Race Perdana Farzan

Saat mendengar tentang event Jakarta Kids Run 2013 bulan September lalu, saya langsung excited ingin mengikutsertakan Farzan (4 tahun), karena event semacam ini masih jarang diadakan di Indonesia. Ketika saya tawarkan, ternyata Farzan sama antusiasnya dengan saya. Ia bahkan terlihat begitu semangat untuk ikut.

Selama ini Farzan tahu kalau saya sudah beberapa kali mengikuti running race. Kadang ia juga ikut mengantar saya ke venue, sehingga ia sudah tahu seperti apa sih running race itu. Mungkin karena itulah Farzan langsung mau ketika diajak ikut race khusus untuk anak-anak, apalagi ketika diceritakan akan ada finisher medal.

Pada Jakarta Kids Run 2013 ada 2 kategori, yaitu untuk umur 3-6 tahun (harus didampingi orangtua), dan kategori 7-12 tahun. Kedua kategori ini menempuh jarak 1,5 km. Karena saya sedang hamil 7 bulan, maka Farzan akan didampingi oleh suami saat race nanti.

Sebenarnya Farzan belum pernah mencoba lari sejauh 1,5 km. Kami paling hanya mengajaknya berjalan-jalan ke sekitar daerah Car Free Day pada Minggu pagi, dengan jarak sekitar 1-2 km. Kalau khusus untuk lari, kami belum pernah mengajaknya. Sebagai persiapan latihan untuk acara ini, kami beberapa kali mengajak Farzan untuk mencoba lari di jogging track. Farzan sempat berhasil berlari nonstop 400 m, kemudian di kesempatan lain ia berhasil menempuh jarak 800 m. Sebelum hari H, ia belum pernah mencoba berlari hingga jarak 1,5 km. Kami sepakat untuk tidak membebani target kepada Farzan untuk finish. Kami hanya ingin mengenalkan suasana race sekaligus menanamkan kebiasaan agar ia senang berolahraga.

Pada hari H, kami sudah berada di venue sekitar 20 menit sebelum acara. Ramainya peserta sebaya membuat Farzan terlihat sangat excited pagi itu. Race dimulai pada pukul 07.30 untuk kategori 7-12 tahun, baru setelah itu kategori 3-6 tahun. Sekitar 15 menit kemudian, anak-anak kecil ini mulai terlihat memasuki finish line. Seru sekali melihat gaya mereka dalam menyelesaikan race ini! Wajah-wajah bersemangat dan raut muka bangga terlihat ketika mereka berhasil melintasi garis finish dan mendapatkan finisher medal.

Saya senang melihat Farzan yang tersenyum lebar saat berhasil sampai di garis finish dan menyelesaikan race perdananya ini. Walaupun wajahnya terlihat capek (menurut cerita suami, Farzan berhasil menempuh jarak 1,5 km dengan berlari nonstop!), namun Farzan bercerita kalau ia senang sekali mengikuti acara ini. Ketika saya tawari untuk mencoba event serupa di lain kesempatan, ia langsung menjawab mau.

Semoga akan makin sering diadakan acara Kids Run seperti ini lagi. Sehingga anak-anak bisa belajar untuk mengenal kompetisi secara seru dan menyenangkan, dan tentu saja: menyehatkan.

Related Tags : ,,

13 Comments

  1. avatar
    Suryantika Tatum October 18, 2013 10:50 am

    mbak gammaaaaa....salut buat anakmu bisa lari 1,5k NS....cium buat Farzan dari tante tika ya...hahahahaha

    *kalo punya anak nanti semoga masi ada event kayak gini*

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    vecraft October 17, 2013 3:43 pm

    ayo semangat

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    gamma sinta.r October 15, 2013 12:12 pm

    makasih semuanyaaa....*ciyum dr farzan*

    iya ngarep banget bisa bakal sering ada event serupa gini lagi di Indonesia. ga sabar nunggu event Kids Run TUM! ;)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw October 14, 2013 6:58 pm

    seru bangetttt! selamat ya Farzan! kamu hebat deh *kecup*

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel October 12, 2013 12:26 am

    farzaan...hebaaat! seneng banget liat semangatnya :*

    1. avatar

      As .