Pirate Ghaisan’s 2nd Birthday Party

Bety Kurnia

Rasanya baru kemarin, saya merasakan kontraksi yang luar biasa, melahirkan seorang bayi mungil melalui proses vaginal birth, berjuang memberikan ASI, bangun tiap malam ketika Ghaisan terjaga. Lalu membimbing Ghaisan tengkurap, merangkak, duduk, berdiri, berjalan, dan berbicara.

Di usia Ghaisan yang genap dua tahun ini, saya dan suami ingin membuat tasyakur kecil-kecilan dan menghadiahi Ghaisan dengan hadiah yang tidak ternilai harganya yaitu sahabat. Kami ingin Ghaisan merasakan banyak rasa sayang dari sobat kecilnya dan kami juga ingin menghadiahi sobat kecil Ghaisan dengan canda, tawa, dan kebahagiaan. Jadilah sebuah pesta kecil yang bertemakan Pirate and Princess Party.

Idenya muncul ketika saya membolak-balik album photo Ghaisan yang berkostum pirates. Dan tema princess muncul karena teman Ghaisan yang perempuan pasti lebih suka menjadi seorang princess daripada pirates. Akhirnya temanya saya gabungkan pirates untuk anak laki-laki dan princess untuk anak perempuan.
Persiapan ulang tahun memakan waktu tiga bulan. Cukup lama karena saya harus kerja full time di kantor. Jadi hanya waktu luang saja, saya bisa mencicil persiapan ini.

Pirate and Princess Party

Untuk undangan, saya ingin anak-anak menerima sebuah “message in the bottle”. Saya membeli sebuah botol kaca ASIP yang berukuran kecil. Saya masukkan pasir laut, cangkang kerang, cangkang keong, dan undangan yang digulung dan diikat dengan sebuah pita merah kecil ke dalam botol. Di bawah tutup botolnya, saya lilitkan tali yang terbuat dari pelepah pohon pisang kering. Dan untuk tujuan surat, saya tempelkan sebuah kertas bulat di sisi botol.

Sebelum masuk ke kapal yang membawa para tamu menyelami pesta, tamu laki-laki mengenakan name tag, kain dikepala, hook di tangan kanan, dan pedang di tangan kiri. Tamu anak perempuan mengenakan name tag, tiara dan tongkat princess.

Sosok Pirate.

Sosok Princess.

Sambil menunggu pirate dan princess yang belum datang, anak-anak merangkai gelang, bermain tower doom, playset street fire parking, classic train, dan mainan Ghaisan lainnya.

Ketika pesta dimulai, MC memberikan instruksi pada tamu kecil untuk menempati meja dan kursi yang sudah dinamai nama meraka masing-masing. Saya ingin tamu kecil ini merasakan jamuan pesta seperti layaknya pirate dan princess ketika merayakan pesta. Di atas meja, saya letakkan sebuah piring, sendok, garpu, place holder name, alas makan, dan sebuah tisu yang saya bentuk menyerupai layar kapal yang saya tempatkan di atas piring.  Untuk kursi dan mejanya, saya rental dari kinderplays.

Table Manner ala Pirate and Princess Party.

Wishing Tree.

Pirate Ghaisan mendekati salah satu princess.

Bunda Ghaisan dikerjain MC.

Tiup lilin.

Saya sebenarnya sudah menyiapkan sebuah games yang berjudul walk in the plank, pin the patch on the pirate, hook the jewels, dsb. Tetapi karena lebih banyak tamu kecil yang berusia di bawah 3 tahun, akhirnya hanya games tanya jawab yang berlangsung.

Setelah game usai, saya persilakan pirate, princess, dan para orang tua untuk menikmati dessert island yang berisi berbagai makanan dan minuman ala bajak laut, diantaranya:

  1. Fruit Sword Kabobs, terbuat dari potongan buah pepaya, anggur, naga, kiwi, dan strawberry yang saya tusuk menyerupai pedang. Di sebelahnya, saya sediakan saus salad thousand island.
  2. Arum manis
  3. Star Fish, terbuat dari tumpukan roti tawar yang berbentuk bintang dan diolesi selai strawberry di setiap lapisnya. Bentuk bintang ini, saya peroleh dari cetakan bento. Rupanya ibu-ibu dapat ide segar dari menu sea star ini untuk bekal sekolah anaknya.
  4. Lollipop
  5. Treasure chest.
  6. Cake ulang tahunnya terbuat dari moist chocolate. Diatasnya terdapat sebuah kotak harta karun dan figur pirate di atas pulau.
  7. Cupcake dengan design pirates face, pedang, bom, dan map.
  8. Pirate reward, berupa cookies dengan design pirates face.
  9. Octopus, yang terbuat dari sosis yang saya bentuk menyerupai cumi-cumi.
  10. Root beer float adalah air mineral.
  11. Pirate teeth atau pop corn.
  12. Parrot legs adalah paket KFC yang sudah saya pesan.
  13. Pot of gold, terbuat dari koin coklat yang dibungkus kertas berwarna emas dan silver.
  14. Klappertart

