Kita sering mendengar istilah bahwa anak adalah buah cinta dari orangtuanya, maka kami sebagai orangtua mau anak-anak kami tumbuh dalam kehangatan cinta dan kasih sayang. Keinginan yang wajar dari setiap orangtua, kan? Oleh karena itu sejak saat kelahiran mereka hingga sekarang, kami berusaha merayakan cinta kami terhadap mereka, salah satunya dengan memperingati setiap "pencapaian usia" berdasarkan adat istiadat dan budaya dari kami orangtuanya. Dan kebetulan kami berasal dari dua latar belakang budaya berbeda, saya dari Bali sementara suami saya Tionghoa. Dua budaya yang awalnya bagi kami sendiri adalah budaya yang sangat berbeda, tapi makin lama kami menemukan makin banyak persamaannya.

Sejak lahir, Bodhi dan Citta, sudah kami rayakan secara Bali dan Tionghoa. Ari-ari mereka kami upacarai dengan adat Bali dan ternyata kami menemukan bahwa dalam adat Tionghoa juga ada detail yang mirip, misalnya membekali dengan benda-benda tertentu sebagai simbol harapan dan doa orangtua. Ketika berusia 30 hari sesuai kalender Cina, kami merayakannya dengan telur merah dan gunting rambut sesuai tradisi Cina. Saat itu, mertua dan keluarga dari pihak suami datang untuk membantu. Tapi upacara adat Bali saat usia 42 hari kami lewatkan, karena kami pikir sudah dijalankan tradisi Cina di usia 30 hari. Lalu saat usia 3 bulan dan 6 bulan berdasarkan kalender Bali, kami rayakan dengan upacara adat Bali. Dan untuk bagian ini, ibu saya yang kebagian seksi repotnya. Kemudian saat mereka mencapai usia setahun, berbarengan dengan ulang tahun pertamanya, kami tetap tambahkan upacara tradisi Cina yaitu anak diberikan pilihan barang-barang seperti misalnya dompet/kertas angpau, buku, kalkulator, stetoskop (kalau yang ingin anaknya kelak jadi dokter), bahkan bisa jarum dan benang jahit. Mungkin harapannya nanti besar anaknya jadi designer pakaian ya.

Bagi kami, semua itu sangat menyenangkan. Selain menjaga tradisi kami juga mengambil momen itu untuk menegaskan harapan kami kepada anak-anak, harapan orangtua pada umumnya, yaitu semoga mereka selalu berbahagia. Di samping itu juga kami ingin membahagiakan orangtua kami, dengan menjalankan tradisi yang mereka dulu juga jalankan untuk kami anak-anaknya. Para kakek dan nenek terlihat begitu bersemangat menyiapkan upacara untuk para cucu tersayang.

Kalau ada yang beranggapan menjalankan tradisi adalah pemborosan, tapi bagi kami tidak sama sekali. Karena kami selalu menjalankannya dengan sederhana, sesuai kemampuan kami. Tidak perlu mengundang banyak orang, justru di saat seperti itu kami hanya ingin merayakannya dengan orang-orang terdekat. Karena bukan hebohnya acara yang kami inginkan, kami justru ingin yang santai kekeluargaan. Bahkan jika ada yang beranggapan itu hanya takhayul, kami juga tidak peduli. Karena dasar kami menjalankannya, bukan semata keinginan heroik sebagai pelestari budaya dan adat istiadat, tapi tujuan kami seperti yang disebutkan di awal semata ingin merayakan cinta. Cinta kami kepada anak-anak, juga cinta kami kepada orangtua kami.

Citta gunting rambut saat umur sebulan sesuai tradisi Cina. Saat itu yang menggunting rambut Citta adalah seorang Bikhu Buddhist yang khusus menyempatkan diri datang ke rumah kami di pagi buta. Berkah bagi Citta dan kami sekeluarga.

Upacara 3 bulanan berdasarkan adat Bali, di saat ini pertama kali Citta secara resmi boleh menginjak tanah.

