Palubutung ala Nasu Bale

titiefitrah

Ini adalah makanan khas dari Makassar, tempat asal saya. Resep aslinya biasanya disajikan dengan es serut, tapi karena sekalian untuk camilan buat Abe jadi saya menyajikannya secara hangat selayaknya bubur balita.

Bahan :

  • 1 sisir (8-10 buah) pisang kepok yang sudah matang
  • 500 ml santan
  • 75 gr gula pasir
  • 50 gr tepung beras/tepung terigu
  • 100 ml susu cair
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili
  • daun pandan secukupnya
  • sirup DHT rasa pisang ambon

Cara Membuat :

  1. Kukus pisang kemudian kupas dan potong-potong sesuai selera.
  2. Larutkan tepung beras ke dalam susu cair, sisihkan.
  3. Masak santan dengan daun pandan sampai mendidih. Masukkan gula pasir, garam dan vanili.
  4. Masukkan larutan tepung dan aduk hingga matang dan mengental, angkat.
  5. Sajikan dengan potongan pisang kukus dan siraman sirup.

 

Mudah, kan! Selamat mencoba!

21 Comments

  1. ninit
    ninit yunita March 22, 2013 at 6:02 am

    titieee!
    fotonya cantik banget! *drooling* pengen coba bikin ah…
    semoga berhasil yaa :)

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit March 22, 2013 at 6:20 am

    Woooww.. kreatif sekalii.. kalo itu bukan hanya balita yang suka, saya juga suka :D TFS! Kayaknya enak buat weekend bsk nih…

  3. Bety Kurnia
    Bety March 22, 2013 at 7:22 am

    sirup DHTnya beli dimana ya???

  4. titiefitrah
    titiefitrah March 22, 2013 at 7:53 am

    Kalo di sekitar bekasi blom pernah nemu, jd dl nyetok DHT dr makassar langsung.. Tapi bisa diganti sama sirup rasa pisang lainnya,pernah beli di C4 cm lupa merk apa :Dā€‹ā€‹ā€‹

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel March 22, 2013 at 8:31 am

    waah..photonya bikin ngiler.. mau coba bikin ah.. terima kasih, titie :)

  6. Lika Dassi
    Lika Dassi March 22, 2013 at 9:43 am

    mba, bagusnya pakai tepung atau tepung beras yah? thanks

  7. Lika Dassi
    Lika Dassi March 22, 2013 at 10:18 am

    Tepung Terigu atau tepung beras maksudnya? hehe…

  8. titiefitrah
    titiefitrah March 22, 2013 at 10:26 am

    Kalo dr resep asli pke tepung beras,tp sebagai alternatif pengganti bs pke tepung terigu :)

  9. gracenat
    gracenat March 22, 2013 at 11:29 am

    Aku biasanya buat pisang ijo tp gak kepikiran kalau bisa buat balita.
    Anyway sirup DHT nya bisa pakai sirup Pisang, atau kalau kepepet pakai sirup Marjan pandan :)
    Wah org Makassar juga? Sy org Palopo ehehe… salam kenal :) TFS.

  10. almostabum
    citra kusumaninghati March 22, 2013 at 1:24 pm

    yummy banget tampaknyaaaa, pengen nyoba ah. titie, harus pake pisang kepok kah? bs diganti jenis pisang laen? trus pemakaian vanili d sini sebagai apa? makasih ya..*baru aktif lgsg investigasi resep, heheh*

  11. ibuMalikAmeera
    mey_joe March 22, 2013 at 1:25 pm

    enakan mana mba, pake terigu apa tepung beras? btw, ni resep asli bikin ngiler.. wajib dicoba, mudah, n enyaakk :))

  12. najah zia
    mam ca March 22, 2013 at 1:25 pm

    Ini salah satu makanan favorit di kluarga besar saya dan makanan ini punya istilah dikluarga kami yaitu bubuk atok, krna atok sngt suka makanan ini dan iya srng membuatnya

  13. novi haryanti
    novi haryanti March 22, 2013 at 1:41 pm

    besuk dicoba ah. .
    kayakny yummy, .

  14. yulia handayani
    yulia handayani March 22, 2013 at 1:47 pm

    Hmm asik nih buat weekend. Coba ah …
    TFS ya mba titie

  15. tiwimanis
    Herlia Pratiwi March 22, 2013 at 3:49 pm

    jadi kangen rumah

  16. titiefitrah
    titiefitrah March 22, 2013 at 4:39 pm

    waahh, dah banyak komennya.. makasih mamas :)
    gracenat : aga kareba? :) hehehe iyaa, kalo pisang ijo agak sedikit ribet jadi biasanya bikin ini di rumah..
    citra kusumaninghati : bisa diganti pisang raja, tapi karena di rumah biasanya pake pisang kepok jadilah selalu pake itu.. :D dari resep aslinya udah pake vanili, tp optional kok, pernah kucoba ganti cengkeh pas ngga ada vanili, enak juga :D
    mey_joe : hihi.. aku lebih suka pake tepung beras :)

  17. herminhandayanti
    herminhandayanti March 22, 2013 at 5:28 pm

    wah,sekampung kita mom..
    klo ak bkin pisang ijo sirup DHT ganti ama sirup Campolay,sirup ini mirip bgt ama DHT tp ngga tau d Jkt ada ngga,produksi Bandung klo ngga salah..

  18. titiefitrah
    titiefitrah March 22, 2013 at 6:12 pm

    herminhandayanti: iyaa sirup Campolay bisa, beti rasanya :)

  19. tiwimanis
    Herlia Pratiwi March 22, 2013 at 7:03 pm

    blum selesai nulis

  20. ipeh
    Musdalifa Anas March 22, 2013 at 9:16 pm

    @hermin, minceeee kok kamu ada disini, yay! Campolay ada biasanya di supermarket2, bogor juga ada.
    @titiefitrah *toss sebagai warga sulawesi selatan*. Ahh palubutung jadi pengen bikin. Setuju fotonya keren!

  21. Mir
    Marlin March 26, 2013 at 11:14 pm

    waaahh..pas,,, suami orang makasar..:)
    resep ini buat berapa porsi yaaa?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.