Sekolah Ibu Kelinci

sLesTa

Belum lama ini saya melihat foto-foto anak sahabat saya di Facebook. Ada fotonya sedang makan bersama, belajar memasak, tiduran di kelas, bermain dengan hulahop di halaman, wah Kevin anak sahabat saya tampak ceria sekali dan sekolahnya tampak seru sekali! Kegiatannya bervariasi dan membuat anak-anak gembira. Melihat foto-foto itu saya jadi teringat dengan sekolah Totto Chan.

Iseng-iseng saya memberi komentar dan bertanya sekolah apa itu. Sebenarnya sepupu saya sedang sibuk mencari sekolah untuk putrinya, jadi siapa tahu sekolah Kevin cocok dengan kriteria sekolah yang dicari oleh sepupu saya. Yang menjadi dilema adalah ingin mencari sekolah yang bagus, tetapi tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya dan harganya cukup bersahabat. Selama ini yang ditemui adalah sekolah-sekolah ideal yang mengutamakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya dan harganya tidak terlalu ramah di kantong.

Sahabat saya dengan senang hati menceritakan sekolah Kevin yang kebetulan berlokasi di Ciputat. Kebetulan sekali, lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah sepupu saya. Ternyata nama sekolahnya adalah Sekolah Ibu Kelinci, yang memiliki kelas untuk anak mulai usia 1,5 tahun sampai 6 tahun. Sekolah Ibu Kelinci menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan memperkenalkan budaya Indonesia, mulai dari permainan, lagu-lagu, dongeng, hingga makanan, dan lainnya. Bahasa Inggris tetap diperkenalkan di sekolah ini dengan cara yang menyenangkan.

Ternyata Sekolah Ibu Kelinci mengadaptasi prinsip dasar Montessori, yang digabungkan dan disesuaikan dengan prinsip kebudayaan Indonesia. Misalnya  bekerja sama dalam bermain bakiak, mampu menggerakan tubuh mengikuti gerakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), mampu menggunting, menempel, dan menggabungkan peta Indonesia, dll. Murid-murid Sekolah Ibu Kelinci juga diperkenalkan cara menata meja makan sendiri, berbagi tugas, makan bersama dengan menu sehat untuk anak tanpa penggunaan MSG, dan mencuci piring sendiri.

Sekolah Ibu Kelinci ini didirikan oleh tiga orang sahabat: Libby, Ficky, dan Inta. Wah, ternyata Inta pemilik Katering MammaKanin, yang sebelumnya sudah pernah kontak dengan saya. Dunia memang sempit. Saya kemudian banyak bertanya pada Inta untuk mendapatkan informasi lebih jelas lagi tentang Sekolah Ibu Kelinci ini. Sekolah Ibu Kelinci menggunakan metode “bermain sambil belajar”, yaitu mengemas hal-hal akademis melalui berbagai permainan dan kegiatan yang menyenangkan bagi anak, tujuannya agar anak mencintai proses belajar itu sendiri dan merasa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan. Yang lebih keren lagi, Sekolah Ibu Kelinci ini menyediakan makanan sehat bagi murid-muridnya setiap hari. Wah, tanpa repot-repot menyiapkan bekal, setiap hari anak-anak pasti bisa makan sehat.

Kelas-kelas yang ada di Sekolah Ibu Kelinci:

  • Kelinci Mungil (Kelompok Bermain A) untuk 2 – 3 dengan jadwal 2x seminggu
  • Kelinci Kecil (Kelompok Bermain B) untuk 3 – 4 tahun dengan jadwal 3x seminggu
  • Adik Kelinci (TK A) untuk 4 – 5 tahun dengan jadwal 5x seminggu
  • Kakak Kelinci (TK B) untuk 5 – 6 tahun dengan jadwal 5x seminggu
  • Kelinci Riang (kelas sekali datang) untuk 1,5 – 3 tahun, setiap Sabtu pk. 09.00 – 10.30
  • Koki Kelinci (kelas masak bersama Mamma Kanin) untuk 3 – 6 tahun, Setiap Sabtu pk 11.00 – 12.00

Sepupu saya langsung senang mendengar informasi tentang Sekolah Ibu Kelinci ini. Bagi Urban Mama yang tertarik dengan Sekolah Ibu Kelinci ini bisa membacanya lebih lanjut di sini. Sekolah Ibu Kelinci juga sedang ada promo potongan harga 50% uang tahunan untuk 30 pendaftar pertama. Oh ya, Sekolah Ibu Kelinci akan mengadakan Open House hari Sabtu, 29 Juni 2013, pk. 08.30 Р11.00. Akan ada demo masak dari @MammaKanin dan seminar tentang Calistung Untuk Anak Usia Dini oleh Psikolog Anak Astrid W.E.N., M.Psi. Biaya pendaftaran sebesar Rp10.000,- (biaya ini akan disumbangkan ke PAUD lain yang membutuhkan). Pendaftaran melalui 02171283418/081285340220.

