Sepeda Motor; Kenapa Bisa Mogok? (David West)

eka

seri kenapa bisa mogok

 

Sepeda Motor; Kenapa Bisa Mogok? Adalah salah satu seri komik ilmu pengetahuan yang menunjukkan cara kerja mesin. Buku setebal 72 halaman ini ditulis oleh David West.  Buku ini dapat dibaca mandiri oleh anak berusia 8 tahun ke atas dan dapat dibantu dibacakan oleh urban Mama dan Papa untuk anak berusia 6 tahun ke atas. Namun karena warna dan ilustrasinya yang cerah dan ceritanya yang bagus dan mudah dipahami, Enzo suka sekali bila saya membacakan buku ini berkali-kali, terutama sebelum tidur.

Buku ini menceritakan petualangan Tom dan Sissy yang menemukan sebuah sepeda motor di dalam gudang. Sepeda motor ini milik kakeknya Tom, dan kondisi sepeda motor ini rusak berat. Saat kunci diputar dan tombol starter dipencet seharusnya sepeda motor bisa menyala. Tom dan Sissy menemukan bahwa busi sepeda motor ini sangat kotor, kabel-kabelnya tidak terpasang, tidak ada oli di dalam suspensinya, remnya tidak bekerja, ban depannya kempes, karburatornya lepas, ban belakang sudah lepas dari rodanya, rantainya lepas, bearing rodanya rusak, jari-jari rodanya longgar, gearbox berantakan, akinya kosong dan tidak ada bahan bakar di dalam tangkinya. Tom dan Sissy memperbaiki dan merakit sepeda motor itu kembali dan mereka dapat mengendarainya mengunjungi pameran motor klasik dan pertunjukkan motor cross.

sepeda motor

Yang saya suka dari buku ini adalah cara penuturannya yang rinci dan mudah dipahami oleh anak-anak, ilustrasinya yang menarik, dan dilengkapi Glosarium dan Index pada halaman akhirnya.  Selain komik ilmu pengetahuan tantang cara kerja motor, ada 5 judul lain yang termasuk ke dalam seri Kenapa Bisa Mogok ini; Tank Baja, Kereta Api, Mobil Balap, Kapal Terbang dan Helikopter. Saya merekomendasikan buku dari buah hati books ini bagi urban mama dan papa yang sedang mencari buku ilmu pengetahuan bagi putra-putrinya yang ingin menjadi ahli perancang mesin.

*Harga Rp. 37.000

2 Comments

  1. Mirza Resita
    September 22, 2010 at 12:09 pm

    anak saya punya yg seri kereta api :)

    setuju, illustrasinya menarik sekali dan bagian2 mesinnya digambarkan cukup detil, shg anak juga bisa tergugah untuk tahu lebih dalam ttg kendaraan tsb.

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel October 4, 2010 at 11:12 am

    iya lulu, buku ilmu pengetahuan yg kayaknya njelimet tapi krn dikemas dalam bentuk komik berwarna, jadinya mudah dipahami ;)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.