Simple Siomay

ningnung

Resep ini sudah beberapa kali saya praktikkan, cepat dan hasilnya enak. Daging ikan tenggiri lembut sekali, jadi resep ini bisa dibuat tanpa bantuan food processor atau chopper. Biasanya tinggal saya remas-remas lembut saja, dagingnya sudah hancur.

Tingkat kekenyalannya juga bisa disesuaikan selera. Agar anak saya, Raka (15 bulan), bisa ikut makan, saya buat tidak terlalu kenyal. Kalau lebih suka siomay yang kenyal, tambahkan saja jumlah tepung sagunya. Coba rebus dulu sesendok sampai matang, baru dicicipi. Kalo kurang kenyal, baru tambahkan tepung sagu.

Kok siomay direbus? Iya, ini versi praktis dan simpel, tanpa mengukus dan tanpa kulit siomay. Yuk dicoba.

Bahan:

  • 400 gram daging ikan tengiri, haluskan
  • 5 sdm (munjung) tepung sagu
  • 1/2 buah labu siam, kupas, parut
  • 1 butir putih telur
  • 50 cc air dingin
  • 2 siung bawang putih, parut
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 2 batang daun bawang, iris halus (bisa diganti sayur lain, mis: wortel)

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan kecuali daun bawang, aduk rata.
  • Masukkan daun bawang.
  • Didihkan air secukupnya di panci.
  • Ambil 1 sendok makan adonan, bentuk bulat (menggunakan 2 sendok makan), masukkan ke dalam air mendidih.
  • Tunggu sampai mengambang, angkat. Siap disajikan dengan saus kacang atau saus tomat buatan sendiri.

Air sisa merebus siomay nya juga bisa dimanfaatkan. Karena sewaktu saya cicipi rasanya cukup gurih, jadi saya simpan di kulkas dan besoknya saya pakai untuk kuah sup.

Untuk saus kacang juga bikinnya mudah. Saya menggunakan selai kacang (pilih yang halus), yang dicampur dengan bawang merah cincang, bawang putih cincang, kecap manis, garam, dan air. Masak di atas kompor sampai mendidih dan kental.

Siomay dengan cocolan saus kacang siap dinikmati! Selamat mencoba!

20 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel April 26, 2013 at 12:09 am

    yummie! sama nih, sering bikin dari udang & salmon :)
    tapi enzo dante bilangnya bola-bola, bukan siomay hehe..

    TFS ya ningnung, nanti mau coba yg dari ikan tenggiri.

  2. intan rosemarry
    intan kagaffi April 26, 2013 at 10:24 am

    Praktis sekali, mau coba ah buat sikecil umario <3 thanks mba Ning :)

  3. sLesTa
    shinta lestari April 26, 2013 at 12:40 pm

    mayan mirip ama resep siomay praktis yang sering gue bikin dulu, pas masa2 masih merantau di negeri orang (eh sekarang juga deng) heheh.. jadi inget udah lama ga bikin. mau bikin lagi ah kapan2! tfs yah ningnung!

  4. ZhafiraDanisha
    ZhafiraDanisha April 26, 2013 at 4:02 pm

    asiiik… praktis bgt niih… makasih yaaa

  5. luhayu
    luh ayu kusuma sari April 26, 2013 at 6:48 pm

    TFS mba Ningnung, khususnya untuk resep bumbu kacangnya. Saya sering gagal bikin yang pas, resep bumbu ini belum saya coba.

  6. thalia
    thalia kamarga April 26, 2013 at 9:49 pm

    nyaaam, mauuuu! mayan gampang lagi ya :D tfs ningnung!

  7. Mama Windy
    Windy Agnestien April 29, 2013 at 9:57 am

    kemarin nyoba,.. tapi males belanja.. :) jd tengirinya diganti udang + ayam kampung giling (adanya di kulkas itu), cepet, gampang & enak :) bahkan lebih cepet dan gampang dr bikin donat dari tepung cepat sajinya pondan..haha.. makasih ya sharenya

  8. yulia handayani
    yulia handayani April 29, 2013 at 6:52 pm

    Hmmm nyummy, patut dicoba nih. TFS ya mba ningnung.

  9. ningnung
    Nanieng Rahmawati April 30, 2013 at 11:18 am

    halo semuaa, ayo mari dicoba, gampang dan enak :)

  10. nizam_mommy
    Ni Nugroho April 30, 2013 at 12:07 pm

    enak nih kayaknya, weekend bikin ah. oiya, ikannya bisa ikan lain nggak selain tenggiri?

  11. ZataLigouw
    Zata Ligouw May 2, 2013 at 12:09 am

    Makasih resepnya Ningnung..
    sama nih, mau nyobain pas libur nanti..buat cmilan sekeluarga, yumm!

  12. Heni Puspita May 12, 2013 at 5:40 am

    Yum… Ternyata simpel ya. Anakku sih belum bisa makan siomay he he, tapi perlu nih dipraktekkin untuk Mama-Papanya dulu, buat jajanan sehat. Thank you :) #bookmarked

  13. fayollie
    Olivia Taner-Tomasoa May 17, 2013 at 12:41 pm

    wuahhh simple yah…tapi saya masih bingung nih Bun. Tanya dong…diresep ada tertulis air dingin 50 cc. air dingin itu untuk apa yah?terus air dingin itu maksudnya air es kah?terima kasih.

  14. ningnung
    Nanieng Rahmawati May 20, 2013 at 9:42 am

    Mama Ni Nugroho, bisa Ma, ganti sama udang atau ayam juga enak :)

    Mama Olivia Taner, yes Ma air dingin itu air es, bisa juga pake es serut. Biar lebih kenyal.

  15. fayollie
    Olivia Taner-Tomasoa May 20, 2013 at 11:55 am

    Siiippp…siap eksekusi besok..hehehe…tfs yah mom…

  16. mami_Bertrav
    mami_Bertrav May 31, 2013 at 11:35 am

    hmm..nyummy..ijin praktekin ya mom..kyknya lezat dan simple nih.. :)

  17. crayola
    zakia nurdini June 3, 2013 at 8:06 am

    Akhirnya kmrn coba buat. Aku pake dory krn yg ada tinggal itu, trus g ada sagu akhirnya pake tapioka,kirain gagal ternyata tidak
    Gampang bgt buatnya,dan cepat. Rasa siomaynya enak,tp kerasa sehat ;)
    Anak suka,suami suka,ibu pun senang :)
    Thank you sharing resepnya yah :D

  18. juliaw_says
    juliaw_says August 25, 2013 at 11:00 pm

    wah simpel nih… langsung dicoba ah besok

  19. zifora
    zifora April 30, 2014 at 4:56 pm

    langsung pengen coba, terimakasih resepnyaa :*

  20. rahmidiarti
    rahmidiarti March 24, 2016 at 3:02 pm

    saus tomat buatan sendiri, ada resepnya kah Bund? Boleh dishare please :) Terima kasih.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.