Sus Isi Vla Vanila

rachanlie

 

Selain bolu kukus, salah satu kue kesukaan saya dan suami adalah kue sus. Dan karena penasaran, akhirnya browsing dan menemukan resep kue sus isi vla vanila dari justtryandtaste. Setelah menelusuri resep, ternyata resep isi vla vanila-nya serupa dengan cara saya biasa bikin vla untuk puding, hanya berbeda takarannya. Akhirnya saya pakai resep dan cara saya biasa bikin vla untuk puding dengan sedikit penyesuaian di takaran. Setelah jadi, ternyata kue sus ini menjadi kesukaan kedua anak kami juga.

Bahan Sus:

  • 70 gram tepung terigu (saya pakai segitiga biru, tapi bisa juga kunci biru)
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 57 gr mentega (jika unsalted, tambahkan 1/4 sdt garam)
  • 120 ml air
  • 2 butir telur, kocok lepas

Glaze:

  • 1 butir telur
  • 1/8 sdt garam

Bahan Vla Vanila:

  • 3 butir kuning telur
  • 50 gr tepung maizena
  • 100 gr gula halus
  • 500 ml susu cair
  • 1 sdt vanila ekstrak
  • 50 gr mentega

Cara membuat Sus:

  • Panaskan oven di suhu kurang lebih 200-205 derajat. Letakkan rak pemanggang di bagian tengah. Siapkan loyang yang sudah di alasi baking sheet atau kertas roti.
  • Campur tepung terigu dan gula pasir di satu wadah, aduk rata, sisihkan.
  • Panaskan mentega dan air di panci teflon dengan api sedang hingga mentega meleleh seluruhnya dan mendidih sambil diaduk sesekali.
  • Angkat panci dari kompor, masukkan campuran tepung, aduk cepat hingga rata, lalu masak kembali dengan api kecil sambil terus di aduk. Masak kurang lebih 1-2 menit hingga adonan menjadi gumpalan adonan yang halus dan tidak menempel lagi di panci.
  • Pindahkan adonan ke wadah lain, aduk menggunakan mikser dengan kecepatan rendah untuk menghilangkan uap panas. Aduk terus hingga temperatur turun.
  • Setelah agak dingin, masukkan telur, aduk rata hingga adonan menjadi pekat dan kental.
  • Masukkan adonan ke dalam kantung segitiga. Gunakan spuit berbentuk bintang jika ada. Jika tidak, cukup di gunting saja ujungnya lalu semprotkan ke atas loyang yang sudah dialasi baking sheet atau kertas roti.

  • Beri glaze dengan perlahan dan lembut.
  • Panggang kue dengan suhu 200-205 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit, kemudian turunkan suhu menjadi 177-180 derajat Celcius dan lanjut memanggang lagi kurang lebih 30-40 menit hingga kue berwarna cokelat keemasan. Matikan oven lalu diamkan selama 10 menit dengan keadaan pintu oven terbuka agar kue mengering sempurna.
  • Angkat lalu dinginkan di atas rak kawat.

Cara membuat Vla Vanila:

  • Campur kuning telur, tepung maizena, vanila ekstrak, dan gula halus, aduk hingga rata menggunakan baloon whisk, sisihkan.
  • Rebus susu di panci menggunakan api kecil hingga mendidih sambil terus diaduk.
  • Ambil sebagian susu, tuang ke dalam campuran kuning telur, aduk cepat hingga rata, lalu masukkan kembali ke panci dan aduk terus hingga tercampur dengan baik dan adonan mengental. Angkat.
  • Masukkan mentega, aduk hingga mentega meleleh seluruhnya dan tercampur rata.
  • Diamkan adonan hingga uap panasnya hilang, lalu tutup dengan plastic wrap. Dinginkan di kulkas.

Cara mengisi Sus:

  • Belah sus menjadi dua. Bisa putus terbelah dua atau sisakan sedikit jadi tidak sampai putus.
  • Masukkan adonan isian ke dalam kantung plastik segitiga. Semprot isi ke dalam sus sesuai selera.
  • Tutup sus.
  • Bila suka, bisa diberi topping taburan gula halus di atasnya.

