Santai saja, Bu!

aulia1779

image credit: gettyimages.com

Sejak menjadi ibu, saya selalu merasa dikejar-kejar waktu. Apa pun yang saya kerjakan untuk keperluan Ayana sepertinya harus selesai dalam waktu singkat. Tak hanya itu, urusan saya pun seperti mandi atau makan, harus saya lakukan secepat mungkin.

Walaupun tanpa asisten, ada ibu, kakak, dan pembantu di rumah yang selalu dengan senang hati menjaga Ayana saat saya mandi atau makan. Apalagi suami saya tipe yang menganut prinsip mengurus anak merupakan tanggung jawab kedua orangtua, bukan hanya ibunya。Jadi sebenarnya saya memiliki banyak bala bantuan.

Seringkali suami saya berkata ”Woles saja, Bu!” Bagi yang belum tahu, woles artinya selow (dari kata ‘slow’). Karena kadang ia heran dengan kecepatan saya makan atau mandi. Namun jujur saya menikmatinya. Mungkin karena dulu saya terbiasa bekerja dengan deadline. Jadi buat saya tidak ada masalah harus ‘bergerak’ cepat.

Sekarang Ayana telah berusia 20 bulan. Dan saya baru menyadari begitu cepat waktu berlalu. Alangkah sayangnya jika saya tidak benar-benar menikmati momen merawat Ayana. Jadi saya memutuskan untuk tidak lagi terburu-buru. Just take my time untuk mempersiapkan segala kebutuhan Ayana, suami, dan diri sendiri. Hasilnya, dari segi waktu tidak berbeda jauh. Namun dampaknya sangat terasa. Saya merasa lebih rileks dan tidak cepat lelah. Emosi juga lebih bisa dikontrol. Dan yang terpenting membuat saya makin menikmati peran sebagai seorang istri dan ibu.

8 Comments

  1. melissa april
    melissa april October 31, 2013 at 1:50 pm

    Haha..bener bgt ini mom aulia…aku jg sbg ibu baru dr putri umur 5,5 bln kok ya rasanya apa2 jd serba cepetan sampe2 aku geregetan klo liat org yg lama2, justru hal ini yg bikin aku stres, mudah lelah, dan selalu merasa deg2an klo ditinggal berdua sm si kecil.. sampai akhirnya aku ketemu jurus andalan “jadikan kebersamaan dgn anak sbg hobi”… alhamdulillah berhasil daaan “santai aja ya buu…:)”

  2. mrs.harmen
    mrs.harmen October 31, 2013 at 2:51 pm

    Duh penginnya, santai aja bu…
    Tapi saya di rumah ga ada ART, atau saudara yg bs minta jagain. Al hasil ya mandi harus cepat. Kalau tidak, anak udah ngeloyor pergi.. Rumah saya kecil, jd sulit sekali klo mau sterilin barang.. Heehhee

  3. dhita_ayu
    dhita_ayu November 1, 2013 at 9:34 am

    Setelah dipikir-pikir kok aku juga kayak gitu ya? Sejak Danish lahir sampai sekarang 6 bulan, smua pekerjaan aku lakukan serba express. Mandi, makan, bahkan ibadah pun kadang ga bisa berlama2, kecuali anak sedang tidur. Kadang merasa ga punya “me time”. Boro2 mau creambath di salon, mau potong rambut pun dari mulai Danish baru lahir sampe sekarang belom kesampaian. Tapi karena mengurus anak kita jalanin dgn ikhlas, smua keluhan2 yg aku sebut tadi tdk aku permasalahkan, bahkan aku nikmatin. Walaupun kadang merasa lelah, namanya jg manusia.. hehehe

  4. nidya
    Nidya November 2, 2013 at 9:27 pm

    xiixix betul banget,sejak punya anak kayanya gak pernah dpt feel dari yg namanya makan enak, yang penting perut kenyang.
    jarang enjoying bebersih saat mandi, yang penting sabunan. xiixi

  5. mamajibi
    dea ekaputra November 4, 2013 at 2:02 pm

    Hihihi, aahh banyak yg seperasaan yaa….aplgi skrg klo jam 7uda hrs brgkat sekolah, hyaaaa…mulai nyiapin sarapan, nyiapin bekal biant dan papanya, meski biant makan di skul tp tetep slalu nanya bekal buatan mama, mandiin dll…tapi betul, nikmatin aja yaaa…bentar lg ga trasa mreka gede, mandiri, kt bakal kangen mgkn ya…

  6. utami dewi
    utami dewi November 6, 2013 at 9:34 am

    saya banget buuu…. :)

  7. aulia1779
    aulia muharram November 6, 2013 at 10:17 pm

    Wah, senengnya byk temen senasib. Hehehe… Kalo kata mama saya, kalo mo punya anak ya harus siap repot. Makanya sejak punya anak jadi gak brani bantah org tua apalagi mama. Apalagi sbg cucu plg kecil, Ayana ‘ gak boleh’ nangis apalg jatuh. Gak mungkin bgt kan?yo wis, ditelen aja omelan2 eyangti nya.

  8. mama aisha
    mama aisha December 9, 2013 at 11:59 am

    Anakku skr br 8m ak kira di usia staun nanti sgl ke hectic an ini akan berakhir,,ternyata mom aulia sampe 20m yaa..thankies for sharing mom,,berarti ak dr skr mst udh mulai bljr sewoles mgkn&nikmatin perkembangan my aisha…klo g gt bs2 terus2an hectic sndiri sampe ntar pny anak kedua..oalaahhh….

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.