Palm Trees Montessori School

ipeh

Belum lama ini saya diundang oleh Palm Trees Montessori School untuk melihat-lihat sekolah mereka. Saat survey sekolah untuk Lana, memang saya sangat tertarik pada sekolah dengan metode Montessori, apalagi setelah membaca artikel ini. Sekolah ini berdiri pada tahun 2000 dan berafiliasi dengan North American Montessori Center (NAMC) serta menjadi anggota International Montessori Council (IMC).

Yang membuat saya suka pada metode Montessori adalah:

  • Didasarkan pada observasi pada karakter alami anak.
  • Membuat anak-anak suka bekerja, dan dilakukan dengan hati gembira.
  • Ada aktivitas-aktivitas yang cocok pada setiap masa perkembangan anak.
  • Setiap anak bisa bekerja sesuai kecepatan masing-masing. Anak yang sudah menguasai hal tertentu bisa menawarkan bantuan kepada yang belum bisa.
  • Anak-anak bebas memilih apa yang ingin mereka kerjakan.

Kesan saya saat sampai di Palm Trees Montessori School, gedung sekolahnya besar dan bersih. Anak-anak yang belajar di sana tampak gembira dan penuh semangat. Mereka menjelaskan bahwa sekolah ini menekankan pada pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai manusia seutuhnya. Setiap anak yang bersekolah di sini akan berkembang secara fisik, emosional, dan sosial, seiring dengan perkembangan intelektualitasnya.

Palm Tress Montessori School ini menerima anak-anak mulai usia 1,5 tahun sampai 12 tahun. Untuk di preschool, anak-anak akan belajar keterampilan praktis untuk mengurus diri mereka sendiri. Lalu ada stimulasi sensori yang akan mempersiapkan anak saat belajar membaca dan menulis. Anak-anak juga belajar tentang tempat tinggalnya, negaranya, dan budayanya. Anak-anak juga diajak untuk mengeksplorasi kemampuan berbahasanya baik secara lisan maupun tulisan. Anak-anak juga diperkenalkan dengan konsep matematika. Terakhir dan yang sangat penting, dalam berinteraksi di sekolah otomatis anak-anak belajar keterampilan sosial.

Untuk tingkat sekolah dasarnya, anak-anak akan mengeksplorasi dunia akademis melalui berbagai mata pelajaran seperti matematika, membaca, metode riset, seni, musik, sejarah, dll. Kelas yang berisikan anak-anak berbeda usia dan semangat bekerja sama akan membuat anak bisa tumbuh secara emosional dan intelektual pada kecepatan masing-masing.

Wah keren sekali prinsip-prinsip Montessori ini dan melihat berbagai kegiatan di Palm Trees Montessori School. Rasanya ingin sekali menyekolahkan Lana di sini.

 

9 Comments

  1. ellyta
    ellyta September 5, 2013 at 7:08 am

    berapa bu biaya masuknya untuk K2, saya pernah lewat sekolah ini tapi blom sempet mampir

  2. eka iswahyuni
    Eka Iswahyuni September 5, 2013 at 7:28 am

    iya, pertanyaannya sama, mahal gak ya biaya masuknya? kebetulan di daerah jagakarsa juga ada montessori school dan aku tertarik untuk nyoba.

    thanks, mbak :)

  3. ninit
    ninit yunita September 5, 2013 at 8:27 am

    wah metode montessori emang bagus yaa… dan liat gedung sekolahnya yang bersih, anak-anak pastinya nyaman sekolah di sini.

  4. MommyManda
    MommyManda September 6, 2013 at 2:02 am

    Wah boleh ni dcoba mams..
    Skr anak2ku di Montessori school jg, tp kyknya standarnya krg bagus deh.. Krn krg max menstimulasi otak anak2ku, skrg lg hunting pre-school yg ok buat Manda n Syakila :( hemm jadi kepikiran nih utk masukin ke-2 putri ku ke Palm Tree deh.. :)
    Mams, kalo boleh tau ini lokasi Palm Tree School ini dmn??
    And brp budget yg hrs dkeluarin??
    Ada trial class ga mam??
    Sorry ya pertanyaannya bersemangat bgt jadi kebanyakan deh… Hehe

  5. crey
    Chrisye Wenas September 6, 2013 at 5:44 pm

    idem sama teh ninit, suka dengan metode montessori… ini yang sekolahnya Leandra-nya Meta kan yah? sayang jauh dari rumah deh kalo deket pasti udah jadi inceran :) tapi makin yakin buat ngerekomen ke temen yang rumahnya sekitaran sana :) tfs, peh…

  6. ZataLigouw
    Zata Ligouw September 8, 2013 at 1:37 am

    Ipehhh makasih infonya, detail bgt dan bikin tertarik deh buat masukin Sabil ke sana kalo dah gedean.., tapi jauh ya?

  7. santob
    santob September 9, 2013 at 3:55 pm

    WOW, mom ipeh, dirimu rumahnya di bogor kan yah?kita sama2 di Bogor lhoo… Salut banget, dirimu sampe survey sekolah jauh2 ke serpong. mama Juara!

  8. ezra regina
    ezra regina September 12, 2013 at 10:52 am

    ini lokasinya dimana ya bun ?

  9. kikimariki
    kiki rizqi September 21, 2013 at 11:41 am

    ini yg di jln. durian jagakarsa bukan? tertarik kayaknya,,,breakdown biaya bulanan nya berapa yaaa?? tks

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.