Setengah Hari Bermain di Ciwidey

Pada liburan beberapa minggu yang lalu, kami  mengajak anak-anak berwisata alam keluar Bandung, tepatnya ke kawasan wisata Ciwidey. Itinerary kami adalah mengunjungi Kawah Putih - berfoto di Kebun Teh- mengunjungi Danau Situ Patenggang lalu ditutup dengan makan siang di Pinisi Resto Ranca Bali. Kami berusaha keluar dari Bandung pukul 6 pagi agar pemandangan kawah dan danau tidak tertutup kabut di siang hari. Setelah 2 jam perjalanan, akhirnya tibalah kami di pintu masuk kawasan rekreasi Kawah Putih. Sebaiknya kita membayar tambahan retribusi agar dapat naik mobil pribadi hingga ke area parkir yang dekat dengan Kawah Putih. Karena jika menggunakan "shuttle" kita akan tergantung (menunggu) orang lain, untuk shuttle akan dikenakan tarif yang lebih murah per orangnya. Untuk bisa tetap menggunakan mobil pribadi, kita akan dikenakan biaya Rp180.000,- untuk 1 mobil. Namun menurut saya, lebih nyaman dibanding ramai-ramai dengan orang lain yang tidak kita kenal. 

Di sepanjang perjalanan menujut tempat parkir kawah, kami mengambil foto pepohonan yang cantik. Ketika memasuki area Kawah Putih, mulai tercium belerang yang mungkin agak asing bagi anak-anak, beberapa penjual menawarkan masker, tetapi kami tidak membelinya. Sebaiknya siapkan jaket untuk anak-anak, karena daerah ini cukup dingin jika masih pagi. Kami hanya menghabiskan 30 menit saja untuk berfoto dan melihat pemandangan di kawah karena areanya juga tidak terlalu luas. Kabut segera menyeruak padahal baru pukul 9 pagi. Perjalanan kami berlanjut lagi ke Danau Situpatenggang, di kanan-kiri tampak perkebunan teh yang sangat cantik. Urban mama tidak perlu khawatir, karena ada cukup banyak petunjuk arah ke Situpatenggang. 

Kawah Putih - Setelah membayar retribusi parkir, mobil kami menyusuri jalan hingga ke dekat danau. Di sana kami ditawarkan untuk menyewa perahu agar dapat menyusuri danau dan melihat Batu Cinta tempat legenda kisah cinta Putra Prabu dan titisan dewi bertemu kembali. Ternyata, tak disangka tukang perahu pun dapat mengantar kita hingga singgah di Pinisi Resto, di area Rancabali Glamping Lakeside. Banyak pengunjung yang singgah untuk berfoto-foto sebentar tanpa naik ke restoran.

Danau Situpatenggang- Perkebunan Rancabali - Pinisi Resto -Untuk pengunjung yang tidak menginap di Glamping Lakeside, harus membayar biaya masuk lagi sebesar Rp5.000,- per orang (kalau tidak salah). Makan di restoran unik berbentuk perahu sambil melihat pemandangan danau yang eksotis sungguh membuat anak-anak senang. Tak lupa setelah makan kami sempatkan berfoto di hamparan kebun teh di area restoran. Sepertinya jika sudah dibuka resmi, mungkin area Glamping tersebut akan ramai dan menjadi tujuan wisata yang cukup menarik. Saat kami berkunjung, beberapa fasilitas masih dibangun, namun kamar sudah bisa ditempati. 

Berakhirlah kunjungan kami ke Ciwidey, setelah makan siang, kami kembali pulang, anak-anak terlelap di perjalanan. Dalam beberapa menit saja, kabut turun dan hujan rintik-rintik mulai membasahi. Untung saja aktivitas kami sudah selesai sebelum makan siang.

Jika ingin menginap di area Ciwidey, banyak sekali penginapan dan bahkan ada kolam air panasnya. Kapan-kapan jika ada kesempatan, saya ingin mengajak rombongan keluarga menginap ramai-ramai di Legok Kondang.

6 Comments

  1. avatar
    Retno Aini January 4, 2017 4:51 pm

    Pengin banget suatu hari nanti ajak keluarga jalan2 ke Ciwidey, ternyata kereeennn ya tempatnya! Foto2nya juga bagus. Terima kasih mama Adita buat info perjalanannya :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Imelda Sutarno January 3, 2017 4:10 pm

    Asik tempatnya. Jadi mupeng pengen ke sini :) Makasih reviewnya ya mama Adita

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Siska Knoch December 30, 2016 2:24 pm

    semoga sempet kesini sam anak-anak sebelum pulang k jakarta!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    adita primakurniani December 30, 2016 11:50 am

    Mba Winda: kl berangkat pagi2 banget, mgkn masih bisa mengejar spy sebelum hujan turun, kita sdh selesai. kemarin itu aku September kesana, kabutnya pas di Situ Patenggang.

    Mba Zata: iyaa cocoknya buat anak2 TK ke atas, krn disini hny wisata alam, gak ada playground spt di tmpt rekreasi Lembang. Anak2 cukup seneng naik perahu dan foto2 di kebun Teh.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    winda veranika December 30, 2016 11:04 am

    sukaaaaaaa,,, eh, musim ujan gini bisa enjoy juga ga ya ?
    Anyway, thanks for sharing mom Adita

    1. avatar

      As .