Parental Controls di Komputer Mac

Harry

Saya dan istri saya – mungkin adalah orang tua yang ‘cukup liberal’ dalam hal mengijinkan anak menggunakan komputer dan internet. Adrian – sekarang 7.5 tahun, sudah mengenal komputer sejak umur 3 tahun, saya buatkan email pada umur 4 tahun dan sekarang sering mengisi waktu luang dengan bermain internet. Mulai dari Playhouse Disney, Cartoon Networks, Facebook sampai Google Earth. Adiknya Anissa – 3 tahun, sudah saya reserve-kan alamat email sejak umur 1 tahun, sekarang juga sudah mulai ikut2an mengunjungi website Playhouse Disney, Barbie, Dibo, Word World atau Barneys. Selain ‘agak liberal’, mungkin juga ini karena saya bekerja dari rumah dan pekerjaan saya tersebut kebetulan juga tidak terlepas dari komputer dan internet.

Setiap orangtua pasti punya kebijakan dan aturan masing-masing dalam mengijinkan anak menggunakan komputer dan internet. Namun di jaman seperti sekarang rasanya susah untuk melarang anak untuk tidak menggunakannya  secara total. Jadi bila Anda seperti saya atau punya anak yang sudah bersekolah di SD dan mengijinkan anak Anda bermain komputer, saran saya bila akan membeli komputer (dan memiliki dana yang agak lebih), belilah komputer Mac/Apple,

Mengapa Mac? Sebagai pengguna PC (dengan Windows XP) dan juga komputer Apple, setelah saya banding2kan, sistem kontrol orangtua (Parental Controls) di Mac jauh lebih mudah dilakukan serta bisa dikatakan lebih baik dan komprehensif daripada di Windows XP.

Pada Windows XP, memang Anda bisa membuatkan user account khusus untuk login anak Anda, akan tetapi secara default, menggunakan user account-nya anak tetap bisa mengakses folder2 dan file2 penting di komputer. Memang kita bisa memproteksi dan mengatur folder apa saja yang boleh diakses atau tidak, batasan website apa saja yang boleh dikunjungi, dsb, tapi prosedurnya cukup rumit dan bisa membuat frustrasi sendiri. :)

Berbeda dengan di Mac. Bila anda membuat sebuah user account baru, secara bersamaan pula otomatis folder2 dan file2 Anda tidak akan bisa diakses. Artinya, anda bisa yakin mereka tidak akan mengakses file2 pribadi atau pekerjaan Anda atau lebih parah lagi – secara tidak sengaja menghapusnya! Selain itu, otomatis juga Anda akan ditawarkan untuk mengaktifkan Parental Controls untuk proteksi anak.

Untuk membuat user account baru, buka System Preferences (klik tanda Apple dipojok kiri atas kemudian pilih System Preferences). Pada panel yang terbuka, klik icon Accounts (Dilingkari pada gambar di bawah):

Selanjutnya akan terbuka panel Accounts. Untuk bisa menambahkan sebuah account baru, Anda harus memasukkan username dan password login terlebih dahulu. Caranya, klik tanda gembok di bagian pojok kiri bawah, kemudian masukkan username dan password Anda.

Setelah itu, klik tanda [+] (berada sedikit di atas tanda gembok tadi) untuk membuka form isian User Account baru. Masukkan Nama, Short Name (username), Password dan Password Hint lalu klik Create Account.

Secara otomatis, Mac kemudian akan menawarkan Parental Controls untuk user account baru ini. Klik “Enable Parental Controls”.

Berikut ini tampilan untuk pengaturan Parental Controls tersebut:

System
Pada tab System Anda bisa mengatur sistem file manager (Finder) dan aplikasi apa saja yang boleh di akses dengan memberikan checkmark pada daftar aplikasi.

Content
Pada tab Content, Anda bisa mengatur agar sistem secara otomatis memproteksi dari website2 dewasa atau menentukan website apa saja yang boleh dikunjungi oleh anak Anda.

