Ravi's First Outing

Sebagai newbie mama yang super excited terhadap semua hal yang berhubungan dengan anak, saya ingin sedikit berbagi cerita tentang jalan-jalan pertama Ravi waktu ke Eco Green Park. Kalau kita googling tentang Eco Green Park, pasti sudah ada banyak referensi.

Waktu itu, kami mengajak Ravi pergi saat dia berusia 9 bulan. Masih kecil sudah boleh dibawa jalan-jalan outing? Menurut kami, mengapa tidak. Bagi kami, jalan-jalan outing bersama sekeluarga sangatlah perlu. Manfaatnya bukan hanya untuk quality time sekeluarga saja. Untuk mama-papanya, bisa menjadi ajang refreshing dari rutinitas sehari-hari. Untuk anak selain mengenalkan tempat dan situasi baru yang berbeda dari keseharian di rumah kepada anak, dengan outing bersama ini Urban mama dan papa juga dapat mengenali kekuatan si anak saat dibawa jalan-jalan seperti seberapa kuat daya tahan anak, bagaimana respon anak terhadap dunia luar, serta bagaimana agar anak tidak cepat lelah.

Berikut beberapa pertimbangan mengapa first outing kami memilih Eco Green Park:

1. Sebagai wahana yang saat itu baru dibuka, untuk anak usia kurang dari satu tahun, Eco Green Park  sudah cukup representatif dan mampu menarik minat si anak. Anak dapat mengenal alam, hewan, tumbuhan dan sebagainya yang mungkin selama ini hanya dilihatnya lewat buku cerita. Walaupun ekosistem buatan, namun setidaknya dapat menjadi langkah awal untuk nantinya anak mengenal ekosistem natural.

2. Lokasinya berada di Kota Batu, kebetulan dekat dengan rumah kami dan mudah dijangkau, tidak sampai 2 jam perjalanan darat oleh kendaraan kami.

3. Akomodasi tidak terlalu sulit, kami hanya butuh membawa diri dan uang saku yang memadai

4. Secara finansial tidak terlalu mahal.

Saat jalan-jalan outing sekeluarga, selalu pertimbangkan kondisi anak dalam merencanakan perjalanan. Dari mulai memilih lokasi outing (pertimbangkan usia si anak, riwayat kesehatan dan kondisi Urban mama dan papa juga yang turut serta dalam outing tersebut), minat anak (apakah si anak ini nantinya akan tertarik dan nyaman), akomodasi, dan budget selama perjalanan. Perhitungkan baik-baik durasi acara jalan-jalannya, agar si kecil tidak lekas lelah dan menjadi cranky. Semua faktor tersebut harus dikembalikan lagi ke kondisi keluarga dan yang penting anak nyaman, karena pada dasarnya kita sebagai orangtua hanya sebagai pendamping anak, fokus utamanya adalah anak.

Selamat menikmati acara outing bersama sekeluarga ya, Urban mama dan papa!

Related Tags : ,,,

5 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania October 24, 2016 1:40 pm

    Ravi sama mama Bunga kok berani sih sama burung tukan? aku aja paling gemeees ngeri sama burung itu, hahah..

    Eco Green Park bagus yaa, jadi pengen kesana juga deh.. #eh

    1. avatar
      bunga prihardina March 15, 2017 1:18 pm

      tenang mama...itu ada pawangnya di belakang layar

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    ninit yunita October 23, 2016 5:25 pm

    wahhh raviii berani yaaa foto sama burung :) hahaha lucu bangeeet ekspresinya. bener bangettt mama bunga, dari jalan-jalan itu yang penting kan kualitas sama anak dan suami yaa. ga harus mahal2. yang penting berkesan. :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    zata ligouw October 23, 2016 9:58 am

    ahaha itu Ravi tampangnya lucu banget pas foro sama burung :D. Iyes, setuju banget, jalan2 sama anak nggak harus mahal dan kalau masih kecil sebaiknya jangan terlalu jauh ya biar nggak capek di perjalanan..

    1. avatar

      As .