Pinwheel Pizza Rolls

Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Apakah urban Mama sering kehabisan ide untuk menu makanan lunch box si kecil? Kebetulan saya punya resep yang praktis untuk kreasi makanan lunch box, yaitu Pinwheel Pizza Rolls, di mana inspirasi resep ini datang dari salah satu bloggers yang memuat resep free sandwich lunchbox. Menurut saya, pinwheel pizza ini rasanya enak, sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Urban Mama juga dapat membuat pinwheel pizza ini bersama si kecil sebagai aktivitas seru di rumah.

Kali ini pembuatan pinwheel saya menyerahkan sepenuhnya kepada Alika. Jadi hampir semua prosesnya Alika yang mengerjakan, saya hanya mengawasi sambil memberikan  langkah-langkah pembuatannya. Menurut teori-teori yang ada di buku-buku parenting dan pendidikan anak, kalau anak diikutsertakan dalam kegiatan memasak maka di anak akan lebih tertarik dan termotivasi untuk melahap makanan tersebut. Teori ini terbukti bagi Alika dan saya pribadi, namun bisa jadi berbeda untuk anak lain.

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pinwheel pizza?

  • 1 kulit pastry
  • 3 sendok makan saus pizza (saya pakai tomato paste)
  • Keju parut mix untuk pizza (bisa diganti dengan keju yang ada di rumah seperti mozarella, parmesan, keju lembaran dan lainnya)
  • Smoked beef 2 -4 lembar, tergantung ukuran lembaran dagingnya (kalau yang makan bacon bisa juga pakai bacon. Di sini saya pakai smoked chicken 4 lembar).
  • Untuk isi topping pizza dapat urban Mama sesuaikan dengan bahan makanan yang tersedia di rumah dan sesuai selera si anak.

Cara membuatnya:

1. Panaskan oven 180 derajat Celsius.

2. Taruh lembaran kulit pastry di atas talenan. Oleskan saus pizza sampai rata lalu taburkan topping isi pizza.

pinwheel pizza rolls

pinwheel pizza rolls

3. Gulung kulit pastry yang sudah diberi topping isian, lalu potong hingga menjadi 6 bagian. Bisa juga dipotong menjadi 12 bagian hingga menghasilkan gulungan pizza yang lebih tipis.

pinwheel pizza rolls

pinwheel pizza rolls

4. Susun potongan gulungan pizza pada loyang yang telah dialasi kertas roti.

5. Panggang pinwheel pizza selama 10- 15 menit atau sampai matang, tergantung jenis dan besar oven yang dipakai di rumah.

pinwheel pizza rolls

Cukup mudah bukan pembuatan pinwheel pizza rolls ini? Praktis dan lezat, pastinya. Selain kulit pastry, urban Mama dapat menggunakan adonan kulit pizza siap pakai untuk membuat pinwheel pizza ini. Urban Mama dapat berkreasi dengan berbagai macam jenis topping asin atau manis. Pizza pinwheel ini dapat dibuat sekaligus lalu disimpan dalam kulkas dan dihangatkan kembali setiap kali akan disajikan. Selamat mencoba, urban Mama!

4 Comments

  1. avatar
    Gabriella Felicia August 29, 2017 11:34 am

    Wah seru, bisa buat aktivitas juga nih di rumah saat weekend... makasih ya Fen... idenya seru!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi August 28, 2017 12:52 pm

    duh terlihat mudah nih bikinnya, anak-anak penyuka pizza juga. Bisa dijadiin cemilan sehat buat bekel atau di rumah. TFS ya mama fenny.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania August 26, 2017 8:06 am

    Waah Alika pinter banget sudah bisa bikin makanan enaak :)

    TFS resepnya ya mama Fenny.. Emang paling enak kalau dibuat ukuran kecil gitu yaa.. tinggal "lhep" :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita August 26, 2017 7:47 am

    ya ampunnn aseru amat ini pinwheel pizza. alika hebaaat udah bisa bikin sendiri... pasti seneng yaaa makan buatan sendiri. nanti bi ninit nyontek yaaa... semoga bisa sebagus alika bikinnya :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.