Scrapbook


Saya memulai hobi ini senjak masih remaja. Dulu saya tidak tahu kalau hobi saya punya istilah keren yaitu scrapbooking. Saya hanya senang membuat cerita dengan foto-foto, menghiasinya, dan menyimpannya sebagai kenangan. Beberapa masih ada sampai sekarang dan saya suka tertawa saat melihat-lihat lagi. Namun semenjak menikah dan bekerja, saya meninggalkan hobi yang asyik ini. Baru satu tahun lalu saya menemukan metode scrapbook yang sedang digemari yaitu digital scrapbook.

Cara ini lebih mudah karena yang diperlukan adalah browsing lewat internet saya bisa mendapatkan freebies (file template , gambar, kertas, atau ornamen yang bisa didownload gratis dari beberapa site tertentu) jadi lebih murah daripada print photo serta membeli peralatan scrapbook. Dan petunjuk bagaimana membuat scrapbook menggunakan Adobe Photoshop bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan googling.

Walau demikian, saya kangen scapbooking dengan cara yang tradisional. Potong sana sini, tempel sana sini. Dan sebenarnya bisa murah juga kok! Banyak bahan yang bisa didapat apa yang ada di rumah.

Di scrapbook yang berjudul "Sepeda Roda Tigaku Keren" ini saya menggunakan beberapa bahan-bahan yang ada di rumah, seperti :


  1. Sinar matahari: saya potong dari bungkus bekas hamburger Wendy's.

  2. Bunga-bunga dan daun: saya buat dari potongan bekas kertas kado.

  3. Batang pohon: sebenarnya bisa dibuat dari kardus bekas, namun untuk yang ini kebetulan saya punya bahan dari kardus yang sudah diwarnai, yang sebenarnya biasa digunakan untuk pita kado.


Kebetulan beberapa waktu yang lalu ada bonus template scrapbook dari majalah Mother & Baby. Halaman ini adalah salah satunya. Scrapbook ini akan saya berikan ke Rara untuk hadiah ulang tahunnya yang ke 4 nanti. Tema bisa macam-macam, dan ini juga bisa dikerjakan siapa saja. Kita juga bisa mendampingi anak-anak yang lebih besar untuk membuat scrapbook mereka sendiri.

Sederhana dan mudah kan? Silakan mencoba :)

Related Tags : ,,,

58 Comments

  1. avatar
    Ayu March 18, 2012 2:54 pm

    uda niat bikin scrapbook dari dulu.. cm belom sempet2! *nohope

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ullywulan December 20, 2010 4:21 pm

    Hi Sukie!

    Gemesh sama scrapbooknya deh... Aku juga pengen bikin-bikin tapi kok ya baru sampe tahap niat.
    Realisasinya kapan tau... Hihihihi.. Tapi liat ini aku jadi termotivasi deh.. huhuy..

    Dulu waktu di Pads, bikin buat siapa Suk? Kok aku nda pernah dibuatin?? Hihihihi.. (masih inget aku kan?)

    1. avatar
      sukie December 22, 2010 9:22 am

      ini ullych??hihihi..jadi malu..dirimu nge TUM juga toh? heheheh.waktu SMA aku buat tapi buat ..hmmm...hehe.disimpen di rumah semua.wah nanti aku PM deh dirimuu..hi9

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    sukie December 17, 2010 8:41 am

    hai mba Ika :)
    thanks ya, ayo cepetan diisi baby record book-nya.
    googling pake keyword : freebies scrapbook. kalau mau langsung ada shabbyprincess.com, atau twopeasinabucket.com, atau scrapbookflair.com, atau peppermintcreative.com :) silakan mencobaa

    1. avatar
      Ika Ps April 8, 2011 4:10 am

      thx yaaaaaaaaaa....

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Ika Ps December 17, 2010 6:38 am

    sukaaaaa banget! jd feel guilty krn dr baby br lahir dah beli record book dan walau udh d angan2 mau dtmbahin scrapbook tp apa daya hingga kini blm terlaksana hiks..hiks..
    thx y sharing artikelnya, ada blog or bs pm gak dmn aja sih web digital scrapbooknya?
    thx ^.^

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Shinantya Prijomustiko December 13, 2010 10:31 pm

    Kereeeeennnn..

    mama Sukma kreatif..

    1. avatar

      As .