Sisa Lebaran

fitri QM
Fitriavi Noeriman ST, AEPP, CFP Lulusan jurusan Teknik Pertambangan ITB. Perencana Keuangan Independen.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Lebaran telah usai.
Adakah yang tersisa ?

Momentum silaturahmi masih tersisa.
Baju baru lebaran masih ada di lemari.
Kue-kue lebaran masih tersisa di toples…
Dan oops, kenaikan berat badan beberapa kilo pun masih tersisa di bagian perut
Bagaimana dengan sisa uang THR?
Masihkah ada sisanya? Untuk persiapan membeli hewan qurban di Idul Adha nanti?
Atau habis, licin, tak bersisa?

Tulisan ini dibuat bukan untuk membuat urban Mama Papa menyesal dan merasa berdosa telah menghabiskan seluruh uang THRnya untuk keperluan lebaran karena kebanyakan Mama yang saya temui dan ajak ngobrol, pasti bilang uang THRnya lenyap tak bersisa. Wajar apabila THR habis karena pengeluaran saat Lebaran amat lah banyak. Namun alangkah baiknya apabila kita tahu kemana hilangnya uang tersebut. Karena kita akan bertemu kembali dengan Lebaran tahun depan. Untuk melakukan perbaikan, setidaknya kita membuat daftar pengeluaran Lebaran.

Nah, mumpung Lebaran baru seminggu berlalu, pasti masih teringat biaya apa saja yang dikeluarkan selama suasana Lebaran kemarin. Saya akan menuliskan salah satu contoh pengeluaran Lebaran yang dibuat oleh seorang ibu rumah tangga yang mudik ke Bandung dan kondisi sanak saudara yang tidak terlalu besar.

1. Zakat mal = Rp 3.500.000
Sebaiknya dibayarkan di bulan ramadhan sebesar 2,5% dari total aset lancar yang dimiliki (posisi 1 tahun yang lalu).

2. Zakat fitrah = Rp 200.000
Memperhitungkan semua anggota keluarga, termasuk para pekerja rumah tangga

3. THR pekerja + ongkos mudik + bingkisan lebaran = Rp 1.500.000

4. Kue Lebaran = Rp 300.000

5. Masak Lebaran = Rp 500.000

6. THR untuk orang tua + mertua = Rp 2.000.000

7. Uang untuk para keponakan = Rp 1.000.000

8. Biaya admin mengambil infal = Rp 250.000

9. Biaya infal selama 1 minggu (@ 100.000 per hari x 7 hari) = Rp 700.000

10. Biaya admin mengambil ART baru sehabis Lebaran karena ART lama tidak pulang kembali = Rp 500.000

11. Bensin + tol untuk mudik ke Bandung (pp) = Rp 300.000

12. Biaya cek kondisi mobil ke bengkel sebelum mudik = Rp 300.000

13. Rekreasi dengan keluarga besar saat di Bandung = Rp 500.000

Pengeluaran di atas hanyalah contoh yang mungkin bisa membantu urban Mama Papa mengingat kembali apa saja pengeluaran Lebaran. Mengapa menuliskan pengeluaran uang THR penting? Agar kita ingat dan dapat mengevaluasi untuk pengeluaran lebaran tahun depan. Apabila ada yang masih bisa dikurangi, mungkin bisa dicoba tahun depan. Atau ada ingin ditambah (misalnya menambah jumlah sedekah/infaq/dll) pun bisa dilakukan, selama semuanya sesuai dengan uang THR yang kita terima.

Alangkah lebih baik apabila ternyata uang THR urban Mama Papa masih tersisa. Sehingga urban Mama Papa bisa menabung dan menyimpannya untuk keperluan membeli kambing beberapa bulan lagi, menyambut suasana Idul Adha.

Selamat mengingat dan mencatat ;)

6 Comments

  1. ninit
    ninit yunita August 29, 2012 at 6:00 am

    hi fit,
    kl gw THR tahun ini udah langsung diselamatkan dulu sebagian u/ tambahan dapend anak2. sebagian yang lain untuk keperluan lebaran jadi lumayan terkontrol deh.

    bener banget sih THR itu harus dicatet pengeluarannya krn kalo ngga, beneran deh bablas… lupa! dipake apa aja.

  2. Ingke
    Ayu Ingke August 29, 2012 at 11:08 am

    Waaa mbak Fit, request dong taun depan posting macam ini sebelum terima uang THR..hiks..hiks.. sdh ludes nih

  3. sLesTa
    shinta lestari August 29, 2012 at 11:25 am

    info yang berguna banget Fit.. tapi gak apply di gue nih, secara ga terima THR :( *curcol*

  4. mbokne naura
    mbokne naura August 29, 2012 at 3:31 pm

    senasib sama mba shinta lestari…*hiks* jadi saya menyisihkan sendiri gaji setiap bulan untuk persiapan THR :D

  5. hatzsiahaan
    hatzsiahaan August 30, 2012 at 6:25 pm

    suka dengan point 8 dan 10. pos pengeluaran yg penting banget, trims artikelnya mamas

  6. Honey Josep
    Honey Josep September 25, 2012 at 3:12 pm

    karena gw Nasrani, THR dipake buat STNK, THR ART, ulang tahun Darren sama liburan akhir tahun bareng keluarga besar :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.