Seri Dongeng Nusantara yang Ideal untuk Anak

Timun Mas melemparkan isi kantong yang terakhir, yaitu garam. Hutan di belakang Timun Mas berubah menjadi lautan. Buto Ijo panik. Ia tidak bisa berenang! “Tolong aku, Timun Mas. Sebenarnya aku tidak ingin memakanmu. Aku mau membawamu karena aku ingin punya teman,” kata Buto Ijo sedih. Buto Ijo berkata jujur. Seketika, laut pun surut.

Demikianlah isi penggalan cerita dalam buku SERI DONGENG NUSANTARA: TIMUN MAS yang diterbitkan oleh Erlangga For Kids.

Kira dan Kara sangat menyukai dongeng. Kami tinggal bersama mertua yang akrab dengan cerita dongeng nusantara, jadi mau tak mau Kira dan Kara banyak mengenal kisah-kisah dongeng nusantara. Seperti layaknya cerita dongeng nusantara, banyak di antaranya mengandung unsur cerita yang kurang pantas atau tidak sesuai untuk anak-anak. Padahal pesan yang disampaikan bagus sekali. Karena itu mencari buku dongeng nusantara yang ideal untuk anak menjadi PR tersendiri buat saya.

Beruntung saya mendapat buku SERI DONGENG NUSANTARA. Buku ini terdiri beberapa seri, yang kami miliki adalah:


TIMUN MAS: Bermain dengan Raksasa


BAWANG MERAH BAWANG PUTIH: Kejutan di Dalam Labu


SI LEUNGLI: Pohon Ajaib untuk Rarang

Salah satu keistimewaan buku ini, jalan cerita yang dimiliki sangat cocok untuk anak-anak. Pemilihan kosakata dan pembangunan karakternya sesuai dengan karakter anak. Di dalamnya tidak ada kisah kekerasan atau cerita yang kurang pantas, sehingga aman dibaca oleh anak. Selain itu dalam setiap halamannya berisi 2 sampai 3 kalimat sederhana, yang memudahkan anak-anak apabila sedang belajar membaca. Kisah dan kosakata yang sederhana inilah yang membuat buku SERI DONGENG NUSANTARA menjadi buku dongeng yang ideal untuk anak-anak.

Menariknya lagi, dalam buku cerita ini tidak ada penggambaran tentang tokoh yang jahat. Pemilihan katanya pun menggunakan kosakata yang positif. Sehingga aman untuk perbendaharaan kata anak-anak. Seperti yang kita tahu, anak-anak sangat mudah sekali mengingat dan menyerap kosakata apa saja yang mereka dengar. Akan sangat disayangkan apabila mereka mendapat perbendaharaan kata-kata yang kurang pantas dari buku ceritanya. Karena itu saya sangat selektif memilih buku cerita untuk anak. Tak semua yang kelihatannya buku untuk anak ternyata aman dibaca anak-anak. Beruntung buku cerita SERI DONGENG NUSANTARA ini benar-benar sesuai dengan buku cerita yang saya inginkan. Mulai dari isi cerita, kosakata, tokoh dan ide ceritanya aman dibaca oleh anak-anak.

Ilustrasi ceritanya pun memiliki warna yang cerah. Gambar tokoh-tokoh dalam ceritanya berwajah imut dan menarik khas anak-anak. Dengan warna yang cerah dan terang, merangsang anak-anak untuk bertanya tentang isi ceritanya.

Selain berisi cerita dongeng yang bagus untuk anak, buku ini juga berisi aktivitas mewarnai, menggunting dan menempel. Aktivitasnya masih berhubungan dengan tokoh-tokoh cerita dalam buku. Sehingga setelah membaca, anak-anak dapat bermain dan bercerita ulang tentang tokoh dalam bukunya. Halaman ini selain dapat melatih motorik anak juga dapat melatih daya tangkap anak tentang apa yang mereka dengar atau mereka baca.

Pada halaman terakhir juga terdapat penjelasan singkat untuk orangtua tentang manfaat membacakan sebuah cerita. Menarik sekali ya! Bukan hanya anak-anak yang belajar, tetapi juga orangtua mendapatkan manfaatnya. Buku cerita ini cocok sekali untuk mengisi sisa libur sekolah. Semoga bisa menjadi ide yang bermanfaat yaa. Selamat membaca!

4 Comments

  1. avatar
    Raima Syahidah Noors July 25, 2017 7:49 am

    waa, tfs mama wiwit. kebetulan lagi mau nambah koleksi buku untuk anak, eh ketemu ulasan ini.. segera ke gramedia!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Leila Niwanda July 10, 2017 3:37 pm

    Waah, baru tahu ada buku dongeng nusantara ini, ilustrasinya menarik dan ceritanya aman ya....

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi July 10, 2017 12:42 pm

    pr nih buat beli buku dongeng daerah atau nusantara begini, belom punya. kayaknya sekarang harus punya nih, mika mulai banyak pengen tau hihi. tfs ya wit

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita July 10, 2017 11:53 am

    haaa! keren banget yaaa... dongeng nusantara dengan ilustrasi yang menarik seperti ini. TFS yaaah wit!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.