Rumah Bermain Jejak Kecil

Beberapa waktu lalu saya dan Kilau menyempatkan diri untuk mampir ke "Rumah Bermain Jejak Kecil" di Jalan Bukit Dago Utara I no 13 Bandung.

Begitu sampai di Jejak Kecil, kita akan melihat sebuah garasi  yang disulap menjadi area bermain. Rumah Bermain ini berawal dari pemikiran empat perempuan yang concern terhadap dunia pendidikan anak yaitu Alma Parahita, Ramia Wulandari, Dwitya Ariani, dan Tarinda. Mulai tanggal 25 Desember 2014 lalu, hadirlah "Jejak Kecil" dengan mengusung konsep permainan outdoor yang memungkinkan anak bisa bermain sambil belajar. Berbagai aktivitas menarik yang merangsang motorik kasar dan halus pun jadi acuannya.

Setelah mengisi daftar hadir, mengambil name tag, dan kami dipersilakan masuk sambil menunggu para peserta lain yang belum datang. Tempatnya memang sederhana sekali. Begitu masuk ke halaman utama, kita akan melihat taman dengan beberapa kursi dan meja, lalu bak pasir yang letaknya di ujung taman. Memang tidak ada permainan outdoor seperti ayunan atau perosotan seperti pada umumnya tempat bermain anak-anak. Awalnya Kilau diam saja dan berbisik, "Kok gak ada ayunan ya, Bu?" Tapi perhatiannya bisa dialihkan saat saya mengajaknya  berkeliling melihat aneka tanaman yang ada.

Tak lama kemudian, Kalya dan Rieka yang kebetulan sedang ada di Bandung tiba-tiba muncul, padaha kami tidak janjian, begitu juga dengan Mutti yang membawa serta 3 anak perempuannya: Aiko, Kiarra dan Katka. Begitu melihat  Kalya dan Kiarra, Kilau langsung berbaur dengan semangat.

Acara pun dibuka dengan doa bersama, perkenalan, menyanyi bersama, dan mulai pemanasan dengan bermain mencocokkan warna. Aktivitas ini terbukti bisa mencairkan suasana. Kilau sudah mulai bersuara, mengacungkan tangan terus-menerus dan semangat sekali menempelkan   kertas berwarna yang diberikan untuk ditempelkan ke benda-benda yang sama warnanya. Setelah itu anak-anak disuruh duduk membentuk lingkaran sambil mendengarkan sang kakak bercerita seputar misi hari ini. Tim Jejak Kecil yang memanggil dirinya,"Kakak" ini berjumlah 6 orang dan mereka semua ramah sekaligus bersemangat menghadapi anak-anak yang rata-rata berusia 2-6 tahun.

Tema saat itu adalah ‘My Sweet Paper Castle’, jadi semua anak-anak akan bertualang dengan penyihir dengan cara mewarnai istana bersama-sama dan terakhir akan membantu sang penyihir membuat istana.

Mewarnai istana adalah aktivitas pertama yang dilakukan. Semua peralatan sudah disiapkan di halaman samping. Anak-anak diminta untuk berbaris, kemudian bergantian berjalan di atas balok, memilih alat-alat yang sudah disediakan lalu kemudian bebas berkreasi untuk mewarnai istana yang terbuat dari kertas.

Aktivitas ini cukup membuat anak-anak sibuk sendiri selama beberapa saat. Senang melihat mereka mengeksplorasi semua alat yang diberikan. Dari mulai kulit jeruk, spons, kuas, potongan sayuran juga semprotan. Selama anak-anak melakukan aktivitasnya, suara lagu  dari speaker yang ditaruh di sudut ruangan membuat suasana lebih meriah.

Setelah semuanya puas bereksperimen, aktivitas pun beralih untuk membuat istana sendiri. Anak-anak diminta untuk mewarnai castle terlebih dahulu, kemudian dilipat, dilem, dibentuk dan terakhir dihias sesuka hati, boleh menggunakan benang wol atau dedaunan. Sedangkan untuk finishing touchnya, mereka harus mengambil bendera yang disembunyikan, untuk kemudian ditempelkan di castlenya menggunakan selotip.

Ini hasilnya:

Setelah istananya selesai dihias, waktunya untuk beristirahat sejenak dan diperbolehkan untuk makan dan minum. Setelah itu semuanya kembali berkumpul, kemudian berdoa. Sebagai penutup, semuanya mengulurkan tangan, mengangkat tangan ke atas sambil bersama-sama mengucapkan “Aku anak hebat”! dan acara pun selesai.

Begitu masuk mobil, Kilau langsung berkomentar, “Bu, aku mau lagi dong main di tempat tadi, maksudnya kalau Ibu gak ada acara dan aku libur ya Bu, soalnya seru banget loh. Aku happy”

Oh ya, Jejak Kecil selalu punya tema menarik yang berbeda-beda tiap minggunya. Kita bisa datang setiap hari Rabu atau Sabtu jam 10-12 siang dengan membayar Rp70.000,- per anak dan tidak ada uang pangkal. Selamat bermain!

8 Comments

  1. avatar
    Gabriella F April 16, 2015 8:13 am

    Ini seru banget sih... Pantas Kilau kelihatan happy banget... aku aja pengen ikutan rasanya!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    hanana fajar April 14, 2015 8:40 am

    Kilau cantik banget:)
    seruuu yahhh...ga sabar Azani segede Kilau jadi pasti seneng dan anaknya udah banyak ngerti aktivitasnya...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini April 13, 2015 4:55 pm

    wah kereeenn, di Bandung udah ada rumah bermain outdoor! Salut sama yg bikin ini. Senang yaa Kilau, main bareng sambil playdate :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Enji Magetsari April 13, 2015 2:12 pm

    waah seruuu..
    nanti Maha diajak ya Kilauu ;)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Pryta Aditama April 12, 2015 12:23 am

    uwawawawaaaaww.. seruuu bangeeettttt..
    iyaa..kilau semangat n happy banget kliatannya yaaa.. :D

    1. avatar

      As .