Pancake Durian

mommyKanyazoya.

Suatu hari, tiba-tiba saya ingin sekali makan pancake durian. Keinginan ini melebihi pengalaman ngidam saya dulu. Seandainya saja saya tinggal di Jakarta, dipastikan saya sudah berburu pancake durian. Tapi saya harus gigit jari karena tinggal di negara tetangga (Philippine). Jangankan pancake durian, duriannya saja lumayan jarang yang jual.

Tapi hari itu keberuntungan masih berpihak kepada saya, kebetulan di supermarket dekat tempat tinggal ada stock durian hanya tinggal 1 buah. Langsung saya beli dan berniat untuk membuat sendiri pancake durian untuk mengobati rasa ‘ngidam’ yang bukan hamil ini.

PANCAKE DURIAN

Bahan kulit:

  • 9 sdm tepung terigu.
  • 3 butir telur.
  • 200ml santan.
  • 1/4 sdt garam.
  • aroma makanan (bisa vanili/pandan).

Bahan isi:
whipped krim secukupnya.
8 biji daging buah durian.

Cara membuat:

    1. Campur tepung terigu, telur, garam, dan aroma makan.
    2. Tuangkan santan sedikit demi sedikit kedalam adonan diatas. Sambil diaduk dengan whisker hingga adonan menyatu (tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer).
    3. Panaskan teflon dengan api kecil.
    4. Tuang adonan ke dalam teflon kurang lebih 50ml, sesegera mungkin ratakan adonan keseluruh permukaan teflon.
    5. Setelah adonan kulit sudah tidak menempel lagi diteflon, maka segera angkat (tidak perlu menunggu hingga kecoklatan).
    6. Lakukan seperti cara no 4 dan no 5 hingga adonan kulit pancake habis.
    7. Sementara menunggu kulit pancake dingin, hancurkan daging buah durian dengan garpu (jangan terlalu hancur).
    8. Kocok kaku whipped krim.
    9. Siapkan 1 lembar kulit pancake, letakkan 1sdm whipped krim ditengah-tengah, lalu letakkan 1 sdm (atau sesuai selera) buah durian yang sudah dihancurkan di atas whipped krim.
    10. Lipat seperti amplop.
    11. Simpan di wadah lalu dimasukkan ke dalam pendingin.
    12. Setelah dingin pancake durian siap dinikmati.

Tips:

  • Pada saat menuangkan adonan kulit pancake ke dalam teflon, sebaiknya sebelum adonan di tuang, teflon diangkat dulu dari kompor, lalu tuang dan ratakan adonan, baru letakan teflon kembali ke kompor. Ini untuk mengindari adonan kering dan tidak merata.
  • Jangan sampai terlalu lama memasak kulit pancakenya, begitu tidak lengket di teflon langsung angkat. Jika terlalu lama hasilnya kulit pancake tidak mulus (bintik-bintik cokelat), dan tidak lembut dan lentur.

Selamat mencoba ya, urban Mama. :)

21 Comments

  1. September 23, 2011 at 1:43 am

    nyaaaam… tengah malem gini perutnya langsung bunyi2 pas baca resepnya… pengeeeen bikiiiiin!

  2. ninit
    ninit yunita September 23, 2011 at 6:14 am

    yessi,
    blm pernah coba pancake durian! hihi… makanya setelah baca artikel ini jadi ngiler berat. kayaknya enaaak banget gitu ya sampe yessi ngidam.

    hebat deh bikin sendiri :)

  3. thearizkia
    thea rizkia September 23, 2011 at 8:06 am

    ngileeer…..

    wajib coba:)

    Thanks for sharing mum

  4. BunDit
    BunDit September 23, 2011 at 8:46 am

    Waaa…mam Yessi, pancake duriannya bikin ngiler. TFS :-)

  5. Dinniw
    Dinniw September 23, 2011 at 9:07 am

    ecy…..tega banget tegaaa bikin gue ngiler pagi2. yaampun kangen pancake durian medan. enaknya klo bisa bkn sendiri bisa makan sebanyak2nya hihi

  6. otty
    Pangastuti Sri Handayani September 23, 2011 at 9:36 am

    Wah jadi pengen bikin, soalnya mulai ngerasa “kecolongan” kalo beli. Masa 3 biji pancake imut2 gitu harganya 35rb??!! Naluri irit di dalam diriku langsung berteriak tidak setuju hahaha…

  7. Indah Prabandono
    Indah Prabandono September 23, 2011 at 9:45 am

    haduh! ini dessert lumejen berat di kantong, di sini durian mahaaal :( tapi tapiii, kapan-kapan harus dicoba. mungkin bisa pake es krim duren kali ya (walopun gag semantep duren beneran). tfs mom…beneran bikin ngeces :)

  8. icha haqq
    rizka haqqi September 23, 2011 at 10:18 am

    waaaaa… miirip bgt ama pancake duriannya Duck King yak ? udah ngilerrrr aja ngeliatnya. huhuhu.. hari ini msti berburu durian deh. TFS ya mom

