"Perlindungan" Aman saat Menyusui

Marsha Maria An interior designer who works at home. She loves fashion and enjoy styling her baby girl and lives in Jakarta.

Memasuki bulan kedelapan pada kehamilan kedua ini, saya mulai mencari tahu mengenai alat kontrasepsi yang aman untuk Ibu menyusui. Alasannya, tentu saja karena saya ingin menyusui bayi kedua saya secara eksklusif seperti saat Kaitlynn dulu.  

Mengapa butuh alat kontrasepsi? Bukankah jika menyusui secara eksklusif sudah merupakan kontrasepsi alami? Mungkin banyak dari Urban Mama yang sering mendengar pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Benar, menyusui eksklusif merupakan kontrasepsi alami, tetapi ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadikan menyusui sebagai kontrasepsi alami, yaitu:

  • Bayi tidak boleh menerima makanan atau minuman lain selain ASI. Ini artinya menyusui sebagai kontrasepsi alami hanya berlaku pada masa ASI eksklusif (6 bulan).
  • Saat iIbu belum mengalami menstruasi lagi.
  • Rentang waktu menyusui tidak boleh lebih dari 3 – 4 jam.

Nah, jika sudah lewat dari 6 bulan pertama masa ASI eksklusif artinya menyusui sebagai kontrasepsi alami tidak lagi berlaku. Oleh karena itulah kita tetap memerlukan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tidak terencana.

Waktu Kaitlynn dulu saya tidak menggunakan kontrasepsi apa-apa dan hanya mengandalkan hitungan kalender. Namun sekarang karena sudah anak kedua, kontrasepsi menjadi penting karena saya membutuhkan jaminan yang lebih aman.

Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang aman untuk Urban Mama gunakan saat menyusui, seperti IUD non-hormonal, implan, pil KB khusus laktasi, dan suntik KB 3 bulan. Keempat jenis alat kontrasepsi ini aman bagi ibu menyusui, karena:

  • IUD, non-hormonal sehingga tidak akan mempengaruhi hormon prolaktin dalam memproduksi ASI.
  • Implan, pil KB khusus laktasi, dan suntik KB 3 bulan, hanya mengandung hormon progesteron yang juga tidak akan mengganggu atau memengaruhi prolaktin sehingga kualitas dan kuantitas ASI tidak akan terganggu.

Ternyata banyak ya metode kontrasepsi yang tetap aman untuk ibu menyusui, dan Andalan memiliki semua pilihan di atas. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Pil KB Andalan Laktasi. Pil KB ini sangat aman bagi ibu menyusui karena hanya mengandung hormon progesteron yang tidak akan mengganggu atau memengaruhi prolactin, sehingga kualitas dan kuantitas ASI tidak akan terganggu.

Mengapa saya lebih memilih Pil KB dibanding alat kontrasepsi lainnya?

  • Karena penggunaannya mudah, cukup dengan rutin meminum pil ini jika Urban Mama ingin menunda kehamilan.
  • Jika merasa sudah waktunya atau ingin menambah lagi kehadiran buah hati dalam keluarga Urban Mama, cukup hentikan saja konsumsi pil KB ini dan kesuburan akan kembali dengan cepat.

Bagi Urban Mama yang ingin tetap lancar memberikan ASI untuk sang buah hati dan ingin tetap terlindungi dari kehamilan tak terencana, jangan ragu untuk menggunakan alat kontrasepsi ya. Jangan bingung juga soal alat kontrasepsinya, karena seperti yang dijelaskan di atas pilihannya cukup banyak dari Andalan. Untuk lebih lengkapnya, Mama bisa mengunjungi www.tundakehamilan.com

 

2 Comments

  1. avatar
    Musdalifa Anas September 15, 2017 6:42 pm

    Marsha terima kasih tulisannya, semoga bermanfaat untuk urban mama yang masih ragu dengan ber KB saat menyusui ya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Inka Amaliawati September 8, 2017 6:38 am

    Mbak Maria, bener gak sih kalau kita pakai suntik KB itu bikin perut jadi gendut gitu? Atau katanya mah rahim jadi kering gitu loh mom.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.