Puding Pisang

Mama Kinan

Kinan (3 tahun 11 bulan), suka sekali makan puding dengan bahan tambahan apa saja. Sekarang ini Kinan sedang susah makan sayuran dan buah-buahan tertentu. Saya akhirnya menyiasati dengan membuat puding berisi buah atau sayuran yang tidak disukainya. Misalnya saat Kinan susah makan sayur bayam, maka saya buatkan puding bayam merah dengan santan atau susu, hasilnya adalah puding berwarna pink yang pasti menarik perhatian Kinan.

Sekarang Kinan mulai susah dan tidak suka makan pisang, padahal dulu saat mulai MPASI sampai usia tiga tahun pisang ini jadi buah favoritnya. Saya akhirnya memasukkan pisang ke dalam puding agar Kinan tetap mau makan pisang.

Bahan:

  • Pisang
  • Bubuk agar-agar
  • Susu Kental Manis atau UHT
  • Gula secukupnya

Terus terang tidak ada takaran dengan tepat karena tergantung selera untuk tinggal kekerasan puddingnya dan juga tergantung seberapa banyak  kita ingin membuat pudingnya. Kita lihat saja ditakaran yang biasanya ada di bungkus agar-agar untuk instruksinya.

Cara Membuat:

  1. Iris pisang sesuai selera. Kalau mau rasa pisangnya dominan, sebagian pisang bisa diblender. Pisang yang dipotong-potong bisa ditaruh di cetakan puding sesuai selera.
  2. Rebus agar-agar sesuai petunjuk pada bungkusnya, biasanya ukuran gula saya kurangi. Setelah mendidih, tuang pisang yang telah diblender dan dipotong-potong. Aduk rata sampai mendidih kembali, jangan terlalu lama.
  3. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dipersiapkan.

puding pisang

kinan makan puding pisang sampai habis

Mudah sekali dibuat dan berhasil membuat Kinan lahap makan pisang! Selamat mencoba!

5 Comments

  1. cindy
    cindy vania August 1, 2013 at 1:08 am

    wah,selama ini nggak kepikiran kalo pisang bisa dicampurin ke puding. Fofo sama Herbie doyan banget sama pisang dan puding. besok mau coba bikin aah,pasti jadi makanan favoritnya anak2 deh..
    TFS ya ma :)

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit August 1, 2013 at 9:09 am

    kereeennn… jadi pengen cobain banyak varian nih.. mungkin malah bisa buat puding pelangi dengan warna-warni buah yaa.. TFS :)

  3. Travinan
    Travina August 1, 2013 at 3:20 pm

    mau eksekusi ahh nanti malam ! kebetulan dirumah lagi banyak banget pisang kepok dan raja, bisa kan yah ?!

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel August 2, 2013 at 12:52 am

    yumm..favorite keluarga di rumah nih.. tfs resepnya ya mama :)

  5. ZataLigouw
    Zata Ligouw August 4, 2013 at 8:45 am

    Gw paling suka resep yg gampang tp hasilnya enak ;p
    Makasih resepnya mama Kinan :-)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.