Untuk 10 kue sus.

Dari hasil percobaan dan browsing ada beberapa tips.

  • Setelah adonan sus diangkat dari panci, kocok di wadah menggunakan mikser supaya uap air yang terkandung di dalam adonan bisa keluar. Jika diaduk menggunakan tangan saja, sus tidak akan mengering karena masih mengandung uap air yang banyak di adonannya.
  • Tunggu hingga adonan sus benar-benar turun suhunya sebelum memasukkan telur. Karena jika tidak, adonan nantinya akan bantet. Dan setelah memasukkan telur, adonan akan sedikit cair. Aduk terus hingga menjadi pekat dan kental.
  • Ketika memasukkan adonan sus ke oven, pastikan suhunya sudah panas. Dan ketika memanggang adonan sus, pintu oven jangan dibuka-buka hingga waktunya diangkat agar sus mengembang dengan baik.
  • Saya membuat isinya dahulu baru membuat kulit susnya, agar ketika sus siap, isi sudah dingin dan bisa langsung di isikan ke dalam sus-nya.

Selamat mencoba, urban mama!

8 Comments

  1. metariza
    Meta February 21, 2014 at 9:26 am

    Mira jagoan pisan deh…gw selama ini ngga berani bikin kue sus karena belum pede, takut lempes susnya. Jadi akhirnya beli lagi, beli lagi… nanti kapan-kapan mau cobain resep ini ah. Thanks yaa

  2. teta
    teta February 21, 2014 at 10:14 pm

    Yaaaa mbak Mira, saya gak punya oven hiks hiks. Kalau misalnya pinjem tetangga, oven yang ditaruh di atas kompor itu bisa gak?

  3. rachanlie
    mira a February 22, 2014 at 12:54 pm

    @Meta
    Ah dirimupun jagoan kok. Kalo ini emang lagi suka nyoba resep makanan kesukaan orang rumah. Jadinya sagala di coba. Hehehehe.. Sama-samaaa.. Semoga suka hasilnya dan sukses.. :)

    @Teta
    Prinsipnya bisa aja mbak.. Tapi untuk suhunya dan lamanya saya kurang tahu, karena saya tidak punya oven yang seperti itu dan belum pernah nyoba juga. Jadi harus di sesuaikan sendiri ya. :)

  4. cindy
    cindy vania February 24, 2014 at 12:55 am

    Mamir kereen ih bisa bikin sus begini..
    Buat cemilan anak2 enak juga yaa :)

    TFS ya mamir..

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel February 25, 2014 at 11:08 pm

    mamir ngeces deh liat kue sus nya.. iya deh si mamir jagoan pisan bikin2 kue nya..seneng liatnya.

  6. errika
    Errika Aprilia February 27, 2014 at 10:56 am

    duuh liat nya aja udah bikin ngiler, udah dua kali baca postingan ini, tapi sayangnya ga punya oven listrik hiks.. kira2 kalo pake oven jadul yg nangkring di kompor bisa sebagus ini gak ya hasilnya :s

  7. ZataLigouw
    Zata Ligouw February 27, 2014 at 11:29 am

    Mamir, makasihhhh resepnya.., guna banget deh buat gw yg punya tiga rucil dan doyan ngemil semuah ;D

  8. rachanlie
    mira a February 28, 2014 at 11:40 am

    @Cindy
    Lagi doyan baking inii.. Jadi segala macem di cobain. Hehehehe.. Sama-sama.. :)

    @Eka
    Hehehe.. Lagi doyan baking ini, biar gak bosen juga. Skalian Kana ikutan bikin kue. :)

    @Erika
    Harusnya bisa aja, tinggal di sesuain sama suhu ovennya ya. :)

    @Zata
    Hihihihi.. Disini juga dua plus bapaknya doyan ngemil semua. :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.