Petualangan Seru Lewat Camping

Mempunyai dua anak laki-laki yang sangat aktif & berkeingintahuan yang sangat besar tentu ada tantangannya sendiri bagi saya dan suami. Terutama tantangan untuk mencarikan berbagai macam aktivitas yang bisa membuat anak-anak merasakan pengalaman seru dan berkesan di hati mereka sampai mereka besar nanti. Salah satu kegiatan positif yang menurut kami sangat seru dan menyenangkan bagi anak-anak adalah camping atau berkemah. Karenanya ketika anak-anak sudah bisa diajak camping, kami berjanji untuk mengajak mereka merasakan serunya camping. Bulan lalu kami mengajak anak-anak untuk camping. Si sulung Mika (8 tahun) sudah pernah kami ajak camping sebelumnya, tetapi Jibril (3 tahun) belum pernah kami ikutkan karena waktu itu masih kecil. Sekarang Jibril sudah berusia 3 tahun, kami yakin Jibril sudah siap diajak camping

Kegiatan camping kali ini lumayan banyak yang ikut, karena kami mengajak beberapa teman dekat untuk camping bersama agar lebih seru lagi. Kebetulan teman-teman dekat ini memilki anak yang juga anak-anaknya sudah akrab dengan Mika dan Jibril. Selain itu saya juga mengajak seorang keponakan yang sedang libur, total semuanya 11 orang yang ikut camping. Tempat tujuan camping kami yaitu Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas, Gunung Gede. 

camping_mandalawangi

Acara camping-nya  tentu saja berkemah a la anak pramuka, bukan mengambil paket camping yang sudah disiapkan atau glamping (glamour camping) yang sekarang sedang hits. Karena camping a la anak pramuka, semua peralatan camping kami siapkan dan bawa sendiri, dari mulai tenda, sleeping bag, matras, kompor, nasting, head lamp, dan lainnya yang dibutuhkan. Beberapa peralatan camping kami menyewanya dari tempat penyewaan alat-alat camping dekat rumah kami. Untuk 11 orang berkemah, kami menyewa dua tenda ukuran 6-8 orang, menyewa matras dan sleeping bag sesuai jumlah orang yang ikut, menyewa dua kompor dan juga nasting untuk memasak, lampu tenda dan head lamp. Bahan masakan yang akan di masak disana kami siapkan mulai dari beras, telur, minyak, indomie, tempe, dan lainnya. Masak-masak a la camping ini juga seru karena perlu sabar dan kreatif membuat makanan dengan alat masak dan bahan seadanya tetapi tetap bisa mengenyangkan. Maklum suhu di gunung cukup dingin dan sudah pasti rasa lapar akan lebih cepat datang.

camping_mandalawangi

camping_mandalawangi

Kami berangkat dari rumah sekitar pukul 10 pagi, dan tiba di Mandalawangi pukul 12 siang. Setibanya di sana, kami langsung mencari tempat yang strategis, dekat dengan MCK dan kali agar memudahkan kami jika membutuhkan air. Kebetulan kami mendapatkan tempat bagus: dekat dengan MCK dan di depan kali kecil, yang mana jika anak-anak ingin main air pun bisa langsung ke sana. Setelah menemukan tempat yang bagus, kami langsung memasang tenda bersama-sama dan kami bisa makan siang serta berisitirahat. Waktu pun semakin sore, tiba saatnya saya dan ibu-ibu lainnya menyiapkan makanan, sementara anak-anak asyik bermain ayunan di pohon serta jalan-jalan dan bermain air di kali. 

camping_mandalawangi

camping_mandalawangi

Ketika malam sudah menjelang dan makanan sudah siap, kami makan malam bersama yang disusul dengan menyalakan api unggun. Untuk kayu api unggun ini, kami beli dari warga sekitar yang menjualnya di dekat area perkemahan. Tentu saja api unggun ini adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak, mereka penasaran bagaimana menyalakan api unggun sampai api unggunnya menyala. Kegiatan lainnya tentu saja bernyanyi dan bermain gitar bersama, bermain tebak-tebakan, ABC-lima-dasar, dan bermain pak polisi-polisian yang anak-anak suka. Tentu saja anak-anak sangat senang dan gembira, sampai harus kami paksa untuk tidur dan beristirahat. 

camping_mandalawangi

camping_mandalawangi

Camping kali ini hanya kami rencanakan semalam saja. Setelah sarapan, anak-anak bermain air di kali, lalu mandi. Kemudian kami bersih-bersih dan lalu bersiap-siap untuk pulang. Petualangan camping ini sangatlah seru bisa dilakukan bersama anak-anak. Apalagi bermain di alam terbuka berudara sejuk tentu terasa sangat istimewa dan nyaman. Tentu saja, camping ini tidak membuat kami kapok, bahkan kami jadi 'nagih' dan ingin melakukannya lagi setidaknya setahun sekali. Semoga tahun depan kami bisa mengajak anak-anak camping lagi di tempat yang berbeda dan petualangan baru yang lebih seru.

Nah, adakah Urban mama-papa yang juga pernah camping bersama keluarga?

13 Comments

  1. avatar
    Woro Indriyani May 18, 2017 9:54 am

    Mba Dietaaaa seru banget sih, kok aku jadi ikutan kebayang-bayang suasana sejuknya. Jibril juga keren ya bisa enjoy gitu sama kaka-kakanya.

    1. avatar
      Friska Dina Sitorus May 31, 2017 10:37 am

      ayo wor cobain wor ke rey...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel May 13, 2017 9:17 am

    Dietaa seru banget! Pasti anak2 seneng yaa... yuk yuk kemping bareng

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Dewi Febrianti May 12, 2017 5:57 pm

    mbak dieeett serruu bgt siihh! pas banget aku sm suami juga mau ajak Gio camping. Rencana sih habis lebaran. udah hampir 2,5 tahun juga sepertinya memang sudah bisa diajak camping. thank you sharingnyaaa jd banyak dapet pencerahan :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita May 12, 2017 1:20 pm

    dieta nih memang deh juaraaa! anak-anak sering diajak bertualang ke alam bebas seperti ini. seru banget yaaa diet dan banyak banget manfaatnya. kapan2 ajak donggg camping bareng :)

    1. avatar
      dieta hadi May 12, 2017 1:28 pm

      teteh, hayuk yuk camping bareng pasti lebih seruuu, aku pengen mungkin akhir tahun atau pas ada libur yg lumayan lagi hihi

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Imelda Sutarno May 12, 2017 11:28 am

    seeruuuu.....pengeen bgt ngajak anak-anak camping tp sampe sekarang belum keturutan euy. Makasih sharingnya ya mbak, jd dapat referensi deh nih tentang pengalaman ngajak anak camping.

    1. avatar
      dieta hadi May 12, 2017 11:51 am

      serruuu banget mbak, ayo di coba sama anak-anak, pasti ketagihan deh

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.