Ulang tahun pertama dibarengi dengan tradisi memilih barang. Saat itu Citta memilih telur dan jarum+benang jahit. Kata mertua, anaknya akan suka makan dan calon designer.



Bodhi dan Citta, saat upacara ulang-6-bulan Citta. Berhubung upacara 6 bulan yang pertama kami sedang tidak di Bali karena berbarengan dengan saat kami merayakan tahun baru Imlek di Palembang, jadi baru diadakan Maret 2012 yang lalu. Oh ya, kalau sesuai kalender Bali, peringatan hari kelahiran bukan setahun sekali tapi 6 bulan sekali, karena dalam kalender Bali hanya terdiri dari 210 hari.

Jadi begitulah, kami tidak melakukannya dengan ketat harus sama persis, tapi lebih disesuaikan dengan waktu luang kami, semampu kami, jadi tidak ada beban tidak ada paksaan. Alasan utamanya karena yang atas nama cinta tak boleh ada kata memaksa.

Related Tags : ,,,

13 Comments

  1. avatar
    LilMama June 4, 2012 2:10 am

    Duh lucu2 ya pd pake baju Bali hihihihi
    Di keluargaku jg msh adat2an ya Jawa ya Sunda tp seru,ajang kumpul keluarga jg kan jadinya :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    PuTRi April 26, 2012 12:06 pm

    baru liat fotonya aja lgsg refleks bilang "lucu bgt sih nih anak2"
    love this quote: "atas nama cinta tak boleh ada kata memaksa"
    TFS mba :)

    1. avatar
      luh ayu kusuma sari April 26, 2012 3:41 pm

      makasi mom Putri, itu mereka sedang mengkhayal liat angry birds di angkasa :))

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    shinta lestari April 26, 2012 12:05 pm

    nice article dear, dan a good reminder for us all. kalo bukan kita yang keep the tradition alive, siapa dong? soalnya itu tradisi kekayaan bangsa kok. buat gue yang gak tinggal di indonesia, kadang kangen dan sebel karena gak bisa ngikutin semua tradisi, tapi sebisa mungkin diusahain. repot bin ribet emang, tapi seruu!

    kiss buat bodhi & citta yang lucuu!! :*

    1. avatar
      luh ayu kusuma sari April 26, 2012 3:40 pm

      memang sering begitu ya mom,saat jauh dari tanah kelahiran kok jadi makin jatuh cinta :) kiss balik dari Bodhi dan Citta ^_*

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    iyu April 26, 2012 9:19 am

    uaahhh samaan ama lycka :)
    acara 30hari nya cara nyokap (tradisi cina)
    otonan pertama cara mertua (tradisi hindu)

    kita bikin otonan sederhana banget, baik itu secara banten (sajian) karena hanya keluarga inti aja. begitu dapet undangan dari sepupu acara otonannya, langsung takjub dan bangga sih, kita di jakarta ga seheboh mereka di bali :)

    nice article, TFS mbok Luh :)

    1. avatar
      luh ayu kusuma sari April 26, 2012 10:32 am

      eh bisa samaan ya, toss dulu kita :D
      mau besar2an atau simple, beruntungnya kami dikasi kesempatan untuk menentukan pilihan sendiri :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    swastikha nadia April 26, 2012 9:09 am

    kereen artikelnyaa..
    Setuju bgt klo baca artikel ini jd bikin kita ngeliat dr sisi lain..
    Bayanganku jg klo mo bikin acara adat harus full version.makanya acara adat yg pernah dilakuin k anakku cm potong rambut aja pas aqiqahnya,hehehe...
    Betewey...Bodhi n citta lucuu..!gemes bgt liatnya.. :D
    TFS yaa...

    1. avatar
      luh ayu kusuma sari April 26, 2012 10:30 am

      mau bikin yang ribet dan lengkap mahal di ongkos kadang mom, eh malah nilai esensialnya nggak dapet :) tapi itu bagi saya,buat yang sanggup sih ya nggak apa kali ya hehe. makasiiii dari bodhi dan citta.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .