Preloved Items, Why Not?

Saat menantikan kelahiran si kecil, satu hal yang kita persiapkan biasanya adalah perlengkapan bayi. Ternyata perlengkapan bayi itu tidak sedikit dan harganya juga tidak bisa dibilang murah. Padahal sebagai ibu rasanya ingin sekali membeli semua barang yang lucu-lucu dan pasti kita anggap sangat berguna bagi si kecil. Tapi kalau budget yang kita miliki terbatas, maka kita perlu membuat skala prioritas mana barang yang penting dan barang pendukung.

Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah berburu garage sale. Biasanya acara garage sale menguntungkan kedua belah pihak. Pemilik barang jadi senang karena tidak perlu menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai, rumah jadi lebih lega, sementara pembeli pun senang karena bisa mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga yang miring.

Saya ingin sedikit berbagi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat urban mama ingin membeli preloved items bagi si kecil:


  • Pakaian


Biasanya baju-baju pergi atau pakaian pesta tidak terlalu sering dipakai. Mungkin hanya baru satu atau dua kali pakai. Periksa dengan teliti apakah seluruh kancing masih ada, ritsleting masih berfungsi dengan baik atau tidak. Pastikan tidak ada noda dan bagian yang sobek.

  • Mainan


Pilih mainan yang sesuai dengan umur anak kita. Lalu periksa dan amati apakah ada bagian yang kurang lengkap atau tidak, atau apakah ada bagian cat yang terkelupas atau tidak. Perhatikan juga bagian-bagian kecil dari mainan.

  • Boks bayi


Pastikan tidak ada bagian tali-temali yang lepas dari tempatnya dan cek apakah busa matras masih nyaman ditiduri oleh bayi. Untuk boks portabel, pastikan bagian jaringnya tidak ada yang bolong. Dan kalau ada yang bolong, sebaiknya tidak lebih dari ¼ inci demi keamanan si kecil.

  • Stroller


Usia stroller sebaiknya tidak lebih dari lima tahun. Jadi hanya stroller yang diproduksi mulai tahun 2009 yang layak dipertimbangkan. Perhatikan setiap bagian stroller, terutama mengenai fungsi keamanannya: harness, rem roda, tidak ada bagian penting yang lepas atau hilang. Saat memilih stroller, cobalah kemudikan beberapa saat, rasakan apakah manuver stroller masih prima saat dipakai.

Secara rutin, setiap tahun Bambino Picollo mengadakan garage sale. Tahun ini garage sale akan diadakan pada tanggal 7 Desember 2014.

Garage sale merupakan kegiatan rutin tahunan bambino piccolo. Tahun ini kami sudah mengadakan 2x dan rencananya ke depan akan diadakan rutin per 3-4 bulan sekali. Awalnya garage sale Bambino Piccolo  diadakan untuk menjual barang-barang eks-rental saja. Kenapa dijual? Karena sudah tidak lolos QA untuk disewakan, tapi jangan khawatir karena kami tetap mengutamakan keselamatan. Misalnya untuk stroller, ada noda membandel yang tidak hilang. Atau untuk mainan, mungkin sudah ada bagian yang hilang, tanpa mengurangi fungsi mainan itu sendiri. Atau karena sudah lewat standar usia lama penyewaan (rata-rata 2-3 tahun). Barang-barang ini masih memenuhi syarat untuk dipakai sendiri, tapi sudah tidak memenuhi standar untuk kami sewakan.


[caption id="attachment_102541" align="alignnone" width="620" caption="Suasana Garage Sale Agustus 2014"][/caption]

Seiring berjalannya waktu, banyak permintaan dari customer untuk bisa titip jual barang mereka di garage sale kami. Akhirnya kami turuti, dengan standar QA dari Bambino Piccolo yg cukup ketat, baik dari sisi kondisi barang juga dari sisi harga. Hal ini supaya tidak mengecewakan para peminat garage sale yang hadir.



Barang-barang yang kami juga dalam garage sale ini sudah melewati tahap pengecekan yang teliti dari saya dan tim. Jadi dapat dipastikan kalau barang-barang yang dijual adalah barang-barang yang masih layak pakai. Untuk melihat barang-barang apa saja yang bisa didapatkan, syarat ikut garage sale, aturan main, dll, urban mama bisa melihatnya di sini.

19 Comments

  1. avatar
    mbak nonik March 30, 2016 12:08 pm

    @viena
    kebetulan taun ini akan digelar bulan april mendatang.
    silakan ke fb kami untuk update informasinya yaa :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Rachma Octaviena March 30, 2016 11:57 am

    hai mbak, masih akan ada lagikah garage sale di tahun 2016 ini? Pengen deh liat2..

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Mama Taruli December 7, 2014 10:44 pm

    Ya ampyuuunn, nyeseknyaa. pdhl dr minggu2 kmrn sudah niat sepenuh hati mau datang (udah ngebayangin barang yg mau d beli)

    hiks, lupaaa nulis di reminder, jadinya kelewat garage sale nya :((

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    mbak nonik December 5, 2014 1:20 pm

    @lokahitta
    waaah, ayo garage sale kali ini jangan sampe ketinggalan yaaah

    @ajeng
    terima kasih doanya :)

    @niafia11
    kami pertimbangkan yah, mudah2an ada resource yang cukup untuk online sale.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    mbak nonik December 5, 2014 1:19 pm

    halooo, [url=https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10152562978039576.1073741849.94370849575&type=3&uploaded=5]album facebook kami[/url] baru aja diupdate untuk sneakpeek barang yang bakal mejeng di garage sale nanti lho. Go check them out ya tumblers....
    See you on sunday ;)

    1. avatar

      As .