Senang dan Bugar dengan Hash House Harriers (HHH)

cluelessmom

Apa itu Hash House Harriers (HHH)?

Hash House Harriers (HHH) adalah klub lari/jogging lintas alam nonkompetisi yang didirikan oleh sekelompok ekspatriat Inggris di Malaysia pada tahun 1938 dan kini telah menyebar di berbagai negara. Bertujuan untuk berolah raga santai dan bersosialisasi sekedar melepas penat setelah bekerja sepanjang minggu, klub ini cepat menjadi populer di kalangan pecinta olahraga dan alam bebas. Acara lari lintas alam mingguannya disebut Hash Run, yang mengorganisir disebut Hares sedangkan pesertanya disebut Hashers. Biasanya acara lari ini berpindah-pindah lokasi tiap minggunya, dimulai sekitar pukul 4 sore hingga menjelang petang. Uniknya, acara lari ini benar-benar berbasis alam, kita akan diajak mengikuti paper trail (serpihan kertas) melewati sawah, masuk sungai, naik-turun lembah, sambil menikmati pemandangan dan menghirup udara segar. Tidak harus lari sih, mau jalan santai juga silakan, sambil bawa anak atau anjing kesayangan juga boleh. Ada satu rute pokok dengan 2-3 variasi jarak, dari Super Long, Long, atau Short yang dapat dipilih sesuai kondisi fisik peserta. Dengan membayar biaya yang relatif murah, kita bisa ikutan acara ini dan dapat minuman (air/teh/minuman berkarbonasi/bir) sebanyak yang kita mau.

Bagi yang suka outdoor sports dan eco tourism, Bali HHH bisa menjadi salah satu pilihan. Menurut saya ini juga aktivitas keluarga yang menarik, jalan bersama dan mengenalkan anak pada alam. Tapi jika anak-anaknya masih lumayan kecil (di bawah 7 tahun), siap-siap tenaga ekstra jika mereka capek dan terus minta gendong, ya! Untuk anak-anak usia 7 tahun ke atas, hashing ini juga sangat menyenangkan karena ada unsur petualangan: mengikuti jejak serpihan kertas, membaca tanda-tanda seperti anak panah, titik pecah jalur panjang dan jalur pendek, X (harus kembali), O (cari sendiri jalurnya) seperti jadi detektif.

Special Events

Selain acara lari rutin tiap minggu, HHH juga punya beberapa acara khusus dari skala kecil sampai super heboh. Ada Full Moon Run yakni lari malam hari saat bulan purnama, ada Kartini Run di mana peserta wajib berbusana daerah, ada Interhash Run yakni acara kumpul-kumpul akbar dengan peserta hashers dari seluruh penjuru dunia, ada Red Dress Run dimana kita wajib pakai busana merah, membayar lebih mahal tetapi sebagian dananya akan disumbangkan ke badan-badan sosial. Terkadang ada peserta yang berulang tahun dan membawa makanan dan potong kue di Hash Run. Atau saat Hari Kemerdekaan  kita misalnya, kita membayar sedikit lebih tetapi akan mendapat kaos khusus Independence Day Run dan konsumsi. Masih ada banyak lagi acara khusus: Helloween Run, Christmas Run, Jungle Run, Bastille Run (memperingati hari Bastille-nya orang Perancis), 4th of July Run dan lain-lain. Seru!

Pengalaman Pribadi

Saya mulai ikut HHH sejak umur 7 tahun, diajak oleh ibu saya. Masih saya ingat sampai sekarang, saat pertama kali jalan saya nggak kuat menuntaskan rutenya dan mogok di tengah jalan sambil menangis, sampai akhirnya ada bule yang berbaik hati membopong saya di pundaknya sampai balik lagi ke area kumpul! Tapi terus saja saya ikut tiap minggunya, karena senang bertemu banyak orang dan dapat banyak teman dari berbagai negara (saat itu di kota kelahiran saya lumayan banyak ekspatriat yang membawa serta keluarganya). Saat akhir SMP saya tidak ikutan HHH lagi karena sudah ada “geng” sendiri di sekolah dan merasa terlalu cool untuk pergi-pergi bersama Ibu. Setelah vakum cukup lama, sekitar 2 tahun yang lalu saya kembali aktif ber-HHH ria, kali ini di Bali bersama suami dan anjing kesayangan. Bahkan waktu hamil pun saya tetap ikutan hingga bulan kedelapan, tapi hanya jalan kaki santai saja dan tidak lari sama sekali. Setelah anak saya berusia setahun, dia kami ajak juga hashing dengan digendong menggunakan baby carrier. Bagi saya, hashing di Bali sangat menyenangkan karena selain alam yang asri kita juga bisa melihat wajah asli Bali yakni desa-desa, pura di tengah sawah, subak (jalur irigasi tradisional), tempat sembahyang, anak-anak kecil mandi di sungai, adu ayam, upacara di kampung dan sebagainya, semuanya unik dan menarik. Karena saya masih menyusui, sebelum mulai jalan saya susui dulu si kecil supaya anteng di jalan. Walaupun pernah juga saya terpaksa menyusui di tengah hutan. Saya bawa bekal finger food, air, tisu basah dan popok ekstra di dalam baby carrier untuk berjaga-jaga.