Semoga informasi ini berguna bagi Urban Mama yang sedang mencoba mencari sekolah yang tepat untuk anak-anaknya.

30 Comments

  1. ninit
    ninit yunita June 13, 2013 at 8:48 am

    ihhh… menyenangkan sekali sihhh sekolah ibu kelinci ini. sukaaa banget liat foto2nya. udah kebayang pasti menyenangkan kalo sekolah di sini. ruang kelasnya bagus dan aktivitasnya seru2!

  2. Shinta_daniel
    Shinta Daniel June 13, 2013 at 9:15 am

    naksirrrrrr tapi jauh dari rumah :(

  3. siska.knoch
    Siska Knoch June 13, 2013 at 9:37 am

    Serunyaaaa… migu udah daftar disekolah lain, tp png ikutan kelas koki kelinci ah sesekali!

  4. amaliaputri
    Amalia Putri June 13, 2013 at 9:55 am

    pertama kali liat sekolah ibu kelinci ini di timeline nya mammakanin :) lucu banget namanya..hehee..dan benar-benar seseru aktivitas sekolahnya yaa..
    apalagi ditambah bekalnya mammakanin, nyam nyam nyam :9
    rekomendasi sekolah yang ok nih buat daerah ciputat..sayang jauuuhh dari rumah..huhuu

  5. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca June 13, 2013 at 10:17 am

    Wah, kayanya seru, asyik n menyenangkan banget sekolahnya. Pernah lihat liputan sekolah kelinci ini di tv ttg kelas memasaknya. Waktu itu membuat cupcake sayur untuk anak2..

  6. wiwien09
    wiwien09 June 13, 2013 at 10:28 am

    alhamdullilah…ada rekomendasi..lagi bingung nyari sekolah azka.. dan ternyata sesama ciputat, walau butuh 30menit niy kesana ..tp pgn coba kayaknya bagus…

  7. Mir
    Marlin June 13, 2013 at 10:42 am

    wow… seru banget ya…? mau ikutan open house-nya ah… seneng ya, kalo liat kurikulum yang sekreatif ini… semuanya fun dan bentuknya aktiviti, emang yang dibutuhkan untuk toddler…

    tsf ya sin…

  8. rheananda
    Nanda Suprihatno June 13, 2013 at 11:30 am

    waah..Ini deket banget dari rumah dan sering ngelewatin. Ternyata keren dan seru banget sekolahnya. Kebetulan Thanyraa tahun ini mau 3 tahun. Tapi masih ga mau masukin ke playgroup dulu. Kyknya pas ni masuk ke kelas kelinci Riang. Pemanasan dulu utk sekolah beneran tahun depan. :)

  9. Kira Kara
    Bunda Wiwit June 13, 2013 at 12:24 pm

    Kereeennn.. Jadi pengen menerapkannya dirumah sendiri.. :D (nasib belum nemu paud yang pas)

  10. yulia handayani
    yulia handayani June 13, 2013 at 1:10 pm

    Menarik, sayang jaraknya jauh aja :(

  11. donaspeed
    dona June 13, 2013 at 2:12 pm

    keren deh sekolahnya tapi jauh :(

  12. rere gemini
    rere gemini June 13, 2013 at 3:35 pm

    makin gak sabar nunggu Farrell sampai usia 18 bulan buat ikutan kelas kelinci riang.

    thanks infonya Shinta :)

  13. zulfi zumala
    zulfi zumala June 14, 2013 at 8:52 am

    serunya sekolahnya pasti anak2 kecil betah banget ya. kelasnya menyenangkan. dan nasib saya yang tinggal di pelosok daerah tidak bisa memilih sekolah krn hanya ada satu sekolah di desa sy. akhirnya berguru pada website theurbanmama tiap hari agar bisa juga memberikan informasi pd ibu2 tetangga di desa sy.