  9. marinania
    marina gardenia September 23, 2011 at 11:10 am

    sluuurrrrrpp…hebat euy bikin sendiri…aku mah biasanya tinggal makan…tapi emang mehong sih yee… tfs yah, kali2 kapan2 lagi dapet “hidayah” buat bikin jd tinggal contek ke resep ini…hihihi…

  10. rachanlie
    mira a September 23, 2011 at 11:25 am

    oh mak oh mak oh mak.. Aku mupeenngg.. Dari kemaren-kemaren mau buat tapi blom sempet-sempet.. Slurrppp… :D

  11. cyndewi
    cynthia dewi September 23, 2011 at 11:29 am

    eehhh ada ini…di ambas banyak nih. di TOTAL buah juga ada, mayan tinggal caplok. nyam nyam.
    Yessi bener-bener niat ya bikin sendiri. hebat! :D

  12. siska.knoch
    Siska Knoch September 23, 2011 at 12:50 pm

    yedewww.. bikin ngiler tingkat dewa niih hahahaa ntar kalo nemu durian mateng di supermarket mau ikutan bikin ah .. tfs yess

  13. mommyKanyazoya.
    yessi noverto September 23, 2011 at 2:26 pm

    @thalia: ayo bikin thal, eh dsana ada gak sik yg jual pancake durian?
    @teh ninit: maklum teh ini pengennya udah sampe ubun2, jd smangat bgt bikinnya hehe.
    @thea rizkia: slmt mencoba mom.
    @bunDhit: ini bun sapu tangannya buat ngelap iler :p.
    @dinni: bikin yg banyak din skalian nyetock, tp siap2 kulkas bau duren semerbak.
    @otty: wah 35rb bs beli duren kecil sebiji ya ty, n bs jd 8 biji pancake tu.
    @indah: wah ide baru tu pake es krim durian :).
    @icha: ihihi gr bgt nih yg bikin mak, hasilnya dibilang mirip pancake ducking “alhmdl yaa”.
    @marina: *berdoa smg hidayahnya segera dtg*
    @mira: ahaha ayo bikin mamir drpd ntar kemimpi mimpi.
    @cyndewi: ihihi iya emg niat bgt inih. andaikan oh andaikan ada yg jual dsini.
    @siska: waduh ada yg ngilernya udah akut ini ya. ayo ayo dibikin2 mommy.

  14. dewiamel
    dewiamel September 23, 2011 at 5:16 pm

    duh… begini toh namanya pancake durian….nyam….
    gw blom pernah coba….nyam..
    aduuuh langsung ngenceeeesssss
    nyam…nyam….
    males bikin tapi….mmm nyaaammm
    duuuuh dimana belinyaaaaaa *langsung googling*

  15. restyera
    resty September 23, 2011 at 7:37 pm

    aaaah duriaaaan, slrrrppp….

  16. siscalambe
    Fransisca Lambe September 24, 2011 at 9:31 am

    wowww… kemarin sempat coba bikin tapi kulitnya ketebalan.. jadinya makanisinya doank hahaha…
    kebetulan di karawang udah mulai musim duren.. hmmm ada yg mau ikut berburu ke loji, karawang?
    jadi ingat waktu hamil sempat ngidam buanget nich pancake duren, walhasil dibawain teman dari medan.. wuahhh muantap, simpan di freezer, tiap hari nyantap 1, pernah kebablasan mam 2 langsung tuing tuing pusying..untung babynya nga papa hehehe
    tfs ya resepnya!

  17. Tari
    Astari Radinanur September 24, 2011 at 4:43 pm

    Ngilerrr :9 tp berhubung gada whipped cream dan santan, makan durennya aja langsung deh.. Ga usah dibikin

  18. Tari
    Astari Radinanur September 24, 2011 at 4:44 pm

    Ngilerrr :9 tp berhubung gada whipped cream dan santan, makan durennya aja langsung deh.. Ga usah dibikin pancake.. *alesan pdhl hoream bikin kulitnya :D* tfs ya mam.. ;))

  19. irdhelia
    Irdhelia H September 26, 2011 at 1:31 am

    Eyaampyuunn…sedapnyooo….slurrpp..dulu dideket rmh jg ada toko kue yg jual pancake durian..jd beli muluu. Tnyata gampang ya bikinnya..tp lbh gampang lg klo lgs beli jadi ya *pemalas* hehehe…

  20. sariindira
    sari mursidi September 28, 2011 at 6:33 am

    wahh ngiler kmrn jg beli di ambas pas ke jakarta, krn skrg ga bs ke jkt lagi mari kt coba resepnya.. trims mbaaa

  21. icha haqq
    rizka haqqi September 28, 2011 at 5:53 pm

    udah bikin.. n suksesssssss. Thank you ya resepnya.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.