Perpustakaan Elmuloka

nyanya
Almaviva Landjanun She loves creating stuff, more because she's kinda cheap mama, than just creative. Likes to carry mineral water and children's book enthusiast. She lives in Bandung with her husband, Ing Landjanun and their silly girl who has big sparkling eyes, Artanya Rinjani.

Saya selalu membacakan buku cerita untuk Rinjani; sudah jadi rutinitas kami setiap malam menjelang tidur. Buku cerita milik Rinjani di rumah tidak terlalu banyak. Sebagian besar bukunya merupakan kado ulang tahun dari teman-teman. Jujur saja, saya dan suami sangat jarang membelikan buku cerita untuk Rinjani. Jadi tidak heran kalau kami berdua kadang merasa bosan membaca buku cerita yang itu lagi, itu lagi.

Untungnya di sekolahnya Rinjani ada perpustakaan dengan koleksi buku-buku anak yang keren. Nama perpustakaannya: Perpustakaan Elmuloka, dalam bahasa Indonesia artinya ‘tempat ilmu’. Selain pilihan bukunya yang lumayan banyak, ilustrasi buku-buku di perpustakaan ini juga sangat bagus dan menarik. Saya sendiri sering mendapat inspirasi dari ilustrasi buku-buku di sana. Menurut saya, buku cerita anak-anak yang bagus itu ya yang ilustrasinya menarik. Anak-anak sendiri kan belum bisa membaca, jadi satu-satunya yang bisa menceritakan isi buku sekaligus memancing imajinasi mereka ya dari ilustrasi atau gambar.

IMG_2924

Buku anak-anak di Perpustakaan Elmuloka diatur berdasarkan kategori fiksi dan non-fiksi. Di area fiksi disusun berdasarkan alfabet, sedangkan yang non-fiksi dikelompokkan berdasarkan kategori seperti ilmu sosial, pengetahuan alam dan matematika, bahasa serta religi. Selain itu banyak juga koleksi komik anak-anak yang menarik. Buku-buku di Perpustakaan Elmuloka tidak hanya untuk anak-anak saja, untuk urban mama dan papa pun tersedia pojokan khusus berisi novel-novel populer yang bisa ikut dipinjam. Setiap tahunnya selalu ada buku-buku baru di perpusakaan ini. Buku baru tersebut merupakan hasil donasi orang tua murid dan berbagai lembaga yang ada di Bandung.

IMG_3357-2

IMG_3358-2

Untuk menjadi anggota Perpustakaan Elmuloka ternyata tidak terbatas untuk murid internal sekolahnya saja lho. Teman-teman yang tidak bersekolah di situ pun bisa menjadi anggota perpustakaan. Syaratnya mudah: tinggal membawa fotocopy KTP orang tua dan membayar uang pendaftaran sudah bisa langsung pinjam buku (maksimal dua buah buku) dan paling lambat dikembalikan seminggu dari waktu peminjaman.

IMG_3355-2

IMG_3356-2

IMG_3359-2

IMG_3360-2

IMG_5157

IMG_2923

IMG_2921

Bagi urban mama dan urban papa yang tinggal di Bandung, yuk segera ajak si kecil ke Perpustakaan Elmuloka di Jalan Malabar no.61 Bandung. Menyenangkan sekali mengajak anak-anak ke perpustakaan, agar anak-anak semakin dekat dan tambah senang membaca buku.

11 Comments

  1. ninit
    ninit yunita December 30, 2014 at 9:53 am

    wah menyenangkan banget yaaa perpusnya :) sukaaa… anak2 harus sering2 nih dibawa ke perpus gini. supaya anak2 suka baca. pantesan rinjani rajin baca yaaah nya.

  2. gabriella
    Gabriella Felicia December 30, 2014 at 10:40 am

    Perpustakaannya keren! Senang banget ya kalau di sekolah atau di dekat rumah ada perpustakaan bagus. Koleksi bukunya juga bagus-bagus!

  3. kikinungky
    kikinungky December 30, 2014 at 12:35 pm

    noted! pas bgt, lg cari buku baru buat sikecil. Thank u infony :)

  4. ipeh
    Musdalifa Anas December 30, 2014 at 5:17 pm

    nyanya, perpusnya bagus banget. berharap ada perpus oke seperti ini di bogor

  5. cindy
    cindy vania December 30, 2014 at 5:52 pm

    Perpusnya bagus deh,buku2 anaknya juga keren2,setuju sama nyanya,kalau ilustrasinya bagus pasti anak2 jadi tertarik baca yaa.

    wah gue harus rajin cari info supaya nemu perpus yg sediain buku2 anak yg oke di solo nih :)

  6. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 30, 2014 at 6:09 pm

    Kereenn… Ini perpustakaannya cozy banget. Seneng ya ngajak anak-anak ke perpustakaan :)

  7. siska.knoch
    Siska Knoch December 30, 2014 at 9:54 pm

    Serunyaaa ada perpus keren di sekolah ya. Apalagi buku2 ceritanya bagus2!

  8. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 30, 2014 at 10:30 pm

    keren banget Nya! seneng deh bacanya…

  9. enjimagetsari
    Enji Magetsari January 6, 2015 at 10:40 am

    Aahh Bandung semakin keren, semoga akan semakin banyak sekolah dengan perpustakaan bagus seperti ini :)

  10. hapsari.ayik
    hapsari.ayik January 8, 2015 at 11:04 am

    cozy tempatnya, nyaman pastinya kalo baca2 disana, di Solo belum nemu yg kayak ginian :(

  11. Ummu Alfathoni
    Ummu Alfathoni January 9, 2015 at 4:21 pm

    perpustakaannya nyaman….

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.