Seri Kisah Nabi AS: Nabi Saleh AS & Nabi Luth AS

eka

Judul: Nabi Saleh AS – Mukzizat Unta yang Keluar dari Batu
Penyusun: Tim Divaro & Novi Vidya Sartika
Penerbit: Erlangga (2014)
Bahasa: Indonesia
Usia: 7 Tahun +
ISBN: 978-602-252-359-8
Jumlah Halaman:54

Judul: Nabi Luth AS – Memerangi Kemaksiatan yang Merajalela
Penyusun: Yayat Srihayati & Tim Divaro
Penerbit: Erlangga (2014)
Bahasa: Indonesia
Usia: 7 Tahun +
ISBN: 978-602-252-378-9
Jumlah Halaman: 66

Saya dan suami menyukai momen membacakan cerita dan mendongeng untuk Enzo dan Dante, rasanya hangat  melihat wajah ceria dan komentar-komentar mereka yang lucu saat mendengarkan cerita.  Bagi  kami ritual membacakan cerita atau mendongeng ini  menjadi  salah satu momen refreshing setelah seharian penat dengan pekerjaan rutin, menjalin keakraban dengan anak-anak melalui bercerita. Kami senang sekali saat mendapatkan buku Seri Kisah Nabi AS dari Erlangga for Kids ini sebagai pedoman, karena kami memang ingin mengenalkan cerita tentang teladan para nabi kepada Enzo dan Dante dengan bahasa yang sederhana.

Buku Nabi Saleh AS – Mukzizat Unta yang Keluar dari Batu menceritakan tentang  perjuangan Nabi Saleh AS yang merupakan Nabi ke-5. Nabi Saleh AS hidup kira-kira pada tahun 2150-2080 SM.  Beliau diutus Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Tsamud yang menyembah berhala, mengajak mereka untuk menyembah, meminta dan bersyukur  hanya kepada Allah SWT.

Buku Nabi Luth AS – Memerangi Kemaksiatan yang Merajalela menceritakan tentang perjuangan Nabi Luth AS yang merupakan Nabi ke-7. Nabi Luth AS adalah keponakan Nabi Ibrahim AS. Beliau diutus Allah SWT untuk berdakwah kepada masyarakat Sadum yang perilakunya sudah sangat buruk. Beliau tidak mengeluh saat diminta meninggalkan Mesir untuk berdakwah ke negeri yang penuh kesesatan, meskipun usaha peternakannya sedang berkembang pesat.  Nabi Luth AS berani menyampaikan kebenaran walaupun dikelilingi orang-orang yang menentangnya. Beliau juga sangat menghormati tamu dan tidak pernah menyimpan dendam.

Kedua buku seri Nabi AS ini cukup bagus, tulisannya besar-besar dan ilustrasinya bagus. Ceritanya dibagi-bagi per bab, dan selalu ada bab “Hikmah Kisah” di akhir buku. Dengan mendengarkan cerita teladan para Nabi AS ini, saya rasa ada kemajuan dalam kemampuan anak-anak berbahasa, mendengar, berkomunikasi, konseptual dan memecahkan masalah. Selain itu daya imajinasi dan kreativitas merekapun bertambah. Hal yang saya sukai adalah selalu ada nilai moral dalam setiap kisah para Nabi ini yang dapat dijadikan teladan bagi kami dan anak-anak. Selain itu dengan memiliki ritual membacakan cerita ini, keakraban emosi antara kami dan anak-anak juga meningkat. Ya, kami memang ingin agar kelak anak-anak dewasa nanti, mereka memiliki kenangan bahwa “Keluarga kami memiliki ritual khusus, dan orangtua kami selalu membacakan cerita untuk kami.”

Buku Seri Nabi AS dari Erlangga for Kids ini sudah beredar di toko-toko buku kesayangan kita. Buku ini saya rekomendasikan untuk Urban Mama Papa Muslim yang ingin mengenalkan Teladan Para Nabi AS untuk putra-putrinya. Selamat  membacakan cerita ya, Urban Mama Papa!

7 Comments

  1. ninit
    ninit yunita November 1, 2014 at 10:09 am

    pas banget deh di sekolah alde lagi bahas ttg nabi-nabi ini. jadi sekalian baca buku ini juga.

    terbitan erlangga emang bagus2 yaaa… suka banget!

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit November 2, 2014 at 1:26 pm

    naaah.. ketemuu.. dari dulu penasaran cari buku cerita nabi yang cerita nya asik, gak monoton, dan berkesan ceramah.. Susaaah bener cari cerita nabi yang asik. Ceki-ceki aah kalo ke toko buku… TFS teh Eka :)

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw November 3, 2014 at 5:30 am

    waah bagus banget ya bukunya Ka, perlu beli nih kayaknya buat anak2.

    Makasih reviewnya ya Kaa..

  4. hananafajar
    hanana fajar November 3, 2014 at 10:11 am

    baguss nih bukunya mba eka…pengen beliii juga tentang kisah Nabi kaya gini.. tfs yahhh:)

  5. siska.knoch
    Siska Knoch November 3, 2014 at 9:35 pm

    Eka nemu aja deh buku bagus!!
    Makasi infonya ya ka :)

  6. rainiw
    Aini Hanafiah November 5, 2014 at 5:59 pm

    terima kasih infonya ya Eka, jadi tahu nanti cari buku mana buat kenalin Alma ke kisah para nabi :D

  7. enjimagetsari
    Enji Magetsari November 6, 2014 at 8:35 am

    tfs mama eka..
    bbrp kali keluar masuk toko buku nyari buku kumpulan cerita2 Nabi untuk Maha tapi belum nemu yang pas, next mudik wajib nih nyari buku koleksi erlangga :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.