  14. ZataLigouw
    Zata Ligouw June 14, 2013 at 4:42 pm

    ideal banget ya sekolahnya. Lagi mau cari2 skolah juga buat Sabil nanti. Ngga buka di Depok juga mba Libby, Ficky, dan Inta? *ngarep*

  15. kiekys adityo
    kiekys adityo June 15, 2013 at 10:33 am

    senang nya kalau di tanjung kalsel ada sekolah ini…….. :)

  16. qiqi
    Rizky Kurniani June 17, 2013 at 8:44 am

    suka bgt sama sekolahnya… sekolah seperti yg saya bayangkan buat anak saya nanti. btw, ini ciputatnya dimana y? kebetulan tinggal di ciputat jg.

  17. Qeyra Queena
    Qeyra Queena June 17, 2013 at 2:20 pm

    mnta alamat lengkapnya dunks mbak shinta…sepertinya seru sekali. tapi dd queen baru umur 3,5 bulan. setidaknya ada referensi… trims

  18. sLesTa
    shinta lestari June 17, 2013 at 3:33 pm

    buat yang nyari alamat lengkapnya, silakan langsung klik aja linknya. kan ada infonya disitu. makasiyyy…

    dan iya sekolah ini terdengar seruu sekali yaaa!!! kalo gue tinggal di jakarta, pasti anak2 masuk disini, soalnya memang orangtua saya tinggal di ciputat (assuming saya tinggal deket2 orangtua heheh)

  19. adelina
    Adelina June 19, 2013 at 10:58 am

    aaahh kereeennn… mau ikutan ah tanggal 29 juninya.. cuma sempet bingung yang nganter pas hari kerja.. :(

  20. riyantika
    pramita June 19, 2013 at 11:23 am

    4 thumbs up for libby, tetanggaku.

  21. baiq_intan
    baiq_intan June 20, 2013 at 8:34 am

    Mudah2an udah pindah dinas ke jkt tahun ini,amin,#ngarep

  22. ummusalma
    ummusalma June 20, 2013 at 8:52 am

    kereeen yaa..jadi pengen nyekolahin salma disini..tapi jauuuuh dari Palemabang,smoga buka cabang yaa ato kami yg pindah (berdoa abinya diterima disana aaamiin..)

  23. euna
    ratna firdausy June 20, 2013 at 9:22 am

    ya ampun sekolahnya kereeeen yaaa… pengen, mudah2an pas kyanou TK udh ada cabangnya di bandung, hehehe… #ngarep

  24. Listya Nurina June 20, 2013 at 9:58 am

    Keren banget sekolahnya….#pengen deh sekolahin di sana, tapi jauh

  25. gabe1981
    Seymour Magabe August 10, 2013 at 7:58 pm

    Keren…coba ada yang serupa di Jakarta Timur…

  26. mey.nyit
    mey.nyit August 21, 2013 at 11:02 am

    wow… keren pake banget ya sekolahnya…. tp sayang jauh bangettt…. g ada rencana buka cabang di kota malang sist Libby, Ficky, dan Inta..??!! ato mungkin butuh rekanan untuk buka cabang di kota malang? saya mau bangettt… selain bs nyekolahin si kecil q, bisa mendirikan sekolah dg metode yg tergolong baru & unik di malang sist, ini ciyuss lhoo… :)

  27. katryn
    katryn August 21, 2013 at 2:06 pm

    Waaaaah…keren bgtt sekolahnya…

  28. ezra regina
    ezra regina September 3, 2013 at 12:06 am

    waduh jauh ya dari kalibata, gak buka cabang ya untuk deket2 kalibata , ngarep dot com banget hihihihihhi

  29. ninie nasution
    ninie nasution September 18, 2013 at 6:35 am

    Makasi infonyaa. Menarik bgt sekolahnya jd pengen liat langsung ke lokasi

  30. rachmaw83
    rachmaw83 January 22, 2014 at 9:33 am

    anak saya maliq skul di sini. skolah ibu kelinci bagus banget, proses belajarnya menarik, anak saya tidak bosan. dan yang paling menyenangkan skul ini aktif mengadakan pertemuan orang tua. ada sharing tip dan info tentang pendidikan anak :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.