Rencana Manusia Vs Rencana Tuhan

Tahun 2013 ini seharusnya saya lulus S2 dan meraih gelar psikolog. Itu rencana awalnya. Namun yang harus jalani ternyata berbeda. Saya sebenarnya sudah memiliki rencana-rencana di usia tertentu. Saya ingin menikah usia 22/23. Ingin punya anak pertama sebelum 25 tahun. Ingin jadi psikolog maksimal usia 25 tahun.

Pada tahun 2011, saya memutuskan untuk melanjutkan studi profesi psikolog. Awalnya orangtua, terutama Mama, keberatan kalau saya melanjutkan kuliah. Mereka lebih memilih saya menikah dulu. Walaupun belum ada jodohnya, tapi Mama khawatir kalau saya kuliah tinggi-tinggi, nanti malah susah menikah karena pilih-pilih, standarnya tinggi, keenakan kerja lah, dan lain sebagainya. Jadi syarat yang diberikan oleh orangtua saya adalah boleh melanjutkan kuliah, asal tidak lupa menikah. Syarat yang unik, mengingat anaknya juga belum punya calon. Saya menyetujui syarat itu. Saya berjanji, kalau ada lelaki baik yang saya sreg, saya tidak akan menunda pernikahan sampai saya lulus. Dan ternyata lelaki baik itu datang saat saya mau masuk semester 2. Kemudian saya menikah di usia 23 tahun 4 bulan.

Lalu setelah menikah, saya berencana menunda kehamilan. Saya ingin memiliki anak setelah mendapat gelar psikolog. Saya membayangkan hamil ketika sedang menyusun tesis, dan melahirkan setelah wisuda. Ternyata rencana ini tidak disetujui oleh Yang Mahakuasa. Seorang anak bernama Hania Zhafira Arasy sudah ditakdirkan untuk saya lahirkan pada tanggal 16 Desember 2012.

Bagaimana reaksi saya pertama kali setelah melihat dua garis di testpack? Testpacknya saya lempar. Saya terdiam. Saya takut. Rencana saya bubar jalan.

Untuk kuliah S2 ini, saya punya target lulus cumlaude. Target itu sangat dekat tercapai, dan tidak akan terwujud kalau saya kuliah lebih dari 4 semester. Akhirnya saya berusaha berdamai dengan ambisi pribadi itu. Saya menata hati lagi, saya siapkan diri untuk menjadi ibu. Rencana lulus kuliah jadi berkembang menjadi plan A, B, C. Plan C adalah pilihan terakhir buat saya, tetapi ternyata plan itu yang harus saya ambil. Dengan pertimbangan berbagai pihak, saya harus lulus kuliah 6 semester.

Saat tahu akan lulus 6 semester? Saya menangis. Menangis kesal. Lalu saya kembali menata hati agar ikhlas. Saya lihat bayi satu bulan itu terus-menerus, untuk menguatkan saya bahwa ia lebih butuh saya. Bahwa ia adalah amanah. Apa artinya kalau saya sebagai psikolog yang sibuk mengurus anak orang lain tapi anak sendiri “terlantar”.

Lalu saya memikirkan ulang rencana hidup saya selama ini. “Menikah di usia 22/23. Jadi psikolog usia 25. Punya anak pertama maksimal di usia 25.” Ternyata rencana saya dan keputusan-Nya masih sejalan, hanya dengan cara yang berbeda. Kalau dilancarkan, insya Allah ketika saya lulus profesi psikolog nanti, saya masih berusia 25, belum 26. Dan saya sudah menikah. Dan saya sudah memiliki seorang anak.

Nilai plus dari jalan yang diberikan saat ini adalah, ketika nanti saya sibuk tesis, paling tidak masa menempel untuk ASI eksklusif sudah selesai. Dan saya memang kuliah 6 semester, tapi karena kuliahnya jadi lebih santai akhirnya saya masih bisa sambil kerja ke sana ke mari.

Semua yang terjadi pada hidup saya saat ini, ternyata “on track”. I reallly thank Allah for that. Saya memang tidak akan lulus cumlaude, dan ini kalo saya ingat-ingat sampai sekarang juga masih bikin hati miris. Tapi ya sudahlah. Apa gunanya cumlaude jadi mahasiswa kalau gagal jadi Ibu.

Jadi ternyata, doa dan harapan saya masih didengarkan. Allah baik sekali. Dan sebagai penutup cerita ini, saya ingin menjawab pertanyaan yang sering dilontarkan kepada saya, “Bagaimana caranya kamu menikah, punya anak, kuliah, dan kerja di waktu bersamaan?”

Well I guess, if u love them enough, you will always find a time and a way...