Mail & iChat
Anda juga bisa mengatur alamat email apa saja yang boleh dikirimi email atau siapa saja yang boleh chatting dengan anak Anda pada tab Mail & iChat. Sistem juga bisa otomatis memperingatkan bila anak Anda melanggar aturan tersebut.

Time Limits
Time Limits adalah fitur yang menarik dan penting. Di sini Anda bisa mengatur berapa jam dalam satu hari komputer boleh digunakan oleh anak Anda (baik hari biasa ataupun weekend). Bila melebihi dari waktu yang ditentukan, sistem operasi akan me-lock user account sehingga otomatis komputer tidak akan bisa diakses oleh anak anda. Sebagai tambahannya, selain durasi menggunakan komputer, Anda juga bisa mengatur pada jam kapan saja anak boleh menggunakannya.

Logs
Tab terakhir yaitu Logs akan berisi ‘laporan’ aktivitas anak Anda dalam menggunakan komputer yang bisa Anda cek dari waktu ke waktu. Sebagai contoh di bawah, aktivitas browsing Adrian berkisar antara aplikasi Farm Town, Pet Society dan Street Racing di Facebook.

Tentu saja sebaiknya kita sebagai orangtua selalu mendampingi anak saat mereka menggunakan komputer atau internet. Namun bila itu sulit untuk dilakukan karena kesibukan kita, ada baiknya mempertimbangkan Mac saat akan membeli komputer buat mereka karena dengan menggunakan Mac, sedikit banyak kita bisa merasa aman dengan fitur Parental Controls-nya.

Selamat ber-internet bersama si kecil!

*main image courtesy of www.apple.com

6 Comments

  1. Brenda
    Brenda December 15, 2009 at 7:10 am

    Wah makasih infonya berguna banget, sempat kepikiran gimana nanti si Vanya karena dia sudah mulai sering klik2 komp (kalo skrg sebatas gambar/icon yg dia liat trus penasaran). Sekarang si Vanya(3,5thn) sdh mulai sering main dgn komp daddynya memang jam mainnya masih belum sering sih tergantung mood nya dia aja dan krn umurnya masih segitu biasanya sih kita temenin kalo dah di buka situs2nya dia sih dianya tinggal klik sana sini, kayaknya nanti kalau bacanya juga sdh mulai lancar (atau malah dr sekarang) harus kita bikin account khusus buat dia ya… Thank you infonya… ;)

  2. sLesTa
    shinta lestari December 15, 2009 at 10:27 am

    this is very useful!
    makin cinta deh ama mac *loh?* heheh.. anak gue belom ngutak ngatik komputer & internet sih. ada juga cuma mukul2in keyboard nya. but when the time comes, this will be very useful.

    thanks for the insightful article, harry!

  3. ninit
    ninit yunita December 15, 2009 at 2:54 pm

    thanks atas artikelnya, harry!
    anak gue belum berkenalan sama komputer. paling baru liat foto aja sih. tapi someday pasti lah dia pengen main komputer juga karena kami, orangtuanya, sering banget ada di depan komputer.

    ngga mungkin juga anak sekarang kalo ngga kenal sama komputer. terima kasih ya har, gue jadi tau hal seperti ini… dan yang pasti pengen nabung buat beli mac :)

  4. December 15, 2009 at 5:02 pm

    hehe, sama ama shinta: untung udah punya! hihihi…

    ntar deh, kalo ibunya udah beli macbook pro, aina akan diperkenalkan ama komputer dan internet. kalo engga, repot rebutan ama gue ntar…. eh, tapi bisa pake Time Limit ya? :)

  5. kucing penidur
    kucing penidur December 16, 2009 at 8:02 pm

    nice articel very useful ;)
    have to buy mac than :D *cari2alesan*

  6. funnyfunky
    funnyfunky January 14, 2010 at 3:12 pm

    mau dong dijelasin parental control kalo pake windows. Dirumah cuma pake windows nih… Thx…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.