Arrrrr… Saatnya bajak laut beraksi!
Ternyata saya salah… bajak lautnya bukanlah para tamu kecil Ghaisan tetapi para mama. Ibu-ibu dengan cepat, sigap, dan tangkas menjarah harta karun di dessert island layaknya sang bajak laut. Kantong plastik sengaja saya siapkan sebagai tempat hasil jarahan. Inilah session yang menarik dari pesta ini. Saya sangat suka dengan gaya para bajak laut ketika beraksi. Tujuan pesta saya berhasil yaitu harta karun di dessert island ludes dan disikat habis.

Di akhir pesta, masih ada satu harta karun lagi yang bisa di bawa pulang. Tas bergambar wajah pirates warna biru yang berisi kapal othok-othok, ketapel, teropong, gangsing, yoyo, dan tamiya (untuk anak laki-laki). Dan tas bergambar siluet princess warna pink yang berisi boneka barbie besar, barbie kecil, dan mainan bekel untuk anak perempuan. Supaya lebih personalized, masing-masing tas terdapat label nama anak yang akan menerima.

Saya dan suami senang melihat tamu undangan puas dengan kemeriahan pesta ulang tahun Ghaisan. Dan yang terpenting adalah saya senang Ghaisan mempunyai banyak teman yang menyayanginya.

Selamat ulang tahun yang kedua sayang. Semoga Ghaisan selalu diberikan kesehatan, tambah pintar, jadi anak yang soleh, dan selalu bahagia. Ayah dan bunda bangga memilikimu.

14 Comments

  1. maymoms
    Susan Aldilla May 29, 2011 at 5:51 am

    Woow keren.. Buat sendiri ? Niat banget ! Hasilnya pun bagus !! Cupcakesnya keren, goodie bag nya top !! Happy Bday Ghaisan !!

  2. thelilsoldier
    inga May 29, 2011 at 6:39 am

    ini bikin sendiri? keren banget!

  3. amie kumala
    Hutami Kumala May 29, 2011 at 9:49 am

    hebat euih…persiapannya mantab hasilnya juga oke. semuanya bikin sendiri? kereeen…cupcakesnya juga?!

  4. BundaTsabitTsaqifa
    Nurul Husna May 29, 2011 at 10:22 am

    Iya,beneran niat bgt nih..mantabs. wew,jgn2 bs banting stir jd WO kids party nii^^ hihi

  5. Bety Kurnia
    Bety May 29, 2011 at 5:41 pm

    @susan:wah..terima kasih.untuk cakenya pesan di pearlycakes.tas pirate dan princessnya pesan di GCraft.

  6. Bety Kurnia
    Bety May 29, 2011 at 5:42 pm

    @inga:mirip EO mungkin. Nggak semuanya aku kerjain sendiri kok, beberapa aku pesan.

  7. ifa
    ifa May 29, 2011 at 7:57 pm

    seru yah, seneng bgt dikasi kado persahabatan :D tfs mama Ghaisan

  8. trias.kelly
    trias kelly May 30, 2011 at 7:34 am

    serunya, happy birthday ghaisan

  9. imargaretha
    iken margaretha May 30, 2011 at 4:06 pm

    Waah, Ghaisan lucu bangeet!.Happy Birthday ya sayaang..:))

  10. bhaktiwidi
    Bhakti Widiastuti May 31, 2011 at 8:41 am

    Wah…Bundanya niat banget deh…dari undangan, sampe goodie bag nya :) mantab mbak. Happy Birthday buat Gaishan…kayanya pestanya seru yaaa…pasti Gaishan seneng deh :)

  11. realita
    Lita Riyanti May 31, 2011 at 9:11 am

    WOW!! Ghaisan pasti seneng dapet hadiah pesta special kyk gini, keren bgt nih mama nya Gaisan..two thumbs up (d^_^b)

  12. siska.knoch
    Siska Knoch October 3, 2011 at 9:30 pm

    kereeeen :)

  13. mavis78
    mavis78 January 7, 2012 at 9:47 pm

    Hi, salam kenal yah. Bole tau nga itu botol yg buat undangannya beli dmana? Thx

  14. afra
    afra valentina May 18, 2013 at 5:43 pm

    Hebat nih bunda ghaisan… Btw treasure boxnya bagus amat… Belinya dimana yah bun?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.