Otak-Otak Goreng untuk Camilan Anak

Selain suka mencoba berbagai macam jajanan, saya juga suka sekali berkreasi di dapur. Memiliki anak laki-laki yang aktif dan suka mengemil, saya pun sering kali membuatkan camilan untuk Lio. Kali ini, saya mencoba resep otak-otak dari @xanderskitchen. Rasanya sangat lezat, tak kalah dengan yang dijual di pertokoan. Beruntung, saya sudah membeli ikan tenggiri yang sudah digiling di teman saya, sehingga proses pembuatannya jadi lebih mudah. 

Bahan-bahan:

  • 600 g ikan tenggiri yang sudah dihaluskan 
  • 3 butir telur
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 12 butir bawang merah, dihaluskan
  • 3 batang daung bawang, iris halus
  • 240 g sagu tani (bisa ditambah sampai bisa dipulung)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan, aduk rata.


  • Ambil sedikit adonan, letakkan di telapak tangan, gulung sampai ujungnya meruncing.
  • Rebus adonan otak-otak di air mendidih sampai matang, otak-otak yang sudah mengapung berarti sudah matang.
  • Masukkan otak-otak ke dalam air es, tiriskan.
  • Goreng otak-otak dalam minyak panas, sampai kuning kecokelatan.

Hasilnya cukup banyak dan rasanya enak. Lio juga sangat menyukainya. 

7 Comments

  1. avatar
    hanana fajar August 7, 2017 10:46 am

    asik ada resep simpel bikin otak-otak:) sama kaya dieta, kirain susah banget bikin otak otak hehe..makasi sharing resepnya mama widhi:)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi August 7, 2017 10:33 am

    wah gampang ya ternyata, kupikir susah bikin otak-otak. baiklah bakal dicoba nih nanti. tfs ya

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Ratna Adiguna August 7, 2017 4:37 am

    hi mama widi, salam kenal yaa. aku baru gabung di TUM dan langsung nyoba resep ini. enak banget! terima kasih yaa sudah berbagi.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania August 5, 2017 10:17 pm

    nyam,nyamm! Krucils suka banget nih sama otak-otak. Mau coba bikin aah, tapi kayaknya mau minta gilingin ikan dulu deh. Heheheh

    1. avatar
      widhi August 6, 2017 4:47 pm

      1resep ini bs jd bnyk, klo mau cb setengahnya gpp. Kdg bl ikan di supermarket biasanya bs mnt digilingin sekalian..

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw August 5, 2017 8:45 pm

    wah pas banget nih Wid, si kaka doyan banget otak2, daripada beli di abang2 kan mendingan bikin yah :). makasih yaa resepnyaaa...

    1. avatar
      widhi August 6, 2017 4:48 pm

      Iya Zata cb bikin aja.. Ini bs jd bnyk, lbh hemat. Bs simpan freezer, klo pengen tinggal goreng.. Dicoba ya..

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.