Seri Ensiklopedia untuk Anak

Kali ini saya akan membahas beberapa seri ensiklopedia yang dimiliki oleh Albert. Tidak, bukan seri yang harus langganan dan harganya mahal. Ini adalah seri-seri ensiklopedia anak yang bisa dengan mudah didapat di toko buku.

Ensiklopedia Cilik

Seri ini cocok untuk dibacakan pada balita atau bisa juga untuk dibaca sendiri oleh anak yang baru bisa baca. Murah meriah, harganya hanya sekitar Rp20.000,- per buku dan tebalnya hanya 24 halaman. Walaupun harganya murah, tetapi isinya tidak murahan. Kalimatnya pendek-pendek, penjelasannya mudah dipahami. Ilustrasinya juga jelas dan menarik. Sampai sekarang pun Albert masih suka membaca-baca seri ini. Favoritnya adalah yang tentang Pemadam Kebakaran dan Bandara

Ensiklopedia Junior

Seri ini lebih tebal dan hardcover. Cocok untuk anak yang sudah lebih besar. Ilustrasinya bagus. Kalimatnya tetap masih pendek-pendek dan mudah dipahami, walaupun sudah cukup banyak penjelasannya. Favorit Albert adalah Penemuan, karena tidak hanya membahas tentang penemuan benda-benda penting seperti listrik, telepon, mesin yang sering ada di buku-buku lain, tetapi juga  tentang penemuan hal-hal di kehidupan sehari-hari seperti penemuan mandi, mencuci pakaian, menyetrika, sapu, cermin, dan toilet. Ilustrasinya menarik dan harganya sekitar Rp100.000,- waktu dulu saya membelinya. 

Ensiklopedia Pintar

Seri ini ada dua macam, yaitu Ensiklopedia Pintar 1-6 dan Ensiklopedia Pintar berdasarkan tema, yang kami miliki tentang Hewan, Sains, dan Bumi.

Ensiklopedia Pintar 1-5 isinya adalah tanya-jawab, jadi di setiap buku ada sekitar 300 pertanyaan dan jawaban singkat dengan kalimat yang mudah dipahami anak-anak. Namun ada beberapa pertanyaan yang cukup mendalam dan berat, seperti "Apa Artinya Berani?", "Mengapa Langit Berwarna Biru?", dan berbagai pertanyaan lain yang khas anak-anak.

Ensiklopedia Pintar berdasarkan tema isinya disesuaikan dengan tema, keterangan-keterangan dan tulisan-tulisannyanya tidak terlalu panjang, serta dilengkapi ilustrasi yang menarik.

Ensiklopedia Favoritku

Seri ini tidak terlalu tebal, hanya 48 halaman. Mirip dengan Ensiklopedia Cilik dengan format buku lebih besar dan isi lebih mendalam. Ilustrasinya perpaduan antara foto dan gambar. Menarik untuk anak yang sudah lebih besar dan ingin membaca sesuatu yang lebih mendetail. Kami punya tiga judul: Dinosaurus, Peternakan, dan Luar Angkasa. Kalau tidak salah masih ada satu judul yang tentang Laut di toko buku.

Nah, urban mama, semoga informasi ini berguna ya bagi yang sedang ingin membelikan ensiklopedia untuk anak-anaknya.

5 Comments

  1. avatar
    dieta hadi April 19, 2017 7:40 pm

    koleksinya lengkap banget la, mika punya juga tuh beberapa tapi ga selengkap punya albert. Jadi pengen beli lagi deh, soalnya mika juga seneng baca ensiklopedi

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel April 17, 2017 7:43 pm

    Wow lengkap banget ensiklopedianya albert! Bagusw koleksinya la. Pengen beli juga ah

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Ari Prastawati April 13, 2017 2:32 pm

    ensiklopedia junior kereeen....digramedia masih dijualkah? atau tunggu kalo sale aja? btw kmrn aku beli number of life...dan penyuntingnya gabriella felicia dong...kereeeen

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania April 13, 2017 12:50 pm

    waaaa koleksinya Al banyak bangeeeet!
    di sini susah nyari ensiklopedi yg murah gt ka gab, suka ga lengkap euy.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita April 13, 2017 11:05 am

    huwowww koleksinya bagus-bagus la!
    seru yaaa kalo lengkap gini. jadi terinspirasi juga deh.

    1. avatar

      As .