24 Comments

  1. avatar
    simbah simbah July 19, 2018 1:00 am

    assalamualaikuk Mbak... sy lihat comment mbak di salah satu pertanyaan ttf cacar air... dn qadarullah ktnya pernh terken di usia kehamilan 6bln yah? mau tanya donk mbak untuk menenangkan hati T.T kasus sy sama persis ketika sy menulis ini usia kandungan sy 6bln... apa yg terjdi sejak si kecil lahir dn tumbuh besar mbak? trimkasih... sy tunggu jwbnnya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ayyu arie December 3, 2015 10:47 am

    mbaa mimi salam kenal :)
    ketemu juga artikel yang stu nasib, tapi saya mahasiswi s1
    sediiiiihh rasanya harus nambah 1 smester lagi :(
    niatnya saya menikah setelah wisuda s1, tapi apa daya diusia 22 thun di smester 5 jodoh sudah Allah tentukan :( saya menikah dismester 5, saya fikir okk nikah gak papa dulu tapi tunda dulu hamilnya, eeeehhhh 1 bulan stelah nikah langsung tespak dapet garis 2 :'( saya lempar tespak didepan dokter dan suami saya, smester 6 hamil dan harus terpaksa cuti mangkir 1 smster, awal smester 7 lahiran dan harus kasih asi yang paling bagus terpaksa harus sering bolos kuliah karna pagi juga kerja sore kuliah kapan lagi mau kasih asi anak langsung di PD saya kalau tidak bolos kuliah. suami amat sangat senang saya positif, tapi hati saya miris kaya disayat2 pisau :'( , gimana dengan kuliah saya :( jarak yg dari tangsel ke jakarta timur kayak barat ketemu timur yang jauhnya kayak apa tauuuu kalo di bayangin, gak bakal mampu setiap hari di keadaaan perut gendut yang berat jalan jarak tempuh jauh dilewatin tiap hari aaaarrrrggghhh kesel rasanya kulilah harus terbengkalai :(. sampe niat mau gugurin ajj astagfirullah :'( kejam banget saya ini (dalam hati), juga ibu yang rada kesal kenapa tidak kuliah dulu dilanjutkan, kenapa harus nikah dulu, kenapa harus hamil dulu, ibu yang gak sama skalil mndukung saya hamil diwaktu jadi mahasiswi :( .

    ada hikmah dibalik semuanya ini. dorongan semangat dari suami, teman deket, juga tetangga yang sudah belasan tahun belum dikaruniai anak dalam hati saya selalu bersyukur, sudah dpt sertifikat KUA sertifikat kelahiran, dikaruniai princes yang cantik, sehat, bugar, pintar, lucu, dan tinggal nunggu sertifikat s1 saja.

    sekarang saya disemester 7 sbentar lagi uas, tapi absen saya bolong fuuuull tapi alhamdulillah masih boleh ikut uas, sediihh temen2 udah boleh setoran skripsi sedangkan saya harus selesain smester 6 dulu di nnti stelah smester 7 selesay :(
    iyyahh kalo lagi sama anak inget skripsi gimana kuliah gimana wisuda gimanaa.. tapi kalo lagi dkampus inget aanak terus, slalu bilang mau jadi ibu yang sempurna, tapi apalah daya :)
    mudah2an nanti saya wisuda dengan sangat bangga yang menjadi mahasiswi, karyawati, juga ibu rumahh tangga juga :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Citra_indahjs May 24, 2015 9:47 pm

    Hai mbak mimi, terima kasih buat pglamannya, ini bener2 jadi motivasi aq krn -+1minggu lgi akan menikah, dan aq lagi masa tesis btw, aq mw bs byk share lg sama mbak, tp gmn cranya ya hehehehe

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Dinda Aulia Marhaeni November 23, 2013 11:59 am

    mba mimiiiii.. keren iiiihhh :-*
    Aku malah belum mulai2 S2nya :(
    tiap mau S2, ada ajaaaa.. mulai dari kantor yang nggondelin terus (sebelum nikah), sampai akhirnya nikah & (alhamdulillah) hamil, dan sekarang Ayahnya Alanza duluan yang dapet tugas belajar *ini rasanya campur2, antara nyesek sama seneng*.
    Aku pas baca testpack, flat gitu mba ekspresinya. seperti yang mba deannisa_ri bilang, bukan berarti g seneng. tapi berasa bubaaar jalan, orang jawa bilang, ambyaaar, gitu sama planning2 yang udah tertata :p hehehe..
    dulu abis nikah, plannya tetep kerja sekalian S2, trus travelling dulu biar passpornya keisi lagi dan gak nganggur2 banget :p, ternyata.. wolaaaaa.. Allah punya planning lain lagi :)

    Alhamdulillah, Alanza 25 desember 2013 nanti genap 1 tahun :)) (selisih berapa hari ya sama Zhafira :D), dan sekarang being full time Mommy :p per maret 2013 kemaren memutuskan resign >.< karena aku kerja di Advertising, Event Organizer, dan Wedding Organizer di Jogja, yang notabene bakalan jarang di rumah.. kok rasa-rasanya ga worth it gitu ninggal Alanza :( *emak emak banget ye*

    Hehehe, semoga Allah tetep ngasih kesempatan buat ngambil S2, Alhamdulillah, sampe sekarang keinginan buat S2nya belum suruuut :))

    Makasih ya mba & mommies yang lain, ceritanyaa seruuu :))

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    arika October 30, 2013 3:28 pm

    wah, baca artikel ini langsung berasa pengen toss! bedanya adalah, umur kita ya..aku lebih tuaan. Pas ngambil master, nikah, hamil, melahirkan, cuti kuliah, masuk kuliah lagi, hamil lagi, ditinggal suami kuliah di ln, melahirkan lagi (kembar)dan akhirnya selesai di semester 6 dengan susah payah...rencana Allah memang paling indah :)

    1. avatar

      As .