Preloved Items, Why Not?

mbaknyonyik

Saat menantikan kelahiran si kecil, satu hal yang kita persiapkan biasanya adalah perlengkapan bayi. Ternyata perlengkapan bayi itu tidak sedikit dan harganya juga tidak bisa dibilang murah. Padahal sebagai ibu rasanya ingin sekali membeli semua barang yang lucu-lucu dan pasti kita anggap sangat berguna bagi si kecil. Tapi kalau budget yang kita miliki terbatas, maka kita perlu membuat skala prioritas mana barang yang penting dan barang pendukung.

Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah berburu garage sale. Biasanya acara garage sale menguntungkan kedua belah pihak. Pemilik barang jadi senang karena tidak perlu menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai, rumah jadi lebih lega, sementara pembeli pun senang karena bisa mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga yang miring.

Saya ingin sedikit berbagi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat urban mama ingin membeli preloved items bagi si kecil:

  • Pakaian

Biasanya baju-baju pergi atau pakaian pesta tidak terlalu sering dipakai. Mungkin hanya baru satu atau dua kali pakai. Periksa dengan teliti apakah seluruh kancing masih ada, ritsleting masih berfungsi dengan baik atau tidak. Pastikan tidak ada noda dan bagian yang sobek.

  • Mainan

Pilih mainan yang sesuai dengan umur anak kita. Lalu periksa dan amati apakah ada bagian yang kurang lengkap atau tidak, atau apakah ada bagian cat yang terkelupas atau tidak. Perhatikan juga bagian-bagian kecil dari mainan.

  • Boks bayi

Pastikan tidak ada bagian tali-temali yang lepas dari tempatnya dan cek apakah busa matras masih nyaman ditiduri oleh bayi. Untuk boks portabel, pastikan bagian jaringnya tidak ada yang bolong. Dan kalau ada yang bolong, sebaiknya tidak lebih dari ┬╝ inci demi keamanan si kecil.

  • Stroller

Usia stroller sebaiknya tidak lebih dari lima tahun. Jadi hanya stroller yang diproduksi mulai tahun 2009 yang layak dipertimbangkan. Perhatikan setiap bagian stroller, terutama mengenai fungsi keamanannya: harness, rem roda, tidak ada bagian penting yang lepas atau hilang. Saat memilih stroller, cobalah kemudikan beberapa saat, rasakan apakah manuver stroller masih prima saat dipakai.

Secara rutin, setiap tahun Bambino Picollo mengadakan garage sale. Tahun ini garage sale akan diadakan pada tanggal 7 Desember 2014.

Garage sale merupakan kegiatan rutin tahunan bambino piccolo. Tahun ini kami sudah mengadakan 2x dan rencananya ke depan akan diadakan rutin per 3-4 bulan sekali. Awalnya garage sale Bambino Piccolo  diadakan untuk menjual barang-barang eks-rental saja. Kenapa dijual? Karena sudah tidak lolos QA untuk disewakan, tapi jangan khawatir karena kami tetap mengutamakan keselamatan. Misalnya untuk stroller, ada noda membandel yang tidak hilang. Atau untuk mainan, mungkin sudah ada bagian yang hilang, tanpa mengurangi fungsi mainan itu sendiri. Atau karena sudah lewat standar usia lama penyewaan (rata-rata 2-3 tahun). Barang-barang ini masih memenuhi syarat untuk dipakai sendiri, tapi sudah tidak memenuhi standar untuk kami sewakan.

Suasana Garage Sale Agustus 2014

Seiring berjalannya waktu, banyak permintaan dari customer untuk bisa titip jual barang mereka di garage sale kami. Akhirnya kami turuti, dengan standar QA dari Bambino Piccolo yg cukup ketat, baik dari sisi kondisi barang juga dari sisi harga. Hal ini supaya tidak mengecewakan para peminat garage sale yang hadir.

Barang-barang yang kami juga dalam garage sale ini sudah melewati tahap pengecekan yang teliti dari saya dan tim. Jadi dapat dipastikan kalau barang-barang yang dijual adalah barang-barang yang masih layak pakai. Untuk melihat barang-barang apa saja yang bisa didapatkan, syarat ikut garage sale, aturan main, dll, urban mama bisa melihatnya di sini.

19 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 3, 2014 at 5:03 am

    ahh setuju banget sama anindya, preloved items itu justru solusi bagi yang menginginkan barang bagus tapi dengan harga yang bersahabat :)

    Pengen dateng ke garage sale-nya juga kalo sempet nih..

