Spider Monkeys on Bandung Treetop

PuanDinar

Bandung lagi. Iya, yang ini adanya juga di sekitar Bandung, tujuan liburan paling dekat dan murah meriah dari Jakarta. Memang sih, setiap liburan Idul Fitri kami sekeluarga pasti ke Bandung, karena Oma saya dan banyak keluarga si Ayah ada di Bandung. Tapi tahun ini, due to Ayah & Aidan being hospitalized episodes, kami gak ke Bandung pada hari kedua lebaran. Kunjungan ke Bandung diundur jadi kira-kira seminggu setelah lebaran.Dan ternyata, keluarga tetangga sebelah juga ke Bandung pada tanggal yang sama, plus kebetulan juga menginap di hotel yang sama. Jadilah kami liburan beramai-ramai dadakan. Berhubung anak-anak rumah sebelah emang geng main Aira, jadi rombongan kecil ini senangnya bukan main. Dari rumah kami ada Aira dan Aidan, sementara dari rumah sebelah ada Aldo, Alee, dan Gaia.

Janjian pergi sama-sama di sana, itu sudah pasti. Persoalannya mau dibawa kemana anak-anak. Tentunya preferably ke tempat yang mereka belum pernah, tapi mengingat semua memang sering ke Bandung, options-nya menjadi terbatas. Setelah melihat billboard di jalan tol dan browsing sedikit, ditemukanlah tempat yang akan dikunjungi: Bandung Treetop Adventure Park. Tempat untuk outbond diantara pohon-pohon pinus. Letaknya tidak sulit dicari, di bumi perkemahan Cikole, Lembang, bersebrangan dengan pintu masuk ke Tangkuban Perahu.

Jadi, setelah sarapan di hotel, mobil pun diisi Aira, Aidan, Aldo, Alee, dan Gaia plus ayah-ayah dan bunda-bunda. Sampai di Bandung Treetop kesan pertama yang muncul adalah bersih dan sejuk. Semua peralatan benar-benar dipasang diantara satu pohon pinus ke pohon pinus yang lainnya. Desainnya dibuat natural dengan menggunakan kayu-kayu, sesuai dengan letaknya yang dipegunungan. Setelah membayar harga 95 ribu rupiah per-anak untuk bermain selama 150 menit, anak-anak dipakaikan alat-alat pengaman dan diajarkan cara menggunakannya, karena mereka sendiri yang nantinya akan mengaitkan alat-alat tersebut. Anak-anak bisa juga mulai dari area demo, untuk berlatih menggunakan peralatan yang ada. Ada baiknya mereka menggunakan sarung tangan, agar tidak cepat sakit atau lecet. Kalau tidak bawa, disana juga dijual berbagai sarung tangan.

Ada 8 tingkatan sirkuit disana, dari mini circuit yang paling mudah untuk anak mulai umur 4 tahun sampai black circuit yang paling sulit, untuk orang dewasa. Sirkuit-sirkuit ini ditandai dengan warna, dan untuk dapat mencoba suatu sirkuit ada tinggi badan yang menjadi acuannya, atau jangkauan tangan anak, karena semakin sulit sirkuitnya biasanya semakin tinggi jangkauan tangan anak diperlukan untuk memasang pengait, atau beberapa bagian akan sulit dilalui kalau kaki anak tidak cukup panjang. Gaia, karena paling kecil hanya bisa bermain di mini circuit, yellow & green circuit. Aira, Alee, & Aldo bermain di Discovery (green circuit) dan Dancing With Trees (blue circuit). Di blue circuit ini sebenarnya tinggi Aira pas-pasan, makanya di beberapa tempat ia harus dibantu Alee atau pengawas memasang pengait dan di satu rintangan (yang saya sendiri sebenernya gak yakin kalau saya berani juga disuruh melewatinya) Aira sempat menangis, walaupun akhirnya lewat juga. Aldo dan Alee melanjutkan ke purple circuit dan red circuit, sementara Aira yang kali ini benar-benar belum bisa ikut, bermain bersama Gaia di yellow circuit dan green circuit biasa. Di dua sirkuit terakhir yang diikuti Alee & Aldo, rintangannya semakin tinggi dan bikin bunda yang nonton dari bawah deg-deg-serr.

Untuk anak-anak yang memang aktif dan senang kegiatan outbond, Bandung Treetop benar-benar bisa bikin mereka puas. Waktu yang 150 menit itu juga ideal untuk anak-anak bermain. Kami sudah berancana kalau lain kali kesana lagi, mau bawa bekal nasi dan lauk-nya, karena ada saung-saung yang disewakan. Sekalian outbond juga piknik. Terbukti hari itu selesai main anak-anak kelaparan semua. Udara sejuk + aktivitas outdoor = lapar!

for more pics please kindly click here.

