Peralatan Pendukung Pemberian ASIP

Sebagai ibu bekerja yang sedang menyusui, saya membutuhkan beberapa alat bantu demi keberhasilan memberikan ASI ke anak kedua saya yang saat ini berusia 15 bulan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Breastpump
  • Wadah penampung ASI
  • Cooler/thermal bag,  tempat makan/plastic jar dan blue ice 
  • Tisu basah, tisu kering, hand sanitizer dan sabun cuci botol travel size 
  • Apron 
  • Bottle sterilizer 
  • Freezer ASI 6 rak 
  • Botol Susu dan cup feeder

Saya memilih menggunakan botol susu dibandingkan cup feeder untuk memudahkan pengasuh di rumah memberikan ASI Perah/UHT ke anak saya. Untungnya penggunaan botol susu ini tidak membawa dampak bingung puting. Pencarian botol susu yang cocok pun menjadi pengalaman sendiri buat saya. Awalnya saya memberikan merk dan tipe botol susu yang sama seperti yang dulu pernah dipakai oleh kakaknya, ternyata adik tidak suka dan menolak minum susu dari botol. Setelah beberapa kali uji coba dan observasi berbagai jenis botol susu terutama dari sisi nipple botol yang menyerupai payudara ibu, akhirnya pilihan adik jatuh kepada botol Philips Avent Natural. 

Nipple/dot Philips Avent Natural bentuknya lebih mirip kontur payudara ibu, sehingga memudahkan adik untuk latch on semudah menyusu langsung pada ibu. Saya pun tidak perlu khawatir adik akan tersedak karena susu akan mengalir pada kecepatan hisap bayi berkat katup unik yang ada pada dot Philips Avent.

Nipplenya juga pas kenyalnya dan tetap fleksibel, jadi mudah diterima sama mulut adik. Dilengkapi dua valve sebagai anti colic (kembung) dan botolnya berleher lebar jadi mudah untuk pengisian susu/ASI dan membersihkan botol bisa menjangkau sampai dasar botol.

Selain itu, botol Philips Avent Natural sudah terjamin aman untuk bayi karena terbuat dari bahan bebas BPA (Polypropylene). Bentuknya juga unik, mudah dipegang sendiri oleh Adik saat menyusu.

Alhamdulillah dengan manajemen ASIP yang lebih teratur dan didukung dengan botol Philips Avent Natural, Adik semakin lancar dan semangat minum ASIP dan menyusu langsung. Semoga bisa lancar terus menyusui sampai Adik berusia dua tahun.

4 Comments

  1. avatar
    Enji Magetsari December 10, 2016 3:16 pm

    Avent idolaku, karena produk avent yg user friendly dan praktis, jadi berhasil ngasih full ASIP 2 tauun, thank you Avent :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel December 4, 2016 10:54 pm

    Semoga sukses yaa shin menyusui adik sampai 2 tahun! Saluut sama semua ibu menyusui yang selalu semangat!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Agatha Nuri Prasanti December 2, 2016 8:53 am

    Toss!!! Arkha juga pakai botol susu Philips Avent Natural, lancar dan masih semangat minum ASIP sampai sekarang. Udah jatuh cinta banget sama botol susu ini. Yang paling aku suka sih bersihinnya gak repot dan praktis.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Febi December 1, 2016 3:06 pm

    Keren, mba Shinta masih rajin pumping meski anak sudah 15 bulan.
    Kebetulan banyak teman yang pakai botol avent ini juga. Mungkin bisa jadi alternatif pilihan buat aku yang lagi hunting perlengkapan untuk anak kedua. TFS, mba :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.