Seng (Zinc), Tak Kenal Maka Tak Sayang

Apakah urban mama menyadari peran penting zing atau seng pada masa kehamilan? Dibandingkan teman-temannya berbagai jenis vitamin, seng termasuk mikronutrisi yang tidak sering mendapatkan perhatian. Padahal peran seng cukup penting terutama bagi para wanita yang sedang merencanakan atau menjalani masa kehamilan. Seng memegang peranan penting dalam pembentukan sel dan DNA pada janin.

Berdasarkan penelitian, seng dipercaya dapat mencegah kelahiran prematur, mencegah kelainan otak, mata, jantung, dan bibir sumbing. Gejala utama defisiensi seng pada ibu hamil adalah hilangnya selera makan. Jika terjadi defisiensi seng pada periode kritis organogenesis (pembentukan organ tubuh pada janin di minggu-minggu awal kehamilan), kemungkinan bisa menyebabkan masalah jangka panjang seperti lemahnya kekebalan tubuh pada bayi yang bersifat permanen sampai ia dewasa. Di samping itu, beberapa literatur mencatat ada peningkatan risiko penyakit kronis di masa dewasa jika ibu kekurangan seng selama masa kehamilan.

Berdasarkan AKG 2012, ibu hamil berusia 19–29 tahun dianjurkan utk mengonsumsi 12 mg seng pada trimester pertama, 14 mg pada trimester kedua, 20 mg pada trimester ketiga. Seng dapat diperoleh dari sumber makanan yang tepat.

Selain itu, urban mama juga bisa mengonsumsi suplementasi/multivitamin yang mengandung seng. Elevit Pronatal adalah salah satu jenis multivitamin untuk ibu hamil dan menyusui yang memiliki kandungan seng yang cukup besar. Tidak hanya penting bagi wanita, ternyata seng juga berpengaruh pada tingkat kesuburan pria.

Referensi:


  1. Panduan Nutrisi Perikonsepsi. 2015. HKFM

9 Comments

  1. avatar
    Enjiedee February 3, 2016 9:09 am

    TFS mba.. artikel nya bagus sekali. saya juga waktu hamil mibum elevit terus.. semoga ibu2 hamil yg lain jd lbh aware juga ya..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    sadiyah khotimatus January 27, 2016 10:53 am

    tfs mbak ella, btw gambarnya bisa digedein gak ya, agak kurang jelas yang grafiknya :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini January 25, 2016 6:09 pm

    Luar biasa ya manfaat zinc ini, tnyt membantu proses pembentukan organ tubuh janin. tfs ya Ella... para mama jd tahu nih pentingnya zinc. Foto2 hamilnya Ella bagus2 & cantik deh!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Honey Josep January 25, 2016 1:59 pm

    Selain asam folat, seng ini emang penting untuk perkembangan organ tubuh.

    Terus selama hamil juga konsumsi vitamin yang mengandung seng juga terus sama avokad pake susu kental manis...nyam! *ujungnya tetep ngomongin makanan hihihhihi*

    Ella cantik hamilnya!

    Tfs Ella :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania January 25, 2016 9:44 am

    Sama kayak Teh Eka,waktu hamil juga minumnya elevit ini. Memang bener,penting buat ibu hamil..

    Setuju sama Teh Ninit,foto hamilnya cantiiik banget!

    1. avatar

      As .