20 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel January 20, 2011 at 7:06 am

    Sejuk & seru ya!
    Nanti deh, kalo enzo udah agak gedean main2 ke sana.. Tfs, bun!

  2. BunDit
    BunDit January 20, 2011 at 7:29 am

    Noted. Nunggu 1,5-2 tahun deh, baru ajak Dita main ke sana. Bandung emang pilihan tepat untuk bermain plus piknik anak-anak, khususnya yang berbau alam begitu. Apalagi bisa bawa bekel dan gelar tiker/disaung begitu, piknik masa kecil dulu serasa terulang deh :D .TFS mom Dinar :-)

  3. sondang
    Sondang January 20, 2011 at 7:30 am

    Ih keren. Sama kayak Eka, nunggu anak-anak gedean aa

  4. Lilik
    Lilik January 20, 2011 at 7:36 am

    pernah baca Bandung Treetop jg, jd tambah pengen ngajak anak2 ksana, jd list next insyaAllah ke bdg deh.

    tfs ya Puan …

  5. titiestiti
    titi esti January 20, 2011 at 8:25 am

    phew, aku yang orang Bandung malah belom pernah ke sana

  6. ninit
    ninit yunita January 20, 2011 at 8:30 am

    iiih asik banget! pengen ke sana… seru banget liat foto2nya dan baca ceritanya. tfs :)

  7. January 20, 2011 at 8:31 am

    Asikkk …
    Nambah lagi tempat yg bisa disambangin kalo maen ke Bandung.
    Anakku baru 3,5 tahun sih, ada yg udah dibolehin untuk diikutin ngga ya? Tfs ya.

    1. PuanDinar
      Puan Dinar Aifa January 25, 2011 at 4:44 pm

      Kalo anaknya termasuk tinggi, udah boleh main yg paling standar. Tapi biar lebih enak mungkin bersabar aja 6 bulan lagi gimana? Hehehe..

  8. mamoy
    Arum cahyani January 20, 2011 at 8:57 am

    Keren banget tempatnya, jadi inget waktu kuliah pernah camping di sana hehe …. Ajak anak2 kesana ah tapi mesti nunggu anak2 gede nih biar maennya puas..

  9. mamanya orion
    Fajar Indah Permatasari Tanip January 20, 2011 at 9:21 am

    wuah enak banget tempatnya yah…hmmmm..kayaknya musti nunggu 5 thn ney supaya ori bisa ikut maen..kira2 masih ada gak ya 5 thn ke depan?hehehe..

  10. Rosalia
    Rosalia Surya Budi January 20, 2011 at 12:05 pm

    Aih, keren & seruuu bgt…! Tempat dan kegiatannya mirip The Pines-Taman Dayu di Pandaan, Pasuruan.. :)

    1. PuanDinar
      Puan Dinar Aifa January 25, 2011 at 4:49 pm

      Mereka juga punya di Bali & di Kopeng Salatiga ternyata. Gue juga baru tau. :D

  11. Indah Prabandono
    Indah Prabandono January 20, 2011 at 1:48 pm

    heheuu…oce jugah ni tempat. Bisa buwat tempat lari-larian Atar ampe gempor :p tfs ah mba puan ;)

  12. Dinniw
    Dinniw January 20, 2011 at 2:20 pm

    Ih gue baru tau ada tempat ini, kayanya emang org2 luar Bandung suka lebih tau tempat2 menarik di bandung dibanding orang bandungnya sendiri *colek masal TUMBlers bandung* seru yaa..sementara pgn ngajak ponakan yg mau liburan ke bandung kesini ah, fayra nonton aja dulu sama foto2

    1. PuanDinar
      Puan Dinar Aifa January 25, 2011 at 4:52 pm

      Hahaha.. iya ya, sepertinya emang orang Jakarta/non-Bandung biasanya lebih tau banyak tempat di Bandung daripada orang Bandungnya. :D
      Ada kua jug sih disana, sama di deket situ ada site punya perhutani, bisa main atv.

  13. nissa
    nissa January 20, 2011 at 4:50 pm

    Keren dan liatnya asik banget pengen kesana ahhh. Masuk daftar list jalan2 dibandung…..Tfs :)

  14. gumzkiew
    gamma sinta rini January 22, 2011 at 3:01 am

    Whuaa,baru tau jugaa..*gmn nih yg di bdg malah kalah gaul* :p

    Seruuu bgt tempat ini..kynya bwt org dewasa jg ga tlalu ‘kegaringan’ yah, tampak menantang bgitu..*malah gw yg smangat pgn nyoba* :p

    Tfs,puan..

    1. PuanDinar
      Puan Dinar Aifa January 25, 2011 at 4:50 pm

      Iyaaa… ada circuit buat orang dewasa juga. :)

  15. acit
    acit May 24, 2011 at 9:18 pm

    wahh..ini deket rumahku @lembang bandung..tapi baru tau bandung treetop itu bisa buat anak2

    tq infonya bunda..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.