely chopped almond (original recipe use: 1/2 cup coarsely chopped wanuts (about 2 ounces)).

oatmeal banana cookies by sefa

Method:

  1. Preheat oven to 375 F. Whisk together both flours, salt and baking soda in a bowl.
  2. Put butter and both sugars into the bowl of an electric mixer fitted with the paddle attachment; mix on medium speed until pale and fluffy. Reduce speed to low. Add egg and vanilla; mix until combined. Mix in banana. Add flour mixture just combined. Stir in oats, chocolate flakes, and almond.
  3. Using a 1 1/2 inch ice cream scoop, drop dough onto baking sheets lined with parchment paper, spacing about 2 inches apart. Bake cookies, rotating sheets halfway through, until golden brown and just set, 12-13 minutes. Let cool on sheets on wire racks 5 minutes. Transfer cookies to wire racks; let cool completely. Cookies can be stored in airtight containers at room temperature up to 2 days.

 

Makes about 3 dozen.

 

21 Comments

  1. March 19, 2011 at 12:18 am

    yummy! pengen nyoba ah…

    btw, sef, gue naksir berat ama botol susu yang ada di foto pertama, hihihi.

    1. piw
      yanti widyariny March 19, 2011 at 6:44 am

      thal, that bottle caught my eyes at the very first sight too…hihihi…

      sefa, tampak enak…akan dicoba…suatu saat… :D

    2. sefa
      Sefa Firdaus March 24, 2011 at 9:02 am

      thal, itu botol dikirimin temen gue yg di perancis, di jerman gue nyari gak ketemu :D

      yanti, yuk yuk dicoba… it’s a keeper in my family loh ;)

  2. ninit
    ninit yunita March 19, 2011 at 5:36 am

    nyam nyam… enak nih faaa… ngileeer! fotonya bener2 membangkitkan selera! keren!

    1. sefa
      Sefa Firdaus March 24, 2011 at 9:38 am

      enak banget nit, kareem aja doyan loh :)
      yuk bikin yuk..

  3. nyanya
    almaviva landjanun March 19, 2011 at 7:22 am

    Aduuuh keren bgt fotonya. Btw gue suka almond. Kpn2 coba ah.

    Thalia-di rumah lo ada kan ya,Thal botol susu kaya gitu? Yg gue ga bisa2 bukanya itu looh :D

    1. March 19, 2011 at 4:31 pm

      iya, mirip sih, tapi lain, nya… yang ini bentuknya kerucut gitu, lucuk! yang gue punya sih kayak botol biasa…

  4. Medy
    medy March 19, 2011 at 7:34 am

    Aw..tampak enak sekali:)….yummy…

  5. ibu_kei
    erma anindyari March 19, 2011 at 7:44 am

    Kalo aku cukup ngebayangin rasa cookiesnya lwt foto kerennya uni Sefa aja (secara gak bisa bakiing :p) ngileerrr

  6. mommymaliq
    mommymaliq March 19, 2011 at 7:47 am

    cool pic and the cookies looks yummy…langsung buka lemari liat stok bahan2 hehehehe

  7. eka
    Eka Wulandari Gobel March 19, 2011 at 4:31 pm

    Yummie! Pertama liat photonya udah tau ini pasti photonya uni sefa :) keren!

  8. otty
    Pangastuti Sri Handayani March 21, 2011 at 8:38 am

    Harus gue coba nih, kayaknya enak banget ya :) Tapi ntar mo gue ganti pake choco chip sama slivered almond deh, ga ada chopped almond soalnya.

    BTW pertanyaan dodol:

    Disendokin pake scoop es krim berarti sebelum dipanggang digepengin dulu ato masih mumbul bulet2? Ini serius nanya, soalnya ada juga resep yang dipanggang masih mumbul bulet2.

    1. sLesTa
      shinta lestari March 21, 2011 at 12:43 pm

      ty, bikin cookies itu adonannya ada 2 macem. yang dough nya keras atau gak yang rada melt. nah resep ini rada melt bukan yang padet gitu. jadi gue sih pake ice scream scoop aja, dan gue biarin gitu, pas dipanggang langsung berbentuk bunder2 cantik.

      nah kalo yang rada padet dough nya, itu mesti digepengin dikit.

      1. otty
        Pangastuti Sri Handayani March 21, 2011 at 3:31 pm

        Ah gitu, thanks penjelasannya ya.

  9. Anggie
    Anggie March 21, 2011 at 11:27 am

    Laperrrr.. pagi2 di kantor liat makanan… Cobain ahh..

  10. sLesTa
    shinta lestari March 21, 2011 at 12:41 pm

    pagi2 sabtu kemaren pas buka TUM liat resep ini, langsung deh dijadiin project #bakingsession hehe.. mumpung bahan2 lengkap dan kebetulan ada sisa 1 pisang yang udah mateng banget. yay!! it’s soo yummyyy deh..

    gue juga ngikut kayak thalia & nyanya yang langsung naksir botol susu. gue jugaaaa!! pengeeennn…. hehehe..

  11. mama daffa
    Etha Candra Kartika March 21, 2011 at 10:58 pm

    sepertinya sangat enak, layak dicoba.Semoga nanti Daffa suka

  12. bunka
    Piska Aprilia March 23, 2011 at 11:48 am

    love at the first sight with the milk bottle..very unique :)
    minggu ini coba buat agh, aku juga udah beberapa kali coba-coba resep dr Martha Stewart’s emang enak-enak cookiesnya..thanks for share

  13. amie kumala
    Hutami Kumala March 24, 2011 at 3:19 pm

    Jadi pengen nyoba…abis keliatannya enak banget dan gak sulit untuk bikinnya :)

  14. thearizkia
    thea rizkia April 27, 2011 at 11:22 am

    wow…looks delicious and yummy. mau nyobain ah tap ga pake gula dulu biar manis alami dari pisang

    1. Finny
      Finny May 16, 2011 at 3:35 pm

      Mba Sefa aku uda coba resep nya. Tapi kok dalam nya ga garing ya? Apa yang salah ya, apa aku kebnyakan kasih pisangnya? Trus aku ga pake tepung gandum karena ga nemu, jd diganti pakai quaker yang dihaluskan. Apa itu pengaruh?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.