Santai saja, Bu!

image credit: gettyimages.com

Sejak menjadi ibu, saya selalu merasa dikejar-kejar waktu. Apa pun yang saya kerjakan untuk keperluan Ayana sepertinya harus selesai dalam waktu singkat. Tak hanya itu, urusan saya pun seperti mandi atau makan, harus saya lakukan secepat mungkin.

Walaupun tanpa asisten, ada ibu, kakak, dan pembantu di rumah yang selalu dengan senang hati menjaga Ayana saat saya mandi atau makan. Apalagi suami saya tipe yang menganut prinsip mengurus anak merupakan tanggung jawab kedua orangtua, bukan hanya ibunya?Jadi sebenarnya saya memiliki banyak bala bantuan.

Seringkali suami saya berkata ”Woles saja, Bu!” Bagi yang belum tahu, woles artinya selow (dari kata 'slow'). Karena kadang ia heran dengan kecepatan saya makan atau mandi. Namun jujur saya menikmatinya. Mungkin karena dulu saya terbiasa bekerja dengan deadline. Jadi buat saya tidak ada masalah harus 'bergerak' cepat.

Sekarang Ayana telah berusia 20 bulan. Dan saya baru menyadari begitu cepat waktu berlalu. Alangkah sayangnya jika saya tidak benar-benar menikmati momen merawat Ayana. Jadi saya memutuskan untuk tidak lagi terburu-buru. Just take my time untuk mempersiapkan segala kebutuhan Ayana, suami, dan diri sendiri. Hasilnya, dari segi waktu tidak berbeda jauh. Namun dampaknya sangat terasa. Saya merasa lebih rileks dan tidak cepat lelah. Emosi juga lebih bisa dikontrol. Dan yang terpenting membuat saya makin menikmati peran sebagai seorang istri dan ibu.

8 Comments

  1. avatar
    mama aisha December 9, 2013 11:59 am

    Anakku skr br 8m ak kira di usia staun nanti sgl ke hectic an ini akan berakhir,,ternyata mom aulia sampe 20m yaa..thankies for sharing mom,,berarti ak dr skr mst udh mulai bljr sewoles mgkn&nikmatin perkembangan my aisha...klo g gt bs2 terus2an hectic sndiri sampe ntar pny anak kedua..oalaahhh....

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    aulia1779 November 6, 2013 10:17 pm

    Wah, senengnya byk temen senasib. Hehehe... Kalo kata mama saya, kalo mo punya anak ya harus siap repot. Makanya sejak punya anak jadi gak brani bantah org tua apalagi mama. Apalagi sbg cucu plg kecil, Ayana ' gak boleh' nangis apalg jatuh. Gak mungkin bgt kan?yo wis, ditelen aja omelan2 eyangti nya.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    utami dewi November 6, 2013 9:34 am

    saya banget buuu.... :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    mamajibi November 4, 2013 2:02 pm

    Hihihi, aahh banyak yg seperasaan yaa....aplgi skrg klo jam 7uda hrs brgkat sekolah, hyaaaa...mulai nyiapin sarapan, nyiapin bekal biant dan papanya, meski biant makan di skul tp tetep slalu nanya bekal buatan mama, mandiin dll...tapi betul, nikmatin aja yaaa...bentar lg ga trasa mreka gede, mandiri, kt bakal kangen mgkn ya...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Nidya November 2, 2013 9:27 pm

    xiixix betul banget,sejak punya anak kayanya gak pernah dpt feel dari yg namanya makan enak, yang penting perut kenyang.
    jarang enjoying bebersih saat mandi, yang penting sabunan. xiixi

    1. avatar

      As .