  2. siska.knoch
    Siska Knoch December 3, 2014 at 8:43 am

    Gue juga setuju, apalagi kalo misal masa pakainya sebentar tapi perlu punya, lebih milih second sih :))
    Ta, kalo jadi dateng janjian yuk dateng yg kapan. hihi

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 3, 2014 at 8:50 am

    aaarrrgghhh!! Aku iriiii.. Di surabaya kapan ada yang beginian??! hiks… Aku juga suka preloved items terutama untuk barang-barang yang pakenya cuma sebentar tapi beli barunya mahal. :)

  4. neni_arka
    Neni Setyoreni December 3, 2014 at 10:31 am

    Kapan yaa, Bambino Piccolo bikin online garage sale lagi? Ayo dong mbak, adain lagi. Biar kita yang di luar kota bisa ikut ngerasain serunya garage sale ala Bambino Piccolo.. ;)

  5. nioanio
    nioanio December 3, 2014 at 11:07 am

    Setuju bikin onlen sale donk..mamas..biar yang di daerah bisa merasakan preloved items nya yang menggiurkan.

  6. cindy
    cindy vania December 3, 2014 at 11:16 am

    aku setuju banget kalo beli preloved items yg harga barunya mahal tapi dapet harga murah dan masih oke.
    Karena banyak banget memang barang2 yang dibutuhkan dan masa pakainya sebentar tapi harganya ngga nguatin.

    Setuju deh,bikin online sale lagi kayak dulu :p

  7. teta
    teta December 3, 2014 at 3:59 pm

    Setuju setuju online garage saleeeee!
    Tos sama mbak Wiwit, mbak Neni dan mbak Cindy.

  8. eka
    Eka Wulandari Gobel December 3, 2014 at 5:59 pm

    asyik yaa..Sekarang apa2 lebih mudah. Ada penyewaan peralatan Ibu Dan bayi, Ada garage sale offline Dan online pula. Bantu banget buat keluarga yg pny bayi dan anak2, lebih hemat dan praktis.

  9. mitsa
    mitsa December 3, 2014 at 6:08 pm

    Mauuuu

  10. mbaknyonyik
    anindya chandra astri December 3, 2014 at 6:12 pm

    @zataligouw @chika
    ayo ayo, ditunggu ya nanti hari minggu ;)

    @neni @cindy @teta @wiwit @nioanio
    hihihi, sementara ini karena resource terbatas jadi agak susah ngadain online garage sale. Doain hari minggu nanti lancar yaaah, dan mudah2an masih cukup tenaganya untuk ngadain online sale ;)

  11. mbaknyonyik
    anindya chandra astri December 3, 2014 at 6:14 pm

    @mitsa
    yuk, ditunggu nanti hari minggu, jangan lupa bawa token, hehehe

    @eka
    yup yup, kita mesti pinter2 ngakalin kebutuhan. yang bisa sewa, sewa aja, yang beli dapet murah, kenapa engga. Hari gini gituuuu,,,,

  12. AjengAdrianto
    Ajeng Fenthianika December 4, 2014 at 10:19 am

    ach jadi ingin hamil lagi klo sering2 di adain garage sale #ehh #salahfokus..

    sukses ya @anindya chandra astri..

  13. niafia11
    niafia11 December 4, 2014 at 6:15 pm

    waaahhh online garagesale,,setujuu

  14. LokahittaLover
    LokahittaLover December 4, 2014 at 8:31 pm

    Ngacungin jari telunjuk sebagai no urut 6 garage sale agustus hihihihiiii tar hari minggu no urut berapa yaaah ;) absen dri sekarang yah mbak hehehhehehe

  15. mbaknyonyik
    anindya chandra astri December 5, 2014 at 1:19 pm

    halooo, [url=https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10152562978039576.1073741849.94370849575&type=3&uploaded=5]album facebook kami[/url] baru aja diupdate untuk sneakpeek barang yang bakal mejeng di garage sale nanti lho. Go check them out ya tumblers….
    See you on sunday ;)

  16. mbaknyonyik
    anindya chandra astri December 5, 2014 at 1:20 pm

    @lokahitta
    waaah, ayo garage sale kali ini jangan sampe ketinggalan yaaah

    @ajeng
    terima kasih doanya :)

    @niafia11
    kami pertimbangkan yah, mudah2an ada resource yang cukup untuk online sale.

  17. Mama Taruli
    Mama Taruli December 7, 2014 at 10:44 pm

    Ya ampyuuunn, nyeseknyaa. pdhl dr minggu2 kmrn sudah niat sepenuh hati mau datang (udah ngebayangin barang yg mau d beli)

    hiks, lupaaa nulis di reminder, jadinya kelewat garage sale nya :((

  18. .viena.
    .viena. March 30, 2016 at 11:57 am

    hai mbak, masih akan ada lagikah garage sale di tahun 2016 ini? Pengen deh liat2..

  19. mbaknyonyik
    anindya chandra astri March 30, 2016 at 12:08 pm

    @viena
    kebetulan taun ini akan digelar bulan april mendatang.
    silakan ke fb kami untuk update informasinya yaa :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.