saya ikut HHH saat hamil 8 bulan

Tertarik ikutan?

Yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Baju olahraga (kaos dan celana)
  • Sepatu yang enak dipakai dan siap kotor, karena pasti kena lumpur dan basah
  • Baju ganti
  • Handuk penyeka keringat
  • Uang secukupnya
  • Kendaraan untuk mencapai lokasi (bisa nebeng)

Cara ikutan sangat mudah: cek lokasi Hash Run hari itu via website, berangkat dan larilah! Tidak perlu daftar atau buat janji dulu. Just show up, go hashing and have a good time!

Carilah HHH di lokasi Anda!

Bali: http://www.balihashone.com

Indonesia: http://www.indohash.com

Seluruh dunia: http://gotothehash.net

Bagi yang akan berkunjung ke Bali dan ingin ikutan HHH, bisa hubungi saya via TUM.

25 Comments

  1. siska.knoch
    Siska Knoch July 19, 2012 at 1:05 am

    Wow..keren ih, dan seru banget lokasi2 HHH-nya.
    Gue sendiri baru rutin lari sejak bulan maret lalu dan udah kerasa efek sampingnya:lebih fit dan happy.
    TSF mama, mau ah kontak-kontak dikau kalo ada renc ke Bali :)

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 19, 2012 at 11:10 am

      Mari, ditunggu kehadirannya di Bali :-)

  2. mommyreyhan
    mommyreyhan July 19, 2012 at 6:02 am

    Sepertinyaaaaa tau lokasi foto yang pertama , cumaaa dimana yah *putar otak . Jadi pengen ikutan, hihihihihi kalau reyhan dah bs ddiem digendong blakang gt, masih 4bln skrg :)

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 19, 2012 at 10:12 am

      Yang itu di Bukit Jati, Gianyar :-) baguuuuus banget lokasinya, hijau dan asri!

  3. ninit
    ninit yunita July 19, 2012 at 6:27 am

    wawww seru banget nih HHH,
    seneng banget liat fotomu yg lagi hamil 8 bulan dan tetep ikutan.

    btw, keren sekali orangtuamu udah ngajak sejak kecil :) nice!

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 19, 2012 at 11:07 am

      Iyaaa soalnya selain ajang olah raga, HHH ini juga ajang sosialisasi orang dewasa sekaligus kumpul bocah :-)

  4. otty
    Pangastuti Sri Handayani July 19, 2012 at 8:42 am

    Ih seruuu!! Gue sering liat mobil2 di seputar pabrik tempat gue kerja pada pake sticker HHH (pabrik di daerah Pandaan, Pasuruan) jadi waktu itu sempet gugling juga apa sih HHH? Kalo dari deskripsi di internet kayak kurang seru, eh baca pengalaman anggotanya kok kayaknya seru banget :D

    Duh lucunya Jojo digendong dan ikut HHH, dan sempet minta minum di tengah hutan!

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 19, 2012 at 11:10 am

      He-eh Mbak, sesuatu banget deh nyusuin anak di tengah hutan, duduk di kayu gelondongan dan sembari kibas-kibas topi mengusir nyamuk! Oya mosquito patch juga jangan ketinggalan ya kalau mau ber-HHH ria.

  5. sLesTa
    shinta lestari July 19, 2012 at 9:59 am

    baru tau ada ini. keren bangeeett!! dan top banget deh liat dirimu yang hamil gede masih ikutan. keren!! jadi pengen ikutan deh. pasti seru banget!

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 19, 2012 at 11:13 am

      Pas baru hamil sih targetnya cuma sampai bulan ketujuh ikut HHH, tapi keterusan sampai akhir bulan kedelapan. Baru stop setelah bener-bener ga kuat jalan jauh, dan dilarang oleh peserta lain yang ngeri ngeliat aku naik-turun sawah sungai bukit dengan perut segede balon! Yuk yuk ikutan juga, ini family activity yang menyenangkan loh

  6. elseria
    elseria July 19, 2012 at 9:59 am

    wahh asik bgt mba, bln dpn rncana liburan ke bali (untuk prtama x na hihihih), bw baby jg
    apakah hashing bs diikuti oleh siapa saja mba

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 19, 2012 at 11:14 am

      Siapa saja bisa ikutan, tidak perlu daftar atau janjian dulu.

  7. gabriella
    Gabriella Felicia July 19, 2012 at 10:11 am

    seru banget ya kelihatannya! baru tahu ada kegiatan seperti ini… kapan2 pengen coba ikutan ah kalau kebetulan ke bali…

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 19, 2012 at 11:15 am

      Ayo ato, tapi coba cari juga di link yang saya berikan, siapa tau ada di kota masing-masing :-)

  8. mommyreyhan
    mommyreyhan July 19, 2012 at 12:22 pm

    Mom stay dibali? Aku dibali juga nich… Pengen deh ikutannn :) biasanya cuman jogging tract di kertalanggu atau renon aja, mentok2 nyari seger ke bedugul :p

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 20, 2012 at 10:50 am

      iya saya di Bali, kita beruntung loh punya udara segar, pantai dan gunung yang jaraknya relatif dekat. Jadinya kami sekeluarga jarang banget ke mall, lebih enak menikmati alam :-) yuk mari hashing bersama!

  9. Kira Kara
    Bunda Wiwit July 19, 2012 at 12:46 pm

    kereeeennn.. Pengen eeuuyyyy… :)

  10. momsiyu
    momsiyu July 19, 2012 at 2:55 pm

    Aaahh jadi inget pengalaman pertama dan yg terakhir (krn blm sempet lg) ikutan Hash Run di Trawas. Saya serombongan berlima datang terlambat, maunya ikutan yg short malahan tersesat krn ngikutin petunjuk kertas yg super long sampe akhirnya udah gelap! Untung salah satu sinyal provider HP sodara saya masih bisa menghubungi temen rombongan lainnya yg udah sampe di finish.. Jd kita sampe di rescued sama Hares nya lohh.. Kita dipegangin satu2 jalan bareng dan yg paling top, para Hares ini apal jalan padahal itu gunung udah gelap gulita, jalan naik turun, kiri kanan curam. Pengalaman paling seru hehe.. Kayak di pilem2.. Kalo ada kesempatan pengen ikutan lagi hehe.. Tp tgg anak-anak gedean dulu deh krn blm pny nyali spt Cluelessmom hehe.. Ih keren deh mom, masih hash sampe kandungan 8 bulan! Ckckckck.. :D

  11. momsiyu
    momsiyu July 19, 2012 at 3:12 pm

    Eh iya baru inget, setelah kejadian itu pernah sekali lagi ikutan Hash Run kok hihi.. Kok jd amnesia.. Acara outing kantor, malahan waktu itu aku yg ngusulin ke HRD kantor. Waktu itu lokasinya di Pandaan.. @Otty: ada byk club Hash di Surabaya Ty.. Dan kita bs kontak mereka kalo mo bikin utk acara kantor dan ntar kita bisa dealing minta dibantu untuk bikin rute, siapin snack dan acara lainnya dg mengganti sejumlah biaya yg sangat reasonable.. Panitianya ramah-ramah pula.. :)

  12. July 20, 2012 at 5:53 pm

    wah, ini seru bangeeeet! pengen ikutaaan! ada di singapur ga ya?

    1. cluelessmom
      Mia Aristanti July 21, 2012 at 11:19 am

      ada dong, coba cek di link yang saya kasih di atas :-)

      1. August 3, 2012 at 11:15 am

        sip sip, daftar ah kalo udah sembuh. TFS! :D

      2. August 9, 2012 at 3:45 pm

        Hi cluelessmom,

        OOT dikit yaa..baru aja forward page ini ke suami & bersemangat ajak dia ikutan HHH di bandung kalo kita pulkam. Eh yg ada suami saya bilang “ini kenapa yg mejeng si …”

        walah ternyata sama2 anak M mereka :)

        well next time we visit Bali, ikutan bareng yaa..kebayang serunya bawa anak2

  13. Honey Josep
    Honey Josep July 25, 2012 at 1:46 pm

    wah seru!

  14. nule
    nule August 1, 2012 at 6:39 am

    Waaa..seru inii. Cek websitenya ternyata di bandung jg udah banyak club HHH ini *duh kemana ajaa,ga gaul banget*. Cluelessmom,klo clubnya banyak gini mending ikut yg mana ya? Apa semua club sama aja fun nya? Kayanya hrs segera menjadwalkan ikut HHH nii. Tfs